Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Manfaat Silika Pada Ban Kendaraan

leave a comment »

Ban-ban modern yang mampu menghemat penggunaan BBM alias Ban dengan tahanan gelinding (Rolling Resistance) yang rendah, memiliki komponen penting yaitu unsur ‘Silika Sintetis’ pada bagian telapak ban (kembang ban).

Memecahkan Dualisme antara Rolling Resistance vs Daya Cengkeram.

Tantangan besar di masa lalu adalah bagaimana menghasilkan kompromi antara tahanan gelinding yang rendah dan daya cengkeram yang baik.

Tahanan Gelinding (TG) adalah jumlah energi yang diserap ban saat berputar dan menggelinding. Semakin rendah TG maka kerja mesin semakin ringan dan konsumsi BBM menjadi lebih sedikit.

Penurunan TG umumnya berkorelasi dengan penurunan daya cengkeram ban di jalan basah, saat ini dengan penggantian sejumlah unsur karbon hitam oleh Silika pada susunan senyawa pembentuk telapak ban telah memungkinkan produsen untuk memproduksi ban dengan daya cengkeram yang baik pada jalan basah sekaligus TG yang rendah.

Terobosan Revolusioner

Daya cengkeram sebuah ban dipengaruhi oleh sejauh mana ban terdistorsi pada frekuensi tinggi, alias sejauh mana faktor terjangan terhadap batu-batu kecil dan ketidakrataan permukaan jalan saat ban tersebut menggelinding.

Daya cengkeram terbaik juga didukung oleh senyawa karet yang menyerap tingkat energi yang tinggi (senyawa histeresis tinggi).

Di sisi lain, TG dipengaruhi oleh distorsi frekuensi rendah & defleksi ban saat ban berputar. Ini juga membutuhkan senyawa yang menyerap jumlah energi yg rendah (senyawa histeresis rendah).

Dengan penambahan silika sintetis, para engineer di pabrik ban telah mampu menghasilkan senyawa yang histeresis tinggi pada frekuensi tinggi tetapi juga berhisteresis rendah di frekuensi rendah.

Manfaat bagi Pengguna

Penggunaan silika sintetis dapat menurunkan TG sebesar 20% atau lebih. Dengan asumsi tekanan ban yang tepat dijaga.

Pengurangan TG sebesar 20% setara dengan penghematan bahan bakar 5%. Juga peningkatan kinerja daya cengkeram di permukaan basah. Dengan memasukkan silika sintetis ke dalam ban type musim dingin (M+S / Winter tyre), konon turut meningkatkan kinerja daya cengkeram di trek basah sebesar 15%.

Senyawa silica sintetis membuat ban menjadi lebih elastis dan fleksibel pada suhu yang lebih rendah, menghasilkan daya cengkeram dan pengereman yang lebih baik selama musim dingin.

Mengenai Silika Sintetis Kemampuan Tinggi

Contoh senyawa silika sintetis yang diproduksi oleh sebuah perusahaan pembuat Silika – Industrial Grade ternama di dunia dimana mereka memproduksi endapan silika amorf dengan melarutkan vitrous silikat (diproduksi dalam tungku dari pasir dan natrium karbonat) yang diikuti oleh presipitasi. Silika yang terbentuk adalah endapan silika sintetis yang amorf secara alami.

Karakteristik silika sintetis “kemampuan tinggi” yang diproduksi dapat disesuaikan dengan aplikasi yang diinginkan, seperti aplikasi untuk ban dengan TG yang rendah serta daya cengkeram yang baik.

Sumber :
APG

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 7:54 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: