Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – GM Perkenalkan Pencegah Tabrakan Satu Kamera pada GMC Terrain

leave a comment »

General Motors (GM) memperkenalkan sistem pencegah tabrakan pada SUV GMC Terrain yang akan diluncurkan tahun depan. Klaim perusahaan tersebut, sistem ini merupakan yang pertama digunakan di industri otomotif. Sistem hanya menggunakan satu kamera.

Di samping digunakan untuk mencegah menabrak mobil yang berada atau meluncur pelan di depan, juga mencegah menyenggol atau menyerempet saat pindah jalur.

Sistem GMC ini menggunakan kamera digital resolusi tinggi yang dipasang di depan kaca spion tengah untuk melihat bentuk kendaraan dan marka jalan. Sistem selanjutnya, akan memberi peringatan dengan suara dan gambar.

Pengemudi diperingatkan sedang berada di belakang kendaraan lain dan jaraknya terlalu dekat. Suara peringatan juga muncul bila kendaraan pindah jalur tanpa mengaktifkan sein (lampu indikator belok).

Gambar Digital
Menurut National Automotive Sampling System, menabrakan bagian belakang 28 persen dari hampir 6 juta insinden kecelakaan yang terjadi setiap tahun berdasarkan laporan polisi. Sementara itu, the National Highway Traffic Safety Administration(NTSHA), mengatakan, tabrakan belakang umumnya terjadi karena perhatian tidak fokus ke jalan. Karena itu pula, the Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menilai, sistem peringatan tabrakan GMC ini dinilai sangat membantu mengurangi kecelakaan.

“Sensor gambar digital yang digunakan pada sistem ini, konsepnya sama dengan gambar dari telepon seluler yang dikirim komputer. Karena itulah penggunaan sistem kamera ini lebih gampang pada kendaraa,” beber Raymond Kiefer, Technical Fellow Sistem PencegahTabrakan, GM.

“Gabungan kamera digital algoritma dengan proses foto, memungkinkan kami menghitung waktu terjadinya tabrakan,” tambahnya.

Tayangan pengingat terdiri, hijau untuk tabrakan di depan dan ikon untuk mendeteksi perpindah jalaur. Seperi peringatan lampu berkedap-kedip merah memperingatkan menabrak kendaraan di depan, peringatan pindah jalur menggunakan ikon warna oranye disertai suara lonceng.

Sistem peringatan ini bekerja pada kecepatan 40 km/jam, memperingkatkan pengemudi jika mereka mengikuti kendaraan di depan terlalu dekat. Juga memperingatkan kemungkinan akan menabrak. Bila tabrakan diprediksi tidak bisa dihindarkan, kendaraan akan mengaktifkan rem membantu pengemudi memperlambat dan menghentikan laju kendaraan lebih cepat.

Cara Kerja
Peranti lunak peringatan tabrakan depan bekerja dengan menguji gambar yang dijepret – 14 “frame” per detik – untuk menentukan bentuk kendaraan. Selanjutnya, kendaraan yang dideteksi, diperiksa pada setiap pergantian rangka gambar.

Demgam mengubah ukuran, kemungkinan waktu tabrakan terjadi bisa dihitung. Sistem juga menggunakan parameter lain, yaitu kecepatan, perubahan arah dan gerakan pedal gas dan rem.

Agar bisa digunakan pada kondisi pernglihatan yang berbeda-beda, sistem menggabungkan empat ekposur terpisah untuk menciptakan gambar resolusi tinggi dan kemudian dianalisis. Cara ini sangat berguna di malam hari ketika eksposur dekat diperlukan untuk memperjelas gambar. Sedangkan eksposure jauh digunakan untuk mendeteksi bentuk dan tekstur.

Pada malam hari, target ditentukan dengan melihat sepasang cahaya yang bergerak secara bersamaan, dalam hal ini menggunakan lampu belakang. Sistem bekerja selama mata kamera tidak terhalang, misalya oleh salju atau lumpur.

Kecepatan
Selain mem-pelototi kendaraan di depannya, proses gambar juga melihat marka-marka untuk menentukan peringatan bila pindah jalur. Pada kecepatan 56 km/jam, ikon peringatan pindah jalur – menyala hijau yang menandakannya aktif atau bekerja.

Jika kendaraan keluar dari jalur tanpa menghidupkan sein, lampu berubah, berkedip-kedip sekaligus mengeluarkan suara beep.

“GM berkomitmen memberikan perlindungan awal, selama dan setelah tabrakan. Skenario terbaik adalah menghindari tabarakan.Teknologi ini dirancang membantu pengemudi agar tidak menabrak,” kata Gay Kent, Executive Direcytor Vehicle Safety and Crashworthiness GM tentang penggunaan pencegah tabrakan ini

Sumber :
Zulkifli BJ
Senin, 10 Oktober 2011
KOMPAS.com

Written by Joseph Setiawan

October 21, 2011 at 5:29 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: