Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Tips Tentang Alarm Mobil

with 112 comments

Beberapa masalah yang umum terjadi pada alarm obil adalah :
1. Sensor ultrasonic / sensor getar yang terdapat di dalam kabin kendaraan.
2. Sensor kap mesin mobil

Ulasan detailnya diberikan oleh otomotifnet.com sbb:

1. alarm Toyota Avanza S M/T yang sudah dtambahi sensor atau biasa disebut radar di dalam kabin mobil. Niat untuk mencegah maling nyusup ke dalam mobil, eh malah merepotkan diri sendiri. Pasalnya alarm bunyi terus, saat diparkir di rumah maupun di luar. “Ada solusi biar enggak bunyi terus. Salah satunya hindari lampu neon dan air hujan,” terang Anthony Lau, ahli alarm mobil. Loh, apa hubungannya?

Antara lampu neon dan air hujan memang enggak ada hubungannya dengan sistem alarm mobil. Namun, kata Anthony, ada keterkaitan melalui gelombang. Seperti kebanyakan radar atau sensor kabin yang dipakai untuk mendeteksi gerak di dalam mobil. “Radar itu ada dua jenis. Pakai gelombang microwave. Dan zaman dulu gunakan sensor gelombang ultrasonik,” ungkapnya.

Nah, sekarang ini banyak radar memakai microwave (gelombang mikro) atau gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi super tinggi. Makanya cukup sensitif dibanding sensor ultrasonik. “Apalagi kalau disetel terlalu sensitif,” ujarnya.

Makanya, solusi awal jika alarm bunyi terus saat diparkir adalah mengurangi sensitifitasnya. Biasanya setelan ada di modul. Caranya, gunakan obeng minus kecil untuk memutarnya, putar berlawanan arah jarum jam. “Buka kaca, masukan satu tangan ke dalam mobil melalui kaca saat alarm diaktifkan,” saran pria yang juga distributor alarm merek G-Forces ini.

Mengetahi apakah radar sensitif atau tidak, bisa ditandai dengan kedalaman tangan masuk ke kabin. Kalau tangan baru masuk sedikit tapi alarm sudah berbunyi, berarti masih terlalu sensitif. “Setel sesitifnya jika tangan sudah masuk agak dalam,” bilang pria ramah ini.

Nah, kalau sudah oke, Anthony kembali menyarankan mobil tidak diparkir langsung di bawah atau terlalu dekat dengan lampu neon. Soalnya terdapat gelombang yang keluar dari balast lampu neon. Karena lampu neon diciptakan dari lompatan elektron. “Kalau balast-nya terlalu kuat tidak akan dipengaruhi dari sensitif atau tidaknya.”

Selain lampu neon, hal lain yang dapat mengganggu gelombang mikro radar adalah air hujan. Biasanya terjadi setelah air hujan yang menempel di kaca. Aliran air yang berjalan pelan di kaca dapat memutuskan gelombang (trigger) dan mengakibatkan alarm aktif. “Makanya kecilin (sensitifitas) dan konsen di dalam ruangan saja,” tegasnya.

Waspadai pula semut yang ada di dalam mobil. Jika dia melintas atau jalan dekat modul, tak mustahil alarm berbunyi. Atau, buang sisa botol air minum yang masih terisi air yang biasa diletakkan di konsul tengah. Mobil bergerak atau tersenggol, bisa pula air sisa itu jadi trigger.

2. Selain mengecilkan sensitifitas sensor getar atau radar biar sistem alarm mobil gak aktif (bunyi) saat ditinggal atau parkir, ada satu peranti yang dapat mempengaruhinya. Yakni switch yang terletak di bawah kap mesin. “Itu switch alarm,” ungkap Adi Widyanggodo, service manager Auto2000 cabang Puri Kembangan, Jakbar.

Kalau switch tersebut bermasalah, kata Adi, akan mempengaruhi alarm. Maksudnya alarm akan berbunyi atau jadi tidak berfungsi bila kap mesin dibuka. Sebenarnya switch itu berfungsi jika kap mesin dibuka oleh tangan-tangan jahil maka akan mengaktifkan sistem alarm.

Nah, untuk mengetes apakah switch tersebut masih oke atau tidak bisa dilakukan langkah-langkah berikut. Yaitu, tutup semua pintu dengan rapat dan buka kap mesin (Anda di luar mobil, red). Lalu, tekan tombol pintu terkunci (Alarm On). Jika berbunyi 3 kali beep, artinya swicth normal.

“Namun, kalau bunyi 1 kali beep artinya switch gak berfungsi atau bermasalah,” bilang Juwandi, technical support ASA Autologic di Jakarta Barat. Cara lain, Anda masuk ke dalam mobil dan On-kan alarm. Lantas, tarik handel pembuka kap mesin. “Kalau alarm bunyi, berarti switch normal,” imbuhnya.

Sekarang apa langkah selanjutnya jika switch itu bermasalah? “Kemungkinannya kotor atau karat, air, posisi switch tidak pas dan kabel lepas,”sahut Adi lagi. Nah, untuk membersihkannya langkah paling awal adalah lepas kabel swicth.

Periksa kedua soket kabelnya, apakah kotor/karat? Kalau kotor, bersihkan dengan menggunakan contact cleaner. Jika kotoran membandel (karat) bisa dengan cara diampelas atau dikerok dengan cutter.

Setelah itu, tekan-tekan switch berulang kali dan semprotkan cairan penetrant untuk menghilangkan air. Karena kadang di dalam batang switch tersimpan air yang dapat jadi penghantar arus listrik yang baik. Alhasil, alarm dapat berbunyi terus meski kap mesin tak dibuka.

Atau, “Setel ketinggian switch dengan menaikkan atau menurunkan posisinya,” sambung Adi. Nah, untuk mengetahui apakah sudah normal, bisa melakukan pengetesan seperti di atas. Bila semua oke, dijamin alarm mobil Anda gak bakal ngoeng, ngoeng lagi.

Sumber :
Senin, 12 September 2011
Tips Mobil
Switch Alarm Di Kap Mesin, Usir Karat Dan air
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Pj | Editor : Bagja | Foto : Panji

Senin, 12 September 2011
Tips Mobil
Sensor Kabin Penting, Tapi (Bisa) Bikin Pening
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Pj | Editor : Bagja | Foto : Panji

Written by Joseph Setiawan

September 14, 2011 at 12:16 AM

112 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Pak, alarm gran max saya 2 minggu terakhir ini jadi over sensitive.
    kena hujan bunyi sendiri, ada tikus lewat bunyi. yg bikin repot, kalo lg di jalan lampu indikator alarm juga suka nyala, bikin bingung orang yg ada dibelakang.
    mohon solusinya, terima kasih!

    abuafiifpermana

    March 11, 2012 at 9:27 PM

    • Dear Bpk Abuafifpermana;

      Ada beberapa kemungkinan penyebabnya :
      1. setelan sensor gerak terlalu sensitif atau rusak. coba setel ulang. posisi setelan tsb spt tombol dan seharusnya ada di bawah dashboard. Jika setelan sensor tsb tidak bisa diubah walaupun setelan tsb sudah dikurangi sensitifitasnya, maka ada kemungkinan sensor / tombol setelan sensor tsb sudah rusak. Caranya sederhana, setelah mengubah setelan, maka buka kaca, tutup pintu & nyalakan alarm, lalu masukan tangan ke arah sensor gerak. lakukan penyetelan ulang sampai tingkat sensitifitas tidak terlalu sensitif.
      2. lalu cek sakelar yang ada di setiap pintu. caranya sederhana, buka 1 pintu mobil lalu tekan switch & nyalakan alarm lalu lepas switch tsb.. Jika berbunyi artinya berfungsi normal. lakukan itu pada setiap pintu.
      3. lakukan penyemprotan penetran ke switch di setiap pintu untuk berjaga jaga atas karat yang mungkin terjadi serta air yang terkumpul di dalam switch yang menyebabkan terjadinya arus pendek / konsleting listrik. pada grand max, switch terletak masing2 1 buah pada ke 4 pintu dan 2 buah pada pintu belakang.
      4. Jika sensor berfungsi baik & switch pintu juga berfungsi baik, maka kemungkinan terburuk adalah module alarm itu sendiri sudah rusak.

      Mudah2an penjelasan tsb dapat membantu.

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      March 13, 2012 at 8:34 AM

  2. Pak Joseph,
    Mobil saya pakai alarm merke Viola,
    Namun jika malam hari suara alarmnya terlalu keras(dan agak lama).
    Baik saat membuka ataupun menutup (memakai remote)
    Bisakah bunyi horn tsb dipendekin sehingga tidak menggagu
    tetangga jika membuka/menutup pintu mobil.
    Terima kasih

    Nur

    Nur

    March 21, 2012 at 4:22 PM

    • Dear P’Nur;

      sepanjang yang saya tahu, lama & keras bunyi alarm tidak dapat diubah settingnya. Kalaupun mau setahu saya hanya bisa dibuat silent / hanya lampu sign yang berkedip yang menandakan alarm berfungsi atau sebaliknya. Mungkin prosedur membuat alarm menjadi silent saat membuka / menutup bisa dilihat pada buku manual.

      Sincerely
      Jospeh

      Joseph Setiawan

      March 22, 2012 at 12:21 PM

  3. OK pak Joseph
    Terima kasih infonya.
    Saya pikir silent sudah lebih dari cukup pak.
    Terima kasih

    Nur

    Nur

    March 27, 2012 at 1:46 PM

  4. Pak joseph mau nanya nih, alarm mobil saya (kijang krista 2002) tidak berfungsi, katanya sih di modulnya ada yang rusak,. Kira-kira kalo saya beli modulnya saja ditoko variasi bisa gak pak, yg cocok dengan bawaan mobilnya?? mohon petunjuk trims berat

    diva

    May 16, 2012 at 12:20 PM

    • Dear Ms Diva;

      Jika module alarm rusak, maka Ms bisa :
      1. bawa ke bengkel resmi auto 2000 untuk penggantian module. Keuntungannya adalah barang standard toyota & ada garansi dari toyota untuk 1 tahun atas spare part tsb
      2. Dibawa ke toko variasi yang menjual berbagai macam alarm. Untuk mencari yang sejenis mungkin saat ini sudah agak sulit krn teknologi alarm yang terus berkembang.
      Tetapi pada prinsipnya alarm tsb dapat dengan mudah diganti dengan model baru yang memiliki spesifikasi lebih baik, pemasangannya pun hanya bersifat menyambung kabel.

      saran saya, sebaiknya kembali ke auto 2000 krn denga module yang sama maka pemasangan tsb bersifat plug & play sehingga resiko kabel terbakar akibat ketidak sempurnaan instalasi dapat dihindari seminimal mungkin
      Jika tetap memilih dilakukan di toko variasim tolong yakinkan agar setiap sambungan kabel yang mereka lakukan sudah dilakukan isolasi yang baik, jika bisa minta dilakukan dengan jenis isolasi bakar.

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 12, 2012 at 12:11 AM

  5. Pak mohon petunjuk, lanpu indikator remote ato LED di dalam mobil saya kok nyala terus ya?kemudian remote tak berfungsi utk buka tutup pintunya.mobil sy avanza vvti 2007.mohon petunjuk solusinya.terima kasih

    musfal

    June 19, 2012 at 4:35 PM

    • Dear Pak Musfal

      lampu led menyala terus menunjukan ada masalah pada sistem alarm tsb.
      Coba lakukan hal hal sbb:
      1. ganti batere remote atau gunakan remote cadangan
      2. cek apakah alarm dapat berfungsi atau tidak dengan remote yang telah diganti batere / remote cadangan
      3. jika tetap tidak berfungsi, artinya ada masalah pada module penerima gelombang untuk remote tsb

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 11, 2012 at 11:30 PM

  6. Tes

    musfal

    June 19, 2012 at 4:38 PM

  7. Mohon Bantuanya Pak, Saya baru saja beli fortuner, tapi saya bingung sendiri mengenai alarm nya? ketika di lock pakai remote malah bunyi terus, tapi kalau di kunci manual tidak bunyi. kira2 apa penyebabnya dan bagaimana menanganinya bir normal

    trimakasih atas saranya

    Agung (jakarta Pusat)

    Agung

    July 7, 2012 at 4:01 PM

    • Pak saya juga ada masalah dengan alarm fortuner baru, alarm kerap bunyi terus subuh. Sudah dibawa ke toyota 2000 dan dirubah sensitivity nya tapi kenapa masih ngeong mlulu ya. Mohon bantuannya rujukan ke ahli alarm. Gak enak ganggu tetangga mlulu

      Erwin

      August 17, 2012 at 2:07 AM

      • Dear Pak Erwin;

        Mohon maaf saya terlambat balas krn kesibukan di pekerjaan + urusan keluarga yg menyita waktu.

        Terkait masalah garansi krn mobil tsb baru, saran saya sebaiknya dibawa kembali ke auto 2000 untuk di setel ulang tingkat sensitifitasnya. Artinya setelah terkahir yg dilakukan auto 2000 masih cukup sensitif.

        atau

        Masalah alarm pada fortuner umumnya adl krn pintu belakang yang tidak tertutup rapat. Coba lakukan cek dengan cara :
        1. set lampu interior di tanda door
        2. buka salah satu pintu sis penumpang / pengemudi
        3. buka dan tutup ulang pintu belakang
        4. tutup pintu sisi pengemeudi / penumpang yang dibuka
        5. cek apakah lampu interior perlahan lahan meredup & mati
        6. jika mlampu interior mati, kunci pakai alarm. Seharusnya alarm tidak bunyi kembali

        Thanks
        Joseph

        Joseph Setiawan

        October 11, 2012 at 11:16 PM

    • Dear Pak Agung;

      Coba di cek apakah pintu belakang sudah tertutup rapat.
      caranya sederhanya, cukup taruh lampu interior pada posisi door. Jika lampu mati maka seharusnya alarm berfungsi normal
      Jika tidak maka akan berbunyi terus.
      cara mudah untuk menutup bagasi fortuner adalah buka salah satu pintu sisi penumpang / pengemudi dan baru tutup pintu bagasi.

      Kebetulan hal yang sama saya alami saat awal awal kepemilikan fortuner.

      thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 12, 2012 at 12:05 AM

  8. ijin pak joseph, sy baru beli mbl suzuki ertiga, cm sy gak ngerti cara menonaktifkan bunyi klakson apabila di lock / unlock…sy coba ikuti petunjuk manual bagaimana caranya tapi ttp gak bisa, mhn infonya n sebelumnya sy ucapkan terima kasih

    aksan

    October 10, 2012 at 2:47 PM

    • Dear Pak Aksan;

      Kebetulan saya belum lihat model alarm ertiga secara spesifik.’
      Saya akan coba besok untuk lihat dan cari tahu, setelah itu saya akan informasikan ke Bpk.

      Secara umum cara menon-aktifkan bunti di alarm adalah menekan tombol mengunci alarm secara kurang lebih 3 s/d 5 detik. kalau ini sduah dicoba tp belum bisa, nanti saya akan informasikan.

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 10, 2012 at 9:13 PM

      • Cara membuat silent bunyi klakson ertiga dapat dengan menekan kedua tombol (lock&unlock) Selama 10 detik, dan sebaliknya untuk unsilent.

        James

        July 9, 2013 at 3:34 PM

      • Mohon bantuan dan pencerahannya pak

        Saya baru ambil suzukki ertiga, dan saya terbiasa mencabut aki mobil jika mobil saya, saya tinggal dalam waktu yang cukup lama d rumah.
        ini pengalaman pertama saya yang saya alami menggunakan ertiga. 2 mnggu kmarin saya habis kluar kota, mobil saya tinggal d rumah dengan kondisi aki saya cabut. Berikut urutan tindakan yg saya lakukan :

        1. Cup mesin sya buka.
        2. Pintu sya kunci menggunakan remote
        3. Kabel aki sya cabut keduanya.
        4. Selsai, mobil saya tinggal.

        Dan ketika kembali, berikut urutan tindakan yg saya lakukan :

        1. pintu driver sya buka manual menggunakan kunci kontak.
        2. Cup saya buka dan aki saya pasang.

        AL HASIIL …belum sempat saya menyalakan mesin Alarm mobil bebunyi…

        Berbagai upaya sudah saya coba namun sia”…mohon jika ada pengalaman sama bisa di share..soalnya dealer suzuki d tempat saya jauuh…mesti ke luar kota..

        Atau jika ada yang tau posisi sekring ertiga, mohon bisa dishare kan…trimakasih…

        Danang Sukman

        August 30, 2014 at 12:03 PM

  9. pak, kunci mobil saya ketinggalan di dalam mobil. pintunya saya kunci manual. mobil saya daihatsu sirion,, mohon bantuannya pak,,,
    salam Roy,,

    graf royke hamisi

    October 11, 2012 at 9:29 PM

    • Dear Pak Roy;

      Cara sederhana yang dapat dilakukan adl dengan menggunakan penggaris panjang dengan ukuran 50 cm.
      penggaris tsb diselipkan diantara kaca dengan body dan diarahkan ke bagian kunci mobil.
      jika terkena sesuatu coba ditekan sehingga anak kunci bisa terbuka.

      Tetapi setahu saya, cara tersebut saat ini sudah tidak bisa diterapkan pada beberapa jenis mobil mengingat konstruksi jalur kunci mobil yang sudah diubah untuk meningkatkan dari segi keamanan kendaraan.

      Jika Bapak masih menjadi member Astra World, sebaiknya bpk menelpon ke astra world krn hal hal spt ini masuk area dimana mereka wajib membantu

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 12, 2012 at 12:17 AM

  10. Pak, saya ada masalah dengan mobil Rush. Remote rusak, sehingga untuk membuka doorlock pakai manual/kunci. Tapi akibatnya alarm bunyi. Bagaimana untuk mematikan sementara alarm ini supaya ada kesempatan untuk membawa mobil ke tempat service alarm ?
    Terima kasih.

    Suwarjo

    October 30, 2012 at 11:46 PM

    • Dear Pak Suwarjo;

      Opsi yang ada adl:
      1.Jika ada remote cadangan, bisa dipakai remote tsb.
      2. Coba ganti batere kalau bisa
      3. Coba dekatkan remote ke area sekitar dashboard. Jika batere lemah hal ini masih bisa dilakukan kecuali batere sudah sama sekali habis
      4. langkah terakhir, cabut kabel setrum yang ada di speaker untuk alarm

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 30, 2012 at 11:57 PM

  11. Avanza saya setelah dikunci dgn remote, selang beberapa menit berbunyi 3 kali setelah itu tidak lama berbunyi sirenenya… Tolong minta pencerahan pak..thanks

    budi

    October 31, 2012 at 9:05 AM

  12. Thanks info nya Pak, terios saya sudah 2 kali, alarm berfungsi dengan efek gak mau di starter. tadi nya saya kira mobil saya di ganggu “hantu”. ternyata alarm nya super sensitive.

    Widodo

    November 7, 2012 at 10:12 AM

  13. Dear Pa Joseph,

    ada cara untuk men non-aktifkan alarm (silent) untuk APV Arena Luxury pa??
    saya sudah cari di manual book, ga ketemu caranya..

    terima kasih

    Ivan Kristian

    December 6, 2012 at 2:06 PM

    • Dear Pak Ivan;

      Coba tekan tombol untuk mengunci beberapa saat sampai ada bunyi beep / klakson sekali. Biasanya setelah itu akan hidup dalam silent mode.

      Regards
      Joseph

      Joseph Setiawan

      January 2, 2013 at 2:11 AM

  14. Yth Pa Joseph,

    Camry saya tahun 2005 bermasalah pada alarmnya. alarm sering bunyi sendiri ( terlalu sensitif ), Saya sudah 2 x bawa ke auto 2000 kalimalang untuk di reset dan cek switch ( dlm kondisi baik ), tp setelah itu belum ada perubahan. Mohon bantuannya pa…

    Salam hormat,

    Wardhana

    wardhana

    January 8, 2013 at 10:21 AM

    • Dear Pak Wardhana;

      Coba ganti switch Pak, dengan pertimbangan :
      1. umur alarm sudah memasuki usia 7 tahun.
      2. sensor adalah komponen yang cukup sensitive, ada kalanya walaupun belum rusak tetapi secara fungsi sudah tinggal menunggu waktu untuk rusak.

      Sincerely yours

      Joseph Setiawan

      January 21, 2013 at 12:49 AM

  15. Fortuner saya baru 2012, alarm sensitif terus sudah dibawa ke auto 2000 di tiga tempat: bintaro, bsd dan sudirman. Hasilnya 0 besar. Dikutak katik..turunin sensitifnya…ganti komponen masih aja.. Karena cape saya matikan bunyi alarm saja ;adi pada saat pencet alarm hanya lampu yang kedip2.

    Gimana toyota QC nya. Sangat amat kecewa… Harga fortuner… Kelas avanza!

    erwin

    January 8, 2013 at 11:25 AM

    • Dear Pak Erwin;

      Tidak selamanya bengkel resmi memberikan kepuasan secepat yang kita harapkan. Berdasarkan pengalaman saya penyebabnya adl jika populasi kendaraan kita kurang banyak ditangani di area tersebut, ada kecenderungan kurang pengalaman mengakibatkan tidak tepatnya diagnosa. faktor kemungkinan penyebab lainnya adl spare part failure. Dalam setiap produksi pasti ada spare part yang cacat walaupun baru.

      pengalaman saya saat fortuner yang saya pakai kurang bertenaga, auto 2000 di 3 tempat mengatakan bahwa mobil saya tidak bermasalah. Baru setelah saya bawa ke auto 2000 cilandak, masalah dapat teratasi. Hal ini dikarenakan auto 2000 Cilandak sering menangani masalah yang seperti mobil saya alami.

      Untuk kasus fortuner Bapak, minta mereka cek apakah setelah sensor di area kap mesin sudah benar. Sering kali posisi switch di kap mesin memicu alarm untuk berbunyi dan mekanik yang tidak sering mengalami masalah ini sering menduga sensor lah yang bermasalah.

      Jika sampai sensor sudah diganti tetapi masih tidak berfungsi dengan baik, coba dibawa ke auto 2000 lainnya seperti Cilandak.
      Setahu saya, auto 2000 Cilandak cukup banyak menangani Fortuner. Mudah2an mereka dapat mengetahui penyebab secara lebih tepat.

      Sincerely yours

      Joseph Setiawan

      January 21, 2013 at 12:48 AM

  16. Tips bagus gan, ane bookmark dulu. memank lagi kumpulkan tips alarm mobil..mau buat kliping. thank you ya…

    Aksesoris Mobil

    January 18, 2013 at 8:32 PM

  17. mohon bantuannya pak,,,, mobil saya terios, ga bisa membuka pake remot, saya coba dengan remot cadangannya pun jg ga bisa. lampu pada remotnya menyala,,,,, setelah saya buka dengan cara manual pada saat saya nyalakan/ starter mobilnya ga mau hidup,,, mohon solusinya?? skrng saya ada di daerah terpencil di LAMPUNG jadi blm bisa ke benggkel jaraknya jauh….

    efriadi

    February 4, 2013 at 6:38 PM

  18. mobil saya avanza, suara beep pada saat buka kunci pake remote terdengar beep 3x, padahal wajarnya 2x.. tp utk mengunci sudah benar 1x beep.. Terus kalo disilent saat buka kunci jg gak bisa.. tetap bunyi beep 3x.. Mohon solusinya. Trims

    andra

    February 20, 2013 at 10:15 PM

  19. saya mau setel sensitivitas alarm nissan march tapi setelah cari cari modulenya dibawah dahboard ga ketemu juga , dimana ya posisi modulenya? mohon bantuan bpk .tks. budhi

    budhi

    February 24, 2013 at 8:23 PM

  20. ijin Dan,mau tanya nih.mobil saya avanza sdh brp hr ini lampu led alrm mobil saya nyala trs.buka atau tutup dengan remote alrmnya tdk bunyi.kira2 langkah apa yg pertama hrs saya lakukan?apabila tdk keberatan mohon petunjuknya ya.

    maksih.

    rudi.

    rudi

    March 18, 2013 at 4:00 PM

    • Kemungkinan modus valet mode, coba ini:
      01. Buka pintu supir
      02. Masukan anak kunci
      03. Putar kunci dari ACC > ON sebanyak 3 kali, yang ketiga berhenti di ON
      04. Jika led berkedip maka alarm sudah aktif

      Utk menonaktifkannya caranya sama seperti langkah2 tsb

      kosein

      June 11, 2013 at 12:03 PM

      • Pak…
        Bln lalu beli alarm merk rwb bawa ke daerah tp buku petunjukx g ada. Cari di internet, warna kabel2x sama merk raiton. Coba ikuti tp tdk bisa
        Tolong bantuan skema alarm rwbx Pak.

        Erwin

        July 3, 2016 at 12:19 PM

  21. Sore, mohon infonya Pak. remote alrm mobil saya T. avanza jterkena hujan sampai 2 hari. gimana caranya untuk bisa dihidupkan kembali, karna mobil tidak bisa dihidupkan dan alarm bunyi terus.
    terima kasih

    Wendy Destriawan

    March 19, 2013 at 5:25 PM

  22. siang mohon pencerahan Pak, kenapa remote saya tidak bisa dipakai untuk buka dan tutup pintu dari jarak lebih dari 3 meter? apakah kurang sensitif atau masalah penempatan modulnya? bisa disetel? terima kasih atas pencerahannya.

    Kurniawan

    April 29, 2013 at 11:34 AM

    • Selamat siang pak.
      Mohon infonya. Mobil saya nissan march 1,2/AT. New (Baru 10hari saya pake). Setiap saya kunci pake remot. 3-5 menit kemudian kok alarmnya bunyi. Saya cek semua pintu ga ada masalah. Saya ulang berkali2 tetep aja seperti. Sampe malu sama tetangga. Mentang2 mobil baru nyala terus. Alarmnya.mohon solusinya. Makasih (ulil bogor)

      ulil absor

      May 17, 2015 at 10:31 AM

      • mohon pencerahan saya beli honda city bekas tahun 2010. saya pensaran dengan alarmnya tidak ada suara pada saya mengunci dan membuka pintu yg bekerja hanya central lock saja. apakah memang bawaan seperti itu atau memang rusak.

        asep

        November 6, 2016 at 5:03 PM

  23. […] josephsetiawan.wordpress.com […]

  24. […] josephsetiawan.wordpress.com […]

  25. Malam Pak, mobil saya Hyundai Avega sudah 2 hari ini alarmnya mendadak bermasalah. Indikator alarm menyala terus saat mesin mati. Bunyi nya tidak ada. Respon hanya untuk mengunci dan membuka pintu. Saya baca kemungkinan masuk valet mode atau service mode, benerinnya gimana ya pak?

    Jenny

    June 19, 2013 at 7:58 PM

  26. Pak Joseph mohon infonya,saya pakai mobil Yaris TRD Sportivo tahun 2012. Sering sekali ketika di parkiran yg longgar alarm sering bunyi sendiri, sampai saat ini blm tau penyebabnya apa. Itu kan terhitung mobil masih baru, yg terjadi kira2 faktor dr alarmnya atau lingkungan sekitar saya parkir ya pak ? Soalnya sering bunyinya pas saya tinggal di masjid untuk sholat , apakah karena gelombang magnetik di lingkungan masjid tersebut atau karena sebab yg lain? Terima kasih informasinya

    Fandhi Kusuma

    June 24, 2013 at 11:34 AM

  27. Permisi pak, saya mau tanya, saya baru beli bmw e36 m43 th.1997. Kemarin ada mslh dg alarm mobil saya. Saya buka kunci pintu sperti biasa pke remote, stelah itu saya masuk & tutup pintunya. Saat saya starter mesinnya kok alarm saya bunyi ya? Saya matiin trus saya starter lg msih tetep bunyi. Saya diemin aja dlu ehh mau dia ga bunyi pas distarter & stiap saya turun dari mobil & buka pintu, lampu seinnya semua nyala. Itu penyebabnya kenapa ya pak? Dan apa solusinya? Soalnya takut kumat lg kyk gtu. Terimakasih.

    gung manik

    July 11, 2013 at 2:28 PM

  28. Pa, td mlm mbil sy tiba2 bunyi cuit cuit sperti ada yg mencet tombol pmbuka pintu di remot tp kunci tdk trbuka, stelah sy cek trnyata lampu yg ada di remot terus menyala dah sy pencet2 kunci tidak jg terbuka, hrus dibuka manual itupun alarm nya malah bunyi. Smpe skrng lampu di remot masih menyala walaupun bunyi cuit cuit ny sdh jarang. Mohon solusi nya ya pa. Terima kasih

    nina

    July 26, 2013 at 8:43 AM

  29. permisi pak….
    saya ada masalah remot kunci mobil pada toyota rush, ketika kita tekan untuk mengunci maka pintu mobil tersebut mengunci, tapi tidak ada lagi suara tanda mobil telah terkunci…
    tuh bagaimana solusinya ya pak…
    terimakasih,,,

    Andreas Tarigan

    August 13, 2013 at 8:27 AM

  30. Pak, sy mau tanya ni .kali ini buka mengenai remote atau alarm mobil tapi mengenai pintu bagasi mobil xenia type Li saya yang macet .
    Dibuka pakai kunci tidak bisa dan tempat ngehandle yang berada didekat pintu sopir itu loss pak . Mohon solusinya pak . Terima kasih

    yuanita

    September 13, 2013 at 4:26 PM

  31. Selamat Pagi p Joseph .., saya mau tanya. Kijang innova saya (akhir 2011) sy ganti head unit dan tambah active subwoofer (akhir 2011 juga), .. setelah ganti itu, control volume audio dan pemilih track lagu yg ada di kemudi/setir jadi tidak berfungsi secara normal, .. kadang bisa kadang tidak. Kalau mobil masih baru mulai jalan (dari kondisi diam/parkir lama) control-nya berfungsi, tetapi setelah jalan lbh dari 30 menit .. control volume / pemilih track jadi tidak berfungsi .., mohon pencerahannya.

    terimakasih sebelumnya ..

    agus

    September 26, 2013 at 7:06 AM

  32. pagi pak mobil aku taruna…..alarm kok tiba tiba mati dan lampu led nya juga mati kenapa yaa…makasih

    ahmad renndi

    November 19, 2013 at 2:24 PM

  33. sy mau tanya cara setting alarm merek primus, sebelumya saya ucapkan terima kasih

    leonard

    November 26, 2013 at 11:55 AM

  34. pagi pa saya mau tanya saya baru ganti batre remot, tp ketika pencet tombol kunci/buka tida bisa ke buka atau ke kunci hanya ad suaranya saja, pas saya coba pake remot yg 1nya lg itu berfungsi normal apakah remotnya yg rusak?

    rudianto

    December 5, 2013 at 7:42 AM

  35. Dear pak Joseph,
    Alarm Xenia Sporty (2013) saya tidak berfungsi. Normalnya jika posisi mengunci akan bunyi beep sekali dan pintu2 rapat serta lampu indikator handle mati. Tapi kemarin setelah dicuci di pencucian mobil ternyata ketika saya posisikan mengunci melalui remote bunyi beep 3x, lampu indikator keempat handle pintu tetap menyala. Padahal pintu terkunci. Saya coba cek ulang semua pintu termasuk bagasi dan kap untuk dirapatkan,ternyata kondisinya masih sama. Kenapa ya dgn sistem alarmnya,pak? Jika lampu indikator handle menyala dlm beberapa hari apakah aman?(Accu tidak tekor??) Terima kasih atas jawabannya

    heppy amarta

    December 11, 2013 at 5:24 PM

  36. Mohon izin untuk bergabung..

    Arief

    January 5, 2014 at 7:22 PM

  37. Pak,mobil saya xenia sporty 2012,alarmnya tidak berbunyi ketika buka dan tutup,mohon tipsnya ya pak,tq

    aldo

    January 11, 2014 at 11:54 AM

  38. mohon tips mengaktifkan alarm secara otomatis pada saat kendaraan parkir dalam waktu beberapa menit. Mksih.

    vendy

    February 20, 2014 at 7:07 AM

  39. mohon informasinya jika alarm tiba-tiba menyala (aktif) setelah 5-10 detik, padahal tidak di apa-apain tuh mobil. saat ini hal tersebut masih terjadi sehingga sekarang saya hanya mengunci mobil menggunakan kunci manual (kunci pintu sopir)

    terima kasih

    verinska

    March 10, 2014 at 8:46 AM

  40. Pak mau tanya mbl saya terios alarm sering bunyi sendiri kadang2 tengah malam meraung raung panjang kadang cuma bunyi sebentar trus berhenti sendiri,saya cek pintu masih menggunci semua,trus saya buka pake remot bunyi nada 4 kali,saya bawa ke bengkel resmi di set ulang eh ternyata masih sama aja masih sering bunyi sendiri kira2 apa ya pak penyakitnya?trima kasih atas jwabanya

    Heri.

    March 22, 2014 at 12:07 PM

  41. Pak alarm agya udah sebulan g ad suaranya kl dikunci atw buka trs kadang2 suka terkunci sendiri wlwpn udah dibuka…

    suhadji abdul

    July 13, 2014 at 1:55 PM

    • Tolong pencerahan nya pak,, mobil saya agya type g tahun 2015 , kalo saya buka ato kunci mobil pakai remote ,, alarm nya engga bunyi,, kira kira bagaimana cara memperbaikinya biar bisa bunyi lagi ya pak? Terimakasih

      teguh

      February 19, 2016 at 1:52 PM

  42. saya baru beli mobil datsun go+ t option ,tapi alarmnya tidak berbunyi walaupun saya coba menarik/memberi getaran pada pintu nya, mohon petunjuknya pak, terima kasih srbelumya

    rabdi

    July 25, 2014 at 5:22 AM

  43. Ijin nanya pak joseph.. alarm innova saya 2008 dulu masuk ke silent mode.. namun saat ini saya ingin mengembalikan supaya berbunyi kembali.. kenapa tidak bisa ya?
    Saya sudah mengikuti petunjuk dan tahap pertama saja innova saya tidak merespon.. gimana ya?
    Saat ini alarm tetap berjalan dengan normal.. thx..

    dendy hendrian

    August 5, 2014 at 8:36 AM

  44. Min, saya punya mobil karimun wagon r jadi remote inti dari alarm (raiton) hilang . Saya punya remote cadangannya tapi tidak berfungsi / merespon sama sekali dengan mobil saya . Min, tolong pencerahannya ? Please!

    gracello

    December 25, 2014 at 12:58 PM

  45. Mohn ijin pak… Saya punya avanza velos. Nah saya bngung dgn alarmnya berbunyi tanpa sebab, remot tidak berfungsi.. Salah satu pintu tidak bisa di buka maupun secara manual, lampu, stater jga gk mau nyala, aki bru 2 bulan Mohon solusinya pak..

    Edwin Pratama

    January 13, 2015 at 12:04 PM

  46. Ass. Pa mobil saya escudo jlx 95.. Kalo pintu dibuka atw ditutup pake remote alrmnya ga bunyi..tapi central lock bekerja..mohon pencerahannya..trms

    kendra

    January 13, 2015 at 6:51 PM

  47. Bang Yosep saya lagi bingung neh,mobil Xenia R Sporty 2012,tiba” akinya soak,lalu sy hidupkan dgn cara didorong,tpi kini prsoalanya pada lock remot tidak berfungsi alaremnya bukan di silent lo dan lampu hazard pun mati tidak berkedip sudah pakai remot cadangan,tetap begitu aja klo untuk penguncian normal pada semua pintu ato central lockny cuma ya itu tadi serine dan lampu hazard mati tidak bunyi samasekali,lampu sinyal pun tidak kedip-kedip menyala terus ini yg menimbulkan aki soak,klo biasany mbl sdh d konci via remot mbl tdk bisa distarter tpi ini mah bisa distarter seolah-olah mbl tidak tetkunci,mohon batuan mengatasinya,trimk’s.

    restualam

    March 9, 2015 at 10:51 PM

  48. beberapa hr lalu remote yg batrenya baru dan led nya nyala sy tekan unlock unit alarm tidak respon, led merah didashboard teta kedap kedip, akhirnya sy mempraktekan 11x on off kunci startet, berhasil bisu semua, dan jadi manual tanpa alarm. pertanyaanya: cara mengaktifkan lagi seperti semulanys bagaimanA yah? mohon dibantu ya pak

    boy k.

    March 27, 2015 at 10:29 AM

    • remot saya tidak bisa membuka central lock tetapi mengunci bisa dan apabila kunci dimasukkan ke ignition dalam posisi on remote untuk membuka dan menutup berfungsi normal terimakasih

      ciput

      April 10, 2015 at 12:49 AM

  49. Pak mau sering tentang mobil toyota raf 4 sistim alaramnya mau tapi tidak bunyi kira-kira gima cara membunyikannya ya pak
    Salam fantri
    Mohon bantuanya pak

  50. Pak joseft yth. Senang membaca thread ini krn membuka kesempatan tuk menanyakan keluhan saya. Mobil saya Agya Trds baru 1 bulan beli. Pintu depan tidak bisa dibuka tutup pake remote setelah service pertama, auto 2000 plaju bilang harus ganti central lockny. Saya masih meragukannya pak cz 3 pintu yg lain berfungsi baik. Mohon pencerahannya Dan bantuannya Segera. Trims pak

    elmin

    May 12, 2015 at 12:10 PM

  51. Pak mbil saya lgx 2003 mau bikin kunci kontak mirip innova, kalau kunci masuk (off) ada bunyi titt titt soalnya ayah saya udah tua suka lupa kunci tertinggal

    mohon bantuan, itu pake alat apa saja

    Rio wiranata

    May 25, 2015 at 1:17 PM

  52. Pak, kenapa alarm saya tidak berfingsi? Lampu indikator alarm yg ada di mobil jg tdk hidup? Apakah modul alarm bermasalah? Bagaimana cara penangan nya? Terimakasih

    Yogi

    May 28, 2015 at 2:19 PM

  53. Pak alarm mbl luxio sy kan bawaan dari dealernya..suatu hari waktu parkir saya remote untuk mengunci pintu lancar saja..kemudian waktu membuka tiba” g conect dan lampu indikator di remote redup..lah terus sy belikan baterei baru dan lgsg sy ganti dan lampu indikatornya jd terang..tp sy coba untuk membuka pintu alarm kok msh blm bs conect..la ini masalahnya apa pak y kok sampai skeg remote saya g bs di pakai..dan cadangan remote gandanya udah g ada..mohon minta penjelasanya y pak…terimakasih..

    Anang

    June 19, 2015 at 8:02 AM

  54. Boleh ikut bertanya?

    Kijang innova ayah saya tanda merah pintu terbukanya nyala terus..padahal smua pintu dan kap mobil sudah rapat..jadi kalau d pencet tombol kunci remote malah bunyi alarm..bagaimana solusinya ya?
    Trimakasih sebelumnya.

    Aisyah

    July 7, 2015 at 9:47 PM

    • Sudah bisa mba mobilnya? Lalu solusinya bagaimana mba? Karena mobil saya skrg masalahnya sama persis sama mobil ayah nya mba

      Rhatry Astuti

      June 12, 2018 at 9:05 PM

  55. Maaf pak sblmny saya mau menyampaikan. Mobil saya honda crv 2006. Seminggu lalu saya ganti aki dan stlh aki baru dipasang remote tidak bs digunakan pdhl sblm gnti aki msh bisa. Mesin di starter msh bs. Mohon solusinya. Terima kasih sebelumnya.

    agung hadi

    July 13, 2015 at 1:17 PM

  56. Gan mohon infonya
    Mobil saya yaris remot mobil buka dan tutup tdk bunyi mohon langkahnya indikator lampu nyala stanbay kedapkedip apa yg harus dilakukan.

    diding

    August 19, 2015 at 6:46 PM

  57. Selamat pagi pak joseph

    Mobil camry (2005) saya kan habis ganti Oli kemudian esoknya saya nyalain mesinnya tapi dalam keadaan nyala mobil nya terkunci dari dalam dan lampu sen nya kedap kedip terus pak , mohon infonya pak . Makasih

    Azam Ukhrawi

    August 22, 2015 at 7:46 AM

  58. Saya pemegang ke 2 avanza type s, setelah saya amati alarmnya diputus, setelah saya sambung ternyata alarm nyala terus sampe bikin panik. Sudah saya restat acc – on 11x tapi masih menyala terus.
    Mohon pencerahannya.

    Nana gofur

    September 1, 2015 at 10:09 AM

  59. punya saya mobilnyq daihatsu taruna csx 2000 kok nggak bisa di stater kenapa ya ? saat di stater indicator di dashboardnya malah mati lalu alarm berbunyi ? giman solusinya

    Afif Khairy

    October 22, 2015 at 4:52 PM

  60. Pak joseph sy gani toa alrm agya tp bunyinya kecil bgt,,kenapa ya pak

    budi andi

    January 12, 2016 at 11:30 AM

  61. kl alarm berbunyi trus, lantas kabel speaker di putus dan dikunci scr manual,apa ttap mengurangi arus accu ?

    jamal

    February 9, 2016 at 10:34 PM

  62. slmt pg joseph, mobil saya datsun go, kalo malam alarm sebentar2 bunyi padahal ga ada getaran, tapi kalo pagi sampe sore ga bunyi, itu karena apa dan bgmn solusinya

    dwi

    April 27, 2016 at 9:53 AM

  63. dear bang josep, mau tanya nih.. kok rada simpang siur , permasalahan mungkin tergolong sepele, cuman setiap opini individual kan berbeda, nah kebetulan masalah yg ingin dpertanyakan , APAKAH ADA HUBUNGAN NYA MEMBUKA PINTU MOBIL BAGIAN DEPAN ( KANAN-KIRI) Jika kita membuka pintu bagasi ( pintu bagian blakang ) ? jadi ada yang bilang jika membuka pintu bagasi ,pintu kanan kiri harus di buka, terimakasih bang

    kramotax

    May 8, 2016 at 3:48 PM

  64. Selamat malam…mohon bantuannya pak…mobil sy hyundai tucson 2011,alarmx gak berbunyi hanya lampu sj yang berkedip..walaupun semua pinti sdh ditutup rapat..sdh bawa keliling bengkel di makassar tp hasil masih nihil…terima kasih..

    Said

    May 31, 2016 at 8:46 PM

  65. Mobil saya apv luxury, bagaimana cara menonaktifkan mode silent (biar bisa bunyi lg) … terima kasih

    duniafam

    July 1, 2016 at 6:37 AM

  66. mohon pencerahan. remote mobil saya berfungsi dengan indicator lampu remote menyala ketika salah satu tombol remote ditekan. tapi walaupun remote berfungsi tapi pintu tidak bida terkunci atau terbuka ketika tombol remote ditekan dan remote ditekan pada tombol alaram tapi alaram tidak berfungsi
    mohon pencerahan. terimakasih

    noval

    October 4, 2016 at 8:49 AM

  67. Ass…mohon pencerahanya pak. Saya punya mobil hyunday trajet 2001 alarm nya bermasalah nihh bikin gak enak klo mau dibuka pencel remotnya gak bunyi tapi led remot sama dimobil nyala dan tetap terkunci tapi saya pernah iseng-iseng remotnya di panasin di atas magic com trus saya pencet bunyi mobilnya kebuka itu kenapa ya pak..?

    Raka wijaya

    December 9, 2016 at 4:53 PM

  68. Permisi pak.innova 2012 type v saya sepertinya masuk ke valet mode lampu alrm mati setelah mesin di hidupkan menyala kerika di mesin di matikan .lock dan unlock sirine tidak berbunyi.saya sudah ikuti cara2 di internet tapi sirine tetap tidak bunyi.adakah cara lain atau mungkin langkah2 saya kurang tepat.mohon bantuannya

    Syaipudin

    January 14, 2017 at 2:37 AM

  69. mobil saya honda accord,kok alarmnya bunyi terus gimana cara matiinnya???

    Putu Megan

    April 3, 2017 at 2:16 PM

  70. PAK SAYA ADA MASALAH DENGAN MOBIL CRV SAYA ALARM MOBIL SAYA BUNYI TERUS DAN TIDAK BISA DIMATIKAN LEWAT RIMOTE CONTROL MHN SARAN GMANA CARA UNTUK MEMATIKAN SECARA MANUAL SUPAYA MOBIL SAYA BISA START / NYALA TERIMAKASIH

    I WAYAN SUPARDI

    June 8, 2017 at 3:19 PM

  71. Maaf pa mau tanya… Utk alarm mobil avanza 2011…. Pas diaktifkan atau di non aktifkan koq lamou sein kanan kiri + spion gda yg nyala ya… Terima kasih

    defuana mulyadi

    June 22, 2017 at 10:38 AM

  72. Maaf pa mau tanya… Utk alarm mobil avanza 2011…. Pas diaktifkan atau di non aktifkan koq lamou sein kanan kiri + spion gda yg nyala ya… Terima kasih

    dediana mulyadi

    June 22, 2017 at 12:02 PM

  73. Pak Joseph,
    Kemaren sy habis ganti Aki baru (mobil Ayla) setelah sy sampai rumah pas sy mau kunci mobil dengan remote tetapi tidak berbunyi suara Alarmnya.
    Mohon solusinya pak
    Terima kasih

    Taufik Kurahman

    June 28, 2017 at 2:35 PM

  74. Saya mau tanya.. Alarm tdk bunyi saat kunci dan buka.. Tapi lampu kedip. Apa masalahmya

    Edy

    August 8, 2017 at 10:29 AM

    • saya mau tanya… alarm mobil bunyi terus sampe ga bsa stater.saya ikuti petunjuk buku alarm on acc 3x sya coba on acc 10x ttp tdk bisa.mohon bantuannya.

      asep

      October 8, 2017 at 11:12 PM

    • Itu Mode Silent Om.

      UNtuk mengembalikan nya ke mode Normal, caranya :

      – Tekan tombol kunci (Gembok tertutup) dan tombol Buka Kunci ( Gembok Terbuka) pada Remote Mobil secara bersamaan dan tahan selama 3-5 detik. Jangan lupa arahkan remot ke mobil anda pada saat ingin di test ya.

      Scp 169

      October 17, 2017 at 8:44 PM

  75. Selamat sore pak..mau bertanya mobil camry saya kenapa yah kadang2 muncul bunyi..dengan keterangan hood door open..padahal suda rapat..mohon bantuannya pak

    Wendy

    October 31, 2017 at 5:12 PM

  76. Sore pak innova saya 2010, lampu indikator pintu terus menyala padahal pintu semua sudah tertutup rapat, apa yang harus saya lakukan pak?
    terima kasih banyak jawabannya

    Yanti Gustina

    November 20, 2017 at 3:25 PM

  77. pak alaram mobil avanza saya bnyi alaramnya pelan sekali pak.cara mengatasinya supaya alaramnya bunyinya deras seperti biasa gimna ya pak caranya?
    terima kasih

    andre

    December 10, 2017 at 11:02 AM

  78. Pak.. Mau tanya.. Saya punya toyota kijang innova 2012..
    Kalo di lock mengunakan remote lampu sein nya nyala 1x..
    Permasalahan nya.. Kalo di unlock (buka kunci) menggunakan remote.. Lampu sein nya tidak menyala.. Mohon solusi nya pak..

    Hendra Dwi Saputra

    February 12, 2018 at 11:04 PM

  79. p, kunci alarm Xenia saya kok nggak mau ngunci,, padahal lampu Sean dan bunyi klaksonnya sudah pada nyala,,mksh

    Wo ladu coy

    February 17, 2018 at 1:25 PM

  80. Halo pak Joseph. Setelah ganti baterai remote malah LED di remote menyala terus dan sepertinya malah error’. Mohon bantuannya. Trims

    Dady Teguh Supono

    May 16, 2018 at 6:06 AM

  81. Alarm mobil Avanza 2009, biasanya kalau ngunci berbunyi 1x. Dan membukanya bunyi 2x.
    Entah apa sebabnya alarm bila mengunci, berbunyi 3x, membuka tetap 1x.
    Bagaimana cara mengembalikan, agar Bunyi alarm saat menutup tetap 1x ?

    denbagoes

    July 13, 2018 at 12:47 AM

  82. Pak mw tanya,,kabel positif toa vios gen 1 punya saya kan lepas setelah service AC,,mekaniknya mungkin lupa menyambungkannya kembali,,setelah saya cari di google toa nya menyambung di kabel pink,,pas saya sambung toa nya ke kabel pink tidak mw bunyi,,kira-kira biar bisa bunyi saat buka-kunci pake remot di sambung kemana ya??

    sodik

    March 22, 2019 at 7:19 PM

  83. Mohon pencerahannya.. Mobil saya grand innova 2013.. Bingung dengan alarm mobil saya awalnya baik2 saja.. Saat mengunci menggunakan remmot bunyi beep sekali.. Dan ngebuka menggunakan remmot bunyi beep 2 kali.. Dan entah kenapa tiba2.. Berubah pada saat membuka kunci menggunakan remot.. Bunyi beepnya tidak lagi dua kali.. Tetapi 3 kali beep.. Itu kenapa yaa.. Dan gimna cara mmbalikan menjadi dua kali beep lagi seperti semula..
    Makasih

    Angga

    May 15, 2019 at 6:57 PM

  84. Pak kalau cara menonaktifkan valet mode di avanza s 2010 gimana ya

    Bobby sepdianto

    June 4, 2020 at 12:22 PM

  85. Selamat malam, saya ricko, mobil saya toyota etios valco 2015, kalo saya pindah ke gigi belakang knp sekarang bunyi nya jadi 3x beep ya dan sensor belakang jadi ga ngebaca benda di belakang sama sekali, padahal sebelumnya kalo pindah gigi belakang bunyi hanya sekali beep..mohon bantuannya…terima kasih..

    Ricko novaro

    June 18, 2022 at 7:36 PM


Leave a comment