Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Throttle Controller, Agar Mesin Lebih Responsif

leave a comment »

Era digital dan elektronik sekarang ini, semua menjadi serbamudah dan semakin efisien serta canggih. Untuk mobil dengan Drive By Wire (DBW) bisa memanipulasi data dari pedal menuju throttle agar bisa diatur lebih detail lagi, lewat Throttle Controller. Seperti apa kerjanya?

Di Percabang
Sistem DBW, memungkinkan pedal tak langsung terkoneksi dengan gas mesin. Jadi, melalui sistem elektronik terlebih dulu, agar bukaan throttle bisa disesuaikan dengan kebutuhan mesin menurut perhitungan yang dilakukan oleh manajemen pengontrol mesin alias ECU agar tercipta efisiensi.

Akan tetapi, fungsi ini masih bisa di manipulasi lagi informasinya akan diterima lain oleh ECU yang memerintahkan skep untuk mengatur bukaanya. Alat ini adalah Throttle Controller. Bisa semakin irit atau performa naik dengan settingan lebih sensitif pada bukaan pedal gasnya.

Menurut Indra dari OptimaX Energy di kawasan Jln Pajajaran, Bandung, Jabar, fungsi peranti ini menjadi jembatan antara pedal gas dengan throttle. “Jadi bisa disetting, Economic, Normal atau Sport,” tukasnya. Memang, pada panelnya terdapat settingan yang nantinya akan terlihat pada display digital.

Soket DBW, disesuaikan dengan tipe mesinnya(kiri).Modul dengan input dari pedal(kanan)
Menurut lelaki yang gemar elektronika itu, pemasangannya dengan mencopot soket dari pedal menuju sistem yang terhubung ke throttle terlebih dulu. Soket tersebut dihubungkan pada soket yang ada pada modul Throttle Controller. “Sistemnya plug n play saja,” lanjutnya.

Soket dari modul dipasang ke soket pada pedal, kemudian soket lainnya di modul dihubungkan dengan power supply alias listrik positif dan ground. Lainnya, terhubung dengan display yang posisinya nanti diletakkan pada tempat yang diinginkan.

Setelah terpasang, tentu modul belum mendapat input mengenai data dari tunggangan yang sekarang terhubungkan. “Harus disetting lagi, disesuaikan dengan tekanan pedal dan throttlenya,” ungkap Indra.

Untuk settingan awalnya, modul di set untuk membaca pedal saat terangkat penuh dan posisi terinjak penuh. Kondisi mobil dalam posisi kontak ON tanpa menghidupkan mesin.

Terakhir tinggal coba saja, injak pedal dari posisi sebelum diinjak hingga pedal ditekan habis. Maka akan terlihat pada display Nor (normal) ketika belum diinjak dan 100 ketika pedal terinjak penuh.

Pedal gas terinjak penuh, belum tentu skep throttle terbuka paling lebar
Jika sudah terpasang, maka sudah bisa diatur, dengan fungsi Economic berarti bukaan throttle akan tidak akan teralu besar meski pedal gas diinjak dalam, sementara Sport, akan lebih responsif dengan injakan pedal gas. Kisaran harga Throttle Controller ini mulai Rp 1,1 juta hingga Rp 1,5 juta, tersedia untuk berbagai mobil berbahan bakar bensin, sementara untuk diesel sudah ada untuk Mitsubishi Pajero Sport dan Triton.

Sumber:
Minggu, 07 Agustus 2011 16:10 WIB
Tips Mobil
Yuk, Lebih Mengenal Throttle Controller, Agar Mesin Lebih Responsif
mobil.otomotifnet.com
Optimax Energy: 022-70655003
Penulis : Ben | Teks Editor : Bagja | Foto : Benny

Written by Joseph Setiawan

September 12, 2011 at 10:14 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: