Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Tips Tentang Alarm Mobil

with 61 comments

Beberapa masalah yang umum terjadi pada alarm obil adalah :
1. Sensor ultrasonic / sensor getar yang terdapat di dalam kabin kendaraan.
2. Sensor kap mesin mobil

Ulasan detailnya diberikan oleh otomotifnet.com sbb:

1. alarm Toyota Avanza S M/T yang sudah dtambahi sensor atau biasa disebut radar di dalam kabin mobil. Niat untuk mencegah maling nyusup ke dalam mobil, eh malah merepotkan diri sendiri. Pasalnya alarm bunyi terus, saat diparkir di rumah maupun di luar. “Ada solusi biar enggak bunyi terus. Salah satunya hindari lampu neon dan air hujan,” terang Anthony Lau, ahli alarm mobil. Loh, apa hubungannya?

Antara lampu neon dan air hujan memang enggak ada hubungannya dengan sistem alarm mobil. Namun, kata Anthony, ada keterkaitan melalui gelombang. Seperti kebanyakan radar atau sensor kabin yang dipakai untuk mendeteksi gerak di dalam mobil. “Radar itu ada dua jenis. Pakai gelombang microwave. Dan zaman dulu gunakan sensor gelombang ultrasonik,” ungkapnya.

Nah, sekarang ini banyak radar memakai microwave (gelombang mikro) atau gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi super tinggi. Makanya cukup sensitif dibanding sensor ultrasonik. “Apalagi kalau disetel terlalu sensitif,” ujarnya.

Makanya, solusi awal jika alarm bunyi terus saat diparkir adalah mengurangi sensitifitasnya. Biasanya setelan ada di modul. Caranya, gunakan obeng minus kecil untuk memutarnya, putar berlawanan arah jarum jam. “Buka kaca, masukan satu tangan ke dalam mobil melalui kaca saat alarm diaktifkan,” saran pria yang juga distributor alarm merek G-Forces ini.

Mengetahi apakah radar sensitif atau tidak, bisa ditandai dengan kedalaman tangan masuk ke kabin. Kalau tangan baru masuk sedikit tapi alarm sudah berbunyi, berarti masih terlalu sensitif. “Setel sesitifnya jika tangan sudah masuk agak dalam,” bilang pria ramah ini.

Nah, kalau sudah oke, Anthony kembali menyarankan mobil tidak diparkir langsung di bawah atau terlalu dekat dengan lampu neon. Soalnya terdapat gelombang yang keluar dari balast lampu neon. Karena lampu neon diciptakan dari lompatan elektron. “Kalau balast-nya terlalu kuat tidak akan dipengaruhi dari sensitif atau tidaknya.”

Selain lampu neon, hal lain yang dapat mengganggu gelombang mikro radar adalah air hujan. Biasanya terjadi setelah air hujan yang menempel di kaca. Aliran air yang berjalan pelan di kaca dapat memutuskan gelombang (trigger) dan mengakibatkan alarm aktif. “Makanya kecilin (sensitifitas) dan konsen di dalam ruangan saja,” tegasnya.

Waspadai pula semut yang ada di dalam mobil. Jika dia melintas atau jalan dekat modul, tak mustahil alarm berbunyi. Atau, buang sisa botol air minum yang masih terisi air yang biasa diletakkan di konsul tengah. Mobil bergerak atau tersenggol, bisa pula air sisa itu jadi trigger.

2. Selain mengecilkan sensitifitas sensor getar atau radar biar sistem alarm mobil gak aktif (bunyi) saat ditinggal atau parkir, ada satu peranti yang dapat mempengaruhinya. Yakni switch yang terletak di bawah kap mesin. “Itu switch alarm,” ungkap Adi Widyanggodo, service manager Auto2000 cabang Puri Kembangan, Jakbar.

Kalau switch tersebut bermasalah, kata Adi, akan mempengaruhi alarm. Maksudnya alarm akan berbunyi atau jadi tidak berfungsi bila kap mesin dibuka. Sebenarnya switch itu berfungsi jika kap mesin dibuka oleh tangan-tangan jahil maka akan mengaktifkan sistem alarm.

Nah, untuk mengetes apakah switch tersebut masih oke atau tidak bisa dilakukan langkah-langkah berikut. Yaitu, tutup semua pintu dengan rapat dan buka kap mesin (Anda di luar mobil, red). Lalu, tekan tombol pintu terkunci (Alarm On). Jika berbunyi 3 kali beep, artinya swicth normal.

“Namun, kalau bunyi 1 kali beep artinya switch gak berfungsi atau bermasalah,” bilang Juwandi, technical support ASA Autologic di Jakarta Barat. Cara lain, Anda masuk ke dalam mobil dan On-kan alarm. Lantas, tarik handel pembuka kap mesin. “Kalau alarm bunyi, berarti switch normal,” imbuhnya.

Sekarang apa langkah selanjutnya jika switch itu bermasalah? “Kemungkinannya kotor atau karat, air, posisi switch tidak pas dan kabel lepas,”sahut Adi lagi. Nah, untuk membersihkannya langkah paling awal adalah lepas kabel swicth.

Periksa kedua soket kabelnya, apakah kotor/karat? Kalau kotor, bersihkan dengan menggunakan contact cleaner. Jika kotoran membandel (karat) bisa dengan cara diampelas atau dikerok dengan cutter.

Setelah itu, tekan-tekan switch berulang kali dan semprotkan cairan penetrant untuk menghilangkan air. Karena kadang di dalam batang switch tersimpan air yang dapat jadi penghantar arus listrik yang baik. Alhasil, alarm dapat berbunyi terus meski kap mesin tak dibuka.

Atau, “Setel ketinggian switch dengan menaikkan atau menurunkan posisinya,” sambung Adi. Nah, untuk mengetahui apakah sudah normal, bisa melakukan pengetesan seperti di atas. Bila semua oke, dijamin alarm mobil Anda gak bakal ngoeng, ngoeng lagi.

Sumber :
Senin, 12 September 2011
Tips Mobil
Switch Alarm Di Kap Mesin, Usir Karat Dan air
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Pj | Editor : Bagja | Foto : Panji

Senin, 12 September 2011
Tips Mobil
Sensor Kabin Penting, Tapi (Bisa) Bikin Pening
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Pj | Editor : Bagja | Foto : Panji

Written by Joseph Setiawan

September 14, 2011 at 12:16 AM

61 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Pak, alarm gran max saya 2 minggu terakhir ini jadi over sensitive.
    kena hujan bunyi sendiri, ada tikus lewat bunyi. yg bikin repot, kalo lg di jalan lampu indikator alarm juga suka nyala, bikin bingung orang yg ada dibelakang.
    mohon solusinya, terima kasih!

    abuafiifpermana

    March 11, 2012 at 9:27 PM

    • Dear Bpk Abuafifpermana;

      Ada beberapa kemungkinan penyebabnya :
      1. setelan sensor gerak terlalu sensitif atau rusak. coba setel ulang. posisi setelan tsb spt tombol dan seharusnya ada di bawah dashboard. Jika setelan sensor tsb tidak bisa diubah walaupun setelan tsb sudah dikurangi sensitifitasnya, maka ada kemungkinan sensor / tombol setelan sensor tsb sudah rusak. Caranya sederhana, setelah mengubah setelan, maka buka kaca, tutup pintu & nyalakan alarm, lalu masukan tangan ke arah sensor gerak. lakukan penyetelan ulang sampai tingkat sensitifitas tidak terlalu sensitif.
      2. lalu cek sakelar yang ada di setiap pintu. caranya sederhana, buka 1 pintu mobil lalu tekan switch & nyalakan alarm lalu lepas switch tsb.. Jika berbunyi artinya berfungsi normal. lakukan itu pada setiap pintu.
      3. lakukan penyemprotan penetran ke switch di setiap pintu untuk berjaga jaga atas karat yang mungkin terjadi serta air yang terkumpul di dalam switch yang menyebabkan terjadinya arus pendek / konsleting listrik. pada grand max, switch terletak masing2 1 buah pada ke 4 pintu dan 2 buah pada pintu belakang.
      4. Jika sensor berfungsi baik & switch pintu juga berfungsi baik, maka kemungkinan terburuk adalah module alarm itu sendiri sudah rusak.

      Mudah2an penjelasan tsb dapat membantu.

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      March 13, 2012 at 8:34 AM

  2. Pak Joseph,
    Mobil saya pakai alarm merke Viola,
    Namun jika malam hari suara alarmnya terlalu keras(dan agak lama).
    Baik saat membuka ataupun menutup (memakai remote)
    Bisakah bunyi horn tsb dipendekin sehingga tidak menggagu
    tetangga jika membuka/menutup pintu mobil.
    Terima kasih

    Nur

    Nur

    March 21, 2012 at 4:22 PM

    • Dear P’Nur;

      sepanjang yang saya tahu, lama & keras bunyi alarm tidak dapat diubah settingnya. Kalaupun mau setahu saya hanya bisa dibuat silent / hanya lampu sign yang berkedip yang menandakan alarm berfungsi atau sebaliknya. Mungkin prosedur membuat alarm menjadi silent saat membuka / menutup bisa dilihat pada buku manual.

      Sincerely
      Jospeh

      Joseph Setiawan

      March 22, 2012 at 12:21 PM

  3. OK pak Joseph
    Terima kasih infonya.
    Saya pikir silent sudah lebih dari cukup pak.
    Terima kasih

    Nur

    Nur

    March 27, 2012 at 1:46 PM

  4. Pak joseph mau nanya nih, alarm mobil saya (kijang krista 2002) tidak berfungsi, katanya sih di modulnya ada yang rusak,. Kira-kira kalo saya beli modulnya saja ditoko variasi bisa gak pak, yg cocok dengan bawaan mobilnya?? mohon petunjuk trims berat

    diva

    May 16, 2012 at 12:20 PM

    • Dear Ms Diva;

      Jika module alarm rusak, maka Ms bisa :
      1. bawa ke bengkel resmi auto 2000 untuk penggantian module. Keuntungannya adalah barang standard toyota & ada garansi dari toyota untuk 1 tahun atas spare part tsb
      2. Dibawa ke toko variasi yang menjual berbagai macam alarm. Untuk mencari yang sejenis mungkin saat ini sudah agak sulit krn teknologi alarm yang terus berkembang.
      Tetapi pada prinsipnya alarm tsb dapat dengan mudah diganti dengan model baru yang memiliki spesifikasi lebih baik, pemasangannya pun hanya bersifat menyambung kabel.

      saran saya, sebaiknya kembali ke auto 2000 krn denga module yang sama maka pemasangan tsb bersifat plug & play sehingga resiko kabel terbakar akibat ketidak sempurnaan instalasi dapat dihindari seminimal mungkin
      Jika tetap memilih dilakukan di toko variasim tolong yakinkan agar setiap sambungan kabel yang mereka lakukan sudah dilakukan isolasi yang baik, jika bisa minta dilakukan dengan jenis isolasi bakar.

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 12, 2012 at 12:11 AM

  5. Pak mohon petunjuk, lanpu indikator remote ato LED di dalam mobil saya kok nyala terus ya?kemudian remote tak berfungsi utk buka tutup pintunya.mobil sy avanza vvti 2007.mohon petunjuk solusinya.terima kasih

    musfal

    June 19, 2012 at 4:35 PM

    • Dear Pak Musfal

      lampu led menyala terus menunjukan ada masalah pada sistem alarm tsb.
      Coba lakukan hal hal sbb:
      1. ganti batere remote atau gunakan remote cadangan
      2. cek apakah alarm dapat berfungsi atau tidak dengan remote yang telah diganti batere / remote cadangan
      3. jika tetap tidak berfungsi, artinya ada masalah pada module penerima gelombang untuk remote tsb

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 11, 2012 at 11:30 PM

  6. Tes

    musfal

    June 19, 2012 at 4:38 PM

  7. Mohon Bantuanya Pak, Saya baru saja beli fortuner, tapi saya bingung sendiri mengenai alarm nya? ketika di lock pakai remote malah bunyi terus, tapi kalau di kunci manual tidak bunyi. kira2 apa penyebabnya dan bagaimana menanganinya bir normal

    trimakasih atas saranya

    Agung (jakarta Pusat)

    Agung

    July 7, 2012 at 4:01 PM

    • Pak saya juga ada masalah dengan alarm fortuner baru, alarm kerap bunyi terus subuh. Sudah dibawa ke toyota 2000 dan dirubah sensitivity nya tapi kenapa masih ngeong mlulu ya. Mohon bantuannya rujukan ke ahli alarm. Gak enak ganggu tetangga mlulu

      Erwin

      August 17, 2012 at 2:07 AM

      • Dear Pak Erwin;

        Mohon maaf saya terlambat balas krn kesibukan di pekerjaan + urusan keluarga yg menyita waktu.

        Terkait masalah garansi krn mobil tsb baru, saran saya sebaiknya dibawa kembali ke auto 2000 untuk di setel ulang tingkat sensitifitasnya. Artinya setelah terkahir yg dilakukan auto 2000 masih cukup sensitif.

        atau

        Masalah alarm pada fortuner umumnya adl krn pintu belakang yang tidak tertutup rapat. Coba lakukan cek dengan cara :
        1. set lampu interior di tanda door
        2. buka salah satu pintu sis penumpang / pengemudi
        3. buka dan tutup ulang pintu belakang
        4. tutup pintu sisi pengemeudi / penumpang yang dibuka
        5. cek apakah lampu interior perlahan lahan meredup & mati
        6. jika mlampu interior mati, kunci pakai alarm. Seharusnya alarm tidak bunyi kembali

        Thanks
        Joseph

        Joseph Setiawan

        October 11, 2012 at 11:16 PM

    • Dear Pak Agung;

      Coba di cek apakah pintu belakang sudah tertutup rapat.
      caranya sederhanya, cukup taruh lampu interior pada posisi door. Jika lampu mati maka seharusnya alarm berfungsi normal
      Jika tidak maka akan berbunyi terus.
      cara mudah untuk menutup bagasi fortuner adalah buka salah satu pintu sisi penumpang / pengemudi dan baru tutup pintu bagasi.

      Kebetulan hal yang sama saya alami saat awal awal kepemilikan fortuner.

      thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 12, 2012 at 12:05 AM

  8. ijin pak joseph, sy baru beli mbl suzuki ertiga, cm sy gak ngerti cara menonaktifkan bunyi klakson apabila di lock / unlock…sy coba ikuti petunjuk manual bagaimana caranya tapi ttp gak bisa, mhn infonya n sebelumnya sy ucapkan terima kasih

    aksan

    October 10, 2012 at 2:47 PM

    • Dear Pak Aksan;

      Kebetulan saya belum lihat model alarm ertiga secara spesifik.’
      Saya akan coba besok untuk lihat dan cari tahu, setelah itu saya akan informasikan ke Bpk.

      Secara umum cara menon-aktifkan bunti di alarm adalah menekan tombol mengunci alarm secara kurang lebih 3 s/d 5 detik. kalau ini sduah dicoba tp belum bisa, nanti saya akan informasikan.

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 10, 2012 at 9:13 PM

      • Cara membuat silent bunyi klakson ertiga dapat dengan menekan kedua tombol (lock&unlock) Selama 10 detik, dan sebaliknya untuk unsilent.

        James

        July 9, 2013 at 3:34 PM

  9. pak, kunci mobil saya ketinggalan di dalam mobil. pintunya saya kunci manual. mobil saya daihatsu sirion,, mohon bantuannya pak,,,
    salam Roy,,

    graf royke hamisi

    October 11, 2012 at 9:29 PM

    • Dear Pak Roy;

      Cara sederhana yang dapat dilakukan adl dengan menggunakan penggaris panjang dengan ukuran 50 cm.
      penggaris tsb diselipkan diantara kaca dengan body dan diarahkan ke bagian kunci mobil.
      jika terkena sesuatu coba ditekan sehingga anak kunci bisa terbuka.

      Tetapi setahu saya, cara tersebut saat ini sudah tidak bisa diterapkan pada beberapa jenis mobil mengingat konstruksi jalur kunci mobil yang sudah diubah untuk meningkatkan dari segi keamanan kendaraan.

      Jika Bapak masih menjadi member Astra World, sebaiknya bpk menelpon ke astra world krn hal hal spt ini masuk area dimana mereka wajib membantu

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 12, 2012 at 12:17 AM

  10. Pak, saya ada masalah dengan mobil Rush. Remote rusak, sehingga untuk membuka doorlock pakai manual/kunci. Tapi akibatnya alarm bunyi. Bagaimana untuk mematikan sementara alarm ini supaya ada kesempatan untuk membawa mobil ke tempat service alarm ?
    Terima kasih.

    Suwarjo

    October 30, 2012 at 11:46 PM

    • Dear Pak Suwarjo;

      Opsi yang ada adl:
      1.Jika ada remote cadangan, bisa dipakai remote tsb.
      2. Coba ganti batere kalau bisa
      3. Coba dekatkan remote ke area sekitar dashboard. Jika batere lemah hal ini masih bisa dilakukan kecuali batere sudah sama sekali habis
      4. langkah terakhir, cabut kabel setrum yang ada di speaker untuk alarm

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 30, 2012 at 11:57 PM

  11. Avanza saya setelah dikunci dgn remote, selang beberapa menit berbunyi 3 kali setelah itu tidak lama berbunyi sirenenya… Tolong minta pencerahan pak..thanks

    budi

    October 31, 2012 at 9:05 AM

  12. Thanks info nya Pak, terios saya sudah 2 kali, alarm berfungsi dengan efek gak mau di starter. tadi nya saya kira mobil saya di ganggu “hantu”. ternyata alarm nya super sensitive.

    Widodo

    November 7, 2012 at 10:12 AM

  13. Dear Pa Joseph,

    ada cara untuk men non-aktifkan alarm (silent) untuk APV Arena Luxury pa??
    saya sudah cari di manual book, ga ketemu caranya..

    terima kasih

    Ivan Kristian

    December 6, 2012 at 2:06 PM

    • Dear Pak Ivan;

      Coba tekan tombol untuk mengunci beberapa saat sampai ada bunyi beep / klakson sekali. Biasanya setelah itu akan hidup dalam silent mode.

      Regards
      Joseph

      Joseph Setiawan

      January 2, 2013 at 2:11 AM

  14. Yth Pa Joseph,

    Camry saya tahun 2005 bermasalah pada alarmnya. alarm sering bunyi sendiri ( terlalu sensitif ), Saya sudah 2 x bawa ke auto 2000 kalimalang untuk di reset dan cek switch ( dlm kondisi baik ), tp setelah itu belum ada perubahan. Mohon bantuannya pa…

    Salam hormat,

    Wardhana

    wardhana

    January 8, 2013 at 10:21 AM

    • Dear Pak Wardhana;

      Coba ganti switch Pak, dengan pertimbangan :
      1. umur alarm sudah memasuki usia 7 tahun.
      2. sensor adalah komponen yang cukup sensitive, ada kalanya walaupun belum rusak tetapi secara fungsi sudah tinggal menunggu waktu untuk rusak.

      Sincerely yours

      Joseph Setiawan

      January 21, 2013 at 12:49 AM

  15. Fortuner saya baru 2012, alarm sensitif terus sudah dibawa ke auto 2000 di tiga tempat: bintaro, bsd dan sudirman. Hasilnya 0 besar. Dikutak katik..turunin sensitifnya…ganti komponen masih aja.. Karena cape saya matikan bunyi alarm saja ;adi pada saat pencet alarm hanya lampu yang kedip2.

    Gimana toyota QC nya. Sangat amat kecewa… Harga fortuner… Kelas avanza!

    erwin

    January 8, 2013 at 11:25 AM

    • Dear Pak Erwin;

      Tidak selamanya bengkel resmi memberikan kepuasan secepat yang kita harapkan. Berdasarkan pengalaman saya penyebabnya adl jika populasi kendaraan kita kurang banyak ditangani di area tersebut, ada kecenderungan kurang pengalaman mengakibatkan tidak tepatnya diagnosa. faktor kemungkinan penyebab lainnya adl spare part failure. Dalam setiap produksi pasti ada spare part yang cacat walaupun baru.

      pengalaman saya saat fortuner yang saya pakai kurang bertenaga, auto 2000 di 3 tempat mengatakan bahwa mobil saya tidak bermasalah. Baru setelah saya bawa ke auto 2000 cilandak, masalah dapat teratasi. Hal ini dikarenakan auto 2000 Cilandak sering menangani masalah yang seperti mobil saya alami.

      Untuk kasus fortuner Bapak, minta mereka cek apakah setelah sensor di area kap mesin sudah benar. Sering kali posisi switch di kap mesin memicu alarm untuk berbunyi dan mekanik yang tidak sering mengalami masalah ini sering menduga sensor lah yang bermasalah.

      Jika sampai sensor sudah diganti tetapi masih tidak berfungsi dengan baik, coba dibawa ke auto 2000 lainnya seperti Cilandak.
      Setahu saya, auto 2000 Cilandak cukup banyak menangani Fortuner. Mudah2an mereka dapat mengetahui penyebab secara lebih tepat.

      Sincerely yours

      Joseph Setiawan

      January 21, 2013 at 12:48 AM

  16. Tips bagus gan, ane bookmark dulu. memank lagi kumpulkan tips alarm mobil..mau buat kliping. thank you ya…

    Aksesoris Mobil

    January 18, 2013 at 8:32 PM

  17. mohon bantuannya pak,,,, mobil saya terios, ga bisa membuka pake remot, saya coba dengan remot cadangannya pun jg ga bisa. lampu pada remotnya menyala,,,,, setelah saya buka dengan cara manual pada saat saya nyalakan/ starter mobilnya ga mau hidup,,, mohon solusinya?? skrng saya ada di daerah terpencil di LAMPUNG jadi blm bisa ke benggkel jaraknya jauh….

    efriadi

    February 4, 2013 at 6:38 PM

  18. mobil saya avanza, suara beep pada saat buka kunci pake remote terdengar beep 3x, padahal wajarnya 2x.. tp utk mengunci sudah benar 1x beep.. Terus kalo disilent saat buka kunci jg gak bisa.. tetap bunyi beep 3x.. Mohon solusinya. Trims

    andra

    February 20, 2013 at 10:15 PM

  19. saya mau setel sensitivitas alarm nissan march tapi setelah cari cari modulenya dibawah dahboard ga ketemu juga , dimana ya posisi modulenya? mohon bantuan bpk .tks. budhi

    budhi

    February 24, 2013 at 8:23 PM

  20. ijin Dan,mau tanya nih.mobil saya avanza sdh brp hr ini lampu led alrm mobil saya nyala trs.buka atau tutup dengan remote alrmnya tdk bunyi.kira2 langkah apa yg pertama hrs saya lakukan?apabila tdk keberatan mohon petunjuknya ya.

    maksih.

    rudi.

    rudi

    March 18, 2013 at 4:00 PM

    • Kemungkinan modus valet mode, coba ini:
      01. Buka pintu supir
      02. Masukan anak kunci
      03. Putar kunci dari ACC > ON sebanyak 3 kali, yang ketiga berhenti di ON
      04. Jika led berkedip maka alarm sudah aktif

      Utk menonaktifkannya caranya sama seperti langkah2 tsb

      kosein

      June 11, 2013 at 12:03 PM

  21. Sore, mohon infonya Pak. remote alrm mobil saya T. avanza jterkena hujan sampai 2 hari. gimana caranya untuk bisa dihidupkan kembali, karna mobil tidak bisa dihidupkan dan alarm bunyi terus.
    terima kasih

    Wendy Destriawan

    March 19, 2013 at 5:25 PM

  22. siang mohon pencerahan Pak, kenapa remote saya tidak bisa dipakai untuk buka dan tutup pintu dari jarak lebih dari 3 meter? apakah kurang sensitif atau masalah penempatan modulnya? bisa disetel? terima kasih atas pencerahannya.

    Kurniawan

    April 29, 2013 at 11:34 AM

  23. […] josephsetiawan.wordpress.com […]

  24. […] josephsetiawan.wordpress.com […]

  25. Malam Pak, mobil saya Hyundai Avega sudah 2 hari ini alarmnya mendadak bermasalah. Indikator alarm menyala terus saat mesin mati. Bunyi nya tidak ada. Respon hanya untuk mengunci dan membuka pintu. Saya baca kemungkinan masuk valet mode atau service mode, benerinnya gimana ya pak?

    Jenny

    June 19, 2013 at 7:58 PM

  26. Pak Joseph mohon infonya,saya pakai mobil Yaris TRD Sportivo tahun 2012. Sering sekali ketika di parkiran yg longgar alarm sering bunyi sendiri, sampai saat ini blm tau penyebabnya apa. Itu kan terhitung mobil masih baru, yg terjadi kira2 faktor dr alarmnya atau lingkungan sekitar saya parkir ya pak ? Soalnya sering bunyinya pas saya tinggal di masjid untuk sholat , apakah karena gelombang magnetik di lingkungan masjid tersebut atau karena sebab yg lain? Terima kasih informasinya

    Fandhi Kusuma

    June 24, 2013 at 11:34 AM

  27. Permisi pak, saya mau tanya, saya baru beli bmw e36 m43 th.1997. Kemarin ada mslh dg alarm mobil saya. Saya buka kunci pintu sperti biasa pke remote, stelah itu saya masuk & tutup pintunya. Saat saya starter mesinnya kok alarm saya bunyi ya? Saya matiin trus saya starter lg msih tetep bunyi. Saya diemin aja dlu ehh mau dia ga bunyi pas distarter & stiap saya turun dari mobil & buka pintu, lampu seinnya semua nyala. Itu penyebabnya kenapa ya pak? Dan apa solusinya? Soalnya takut kumat lg kyk gtu. Terimakasih.

    gung manik

    July 11, 2013 at 2:28 PM

  28. Pa, td mlm mbil sy tiba2 bunyi cuit cuit sperti ada yg mencet tombol pmbuka pintu di remot tp kunci tdk trbuka, stelah sy cek trnyata lampu yg ada di remot terus menyala dah sy pencet2 kunci tidak jg terbuka, hrus dibuka manual itupun alarm nya malah bunyi. Smpe skrng lampu di remot masih menyala walaupun bunyi cuit cuit ny sdh jarang. Mohon solusi nya ya pa. Terima kasih

    nina

    July 26, 2013 at 8:43 AM

  29. permisi pak….
    saya ada masalah remot kunci mobil pada toyota rush, ketika kita tekan untuk mengunci maka pintu mobil tersebut mengunci, tapi tidak ada lagi suara tanda mobil telah terkunci…
    tuh bagaimana solusinya ya pak…
    terimakasih,,,

    Andreas Tarigan

    August 13, 2013 at 8:27 AM

  30. Pak, sy mau tanya ni .kali ini buka mengenai remote atau alarm mobil tapi mengenai pintu bagasi mobil xenia type Li saya yang macet .
    Dibuka pakai kunci tidak bisa dan tempat ngehandle yang berada didekat pintu sopir itu loss pak . Mohon solusinya pak . Terima kasih

    yuanita

    September 13, 2013 at 4:26 PM

  31. Selamat Pagi p Joseph .., saya mau tanya. Kijang innova saya (akhir 2011) sy ganti head unit dan tambah active subwoofer (akhir 2011 juga), .. setelah ganti itu, control volume audio dan pemilih track lagu yg ada di kemudi/setir jadi tidak berfungsi secara normal, .. kadang bisa kadang tidak. Kalau mobil masih baru mulai jalan (dari kondisi diam/parkir lama) control-nya berfungsi, tetapi setelah jalan lbh dari 30 menit .. control volume / pemilih track jadi tidak berfungsi .., mohon pencerahannya.

    terimakasih sebelumnya ..

    agus

    September 26, 2013 at 7:06 AM

  32. pagi pak mobil aku taruna…..alarm kok tiba tiba mati dan lampu led nya juga mati kenapa yaa…makasih

    ahmad renndi

    November 19, 2013 at 2:24 PM

  33. sy mau tanya cara setting alarm merek primus, sebelumya saya ucapkan terima kasih

    leonard

    November 26, 2013 at 11:55 AM

  34. pagi pa saya mau tanya saya baru ganti batre remot, tp ketika pencet tombol kunci/buka tida bisa ke buka atau ke kunci hanya ad suaranya saja, pas saya coba pake remot yg 1nya lg itu berfungsi normal apakah remotnya yg rusak?

    rudianto

    December 5, 2013 at 7:42 AM

  35. Dear pak Joseph,
    Alarm Xenia Sporty (2013) saya tidak berfungsi. Normalnya jika posisi mengunci akan bunyi beep sekali dan pintu2 rapat serta lampu indikator handle mati. Tapi kemarin setelah dicuci di pencucian mobil ternyata ketika saya posisikan mengunci melalui remote bunyi beep 3x, lampu indikator keempat handle pintu tetap menyala. Padahal pintu terkunci. Saya coba cek ulang semua pintu termasuk bagasi dan kap untuk dirapatkan,ternyata kondisinya masih sama. Kenapa ya dgn sistem alarmnya,pak? Jika lampu indikator handle menyala dlm beberapa hari apakah aman?(Accu tidak tekor??) Terima kasih atas jawabannya

    heppy amarta

    December 11, 2013 at 5:24 PM

  36. Mohon izin untuk bergabung..

    Arief

    January 5, 2014 at 7:22 PM

  37. Pak,mobil saya xenia sporty 2012,alarmnya tidak berbunyi ketika buka dan tutup,mohon tipsnya ya pak,tq

    aldo

    January 11, 2014 at 11:54 AM

  38. mohon tips mengaktifkan alarm secara otomatis pada saat kendaraan parkir dalam waktu beberapa menit. Mksih.

    vendy

    February 20, 2014 at 7:07 AM

  39. mohon informasinya jika alarm tiba-tiba menyala (aktif) setelah 5-10 detik, padahal tidak di apa-apain tuh mobil. saat ini hal tersebut masih terjadi sehingga sekarang saya hanya mengunci mobil menggunakan kunci manual (kunci pintu sopir)

    terima kasih

    verinska

    March 10, 2014 at 8:46 AM

  40. Pak mau tanya mbl saya terios alarm sering bunyi sendiri kadang2 tengah malam meraung raung panjang kadang cuma bunyi sebentar trus berhenti sendiri,saya cek pintu masih menggunci semua,trus saya buka pake remot bunyi nada 4 kali,saya bawa ke bengkel resmi di set ulang eh ternyata masih sama aja masih sering bunyi sendiri kira2 apa ya pak penyakitnya?trima kasih atas jwabanya

    Heri.

    March 22, 2014 at 12:07 PM

  41. Pak alarm agya udah sebulan g ad suaranya kl dikunci atw buka trs kadang2 suka terkunci sendiri wlwpn udah dibuka…

    suhadji abdul

    July 13, 2014 at 1:55 PM

  42. saya baru beli mobil datsun go+ t option ,tapi alarmnya tidak berbunyi walaupun saya coba menarik/memberi getaran pada pintu nya, mohon petunjuknya pak, terima kasih srbelumya

    rabdi

    July 25, 2014 at 5:22 AM

  43. Ijin nanya pak joseph.. alarm innova saya 2008 dulu masuk ke silent mode.. namun saat ini saya ingin mengembalikan supaya berbunyi kembali.. kenapa tidak bisa ya?
    Saya sudah mengikuti petunjuk dan tahap pertama saja innova saya tidak merespon.. gimana ya?
    Saat ini alarm tetap berjalan dengan normal.. thx..

    dendy hendrian

    August 5, 2014 at 8:36 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 37 other followers

%d bloggers like this: