Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Travelling – Kehabisan Uang Saat Traveling? Lakukan 7 Hal Ini

with one comment

Salah satu masalah yang paling tidak ingin dihadapi oleh traveler selama perjalanan adalah kehabisan uang. Jangan panik, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Simak 7 tips penting berikut ini!

Traveling adalah kegiatan yang menyenangkan, sebab Anda bisa menggagumi kecantikan alam dan mempelajari kebudayaan baru. Akan tetapi, semua itu akan berubah saat tiba-tiba uang Anda habis di tengah jalan. Disusun detikTravel, Selasa (25/9/2012), berikut 7 hal yang harus Anda lakukan saat kehabisan uang di jalan:

1. Minta kirim uang dari orang terdekat

Inilah cara pertama yang harus Anda lakukan, yaitu meminta kiriman uang dari orang terdekat. Orang-orang terdekat tersebut adalah orang tua, saudara, teman, pacar juga boleh!

Jangan malu untuk meminta, sebab ini untuk keselamatan Anda. Jelaskan kepada mereka tentang kondisi Anda yang tidak memegang uang saat itu. Carilah ATM terdekat untuk mengambil kiriman uangnya. Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada mereka ya!

2. Pinjam ke orang lokal yang terpercaya

Nah, cara ini mungkin jarang dilakukan oleh traveler. Akan tetapi, saat keadaan terdesak dan uang habis, tidak ada salahnya meminjam sejumlah uang kepada orang-orang setempat.

Tentu saja, Anda harus menjelaskan perjalanan Anda dan sebab Anda kehabisan uang. Setelah itu, mintalah secara baik-baik dan menjanjikan pinjaman tersebut akan kembali. Catat alamat orang tersebut untuk Anda kirimkan gantinya di kemudian hari. Tepati janji ya!

3. Mengamen

Jika saat traveling bersama teman-teman dan kehabisan uang di jalan, mengamen adalah salah satu cara yang tepat. Tidak harus dengan alat musik, Anda bisa berpikir kreatif dengan cara menghasilkan nada yang enak di dengar dengan menggunakan barang-barang yang ada.

Anda bisa melakukan hal ini di tempat-tempat makan atau di pinggir jalan. Sebelum itu, ada baiknya Anda meminta izin kepada pemilik rumah makan untuk mengamen.

4. Jual barang

Dalam keadaan terdesak dan bingung untuk mendapatkan uang, menjual barang-barang Anda dapat menjadi pilihan. Keluarkan jam tangan, ikat pinggang, atau bebrapa barang lainnya yang menurut Anda dapat menghasilkan uang. Anda bisa menjualnya kepada orang-orang terdekat atau menjualnya kepada pedagang-pedagang.

Ingat, jangan mematok harga yang terlalu tinggi, namun jangan mudah tertipu saat menjual barang-barang Anda. Patoklah harga barang yang dijual dengan sewajarnya. Minimal, Anda bisa menjualnya tidak kurang dari setengah harga barang tersebut.

5. Kerja part time

Ini juga menjadi cara ampuh untuk mendapatkan uang. Tanggalakan sejenak ransel Anda dan cobalah mencari pekerjaan. Anda bisa melakukan kerja part time di restoran atau kafe.

Tentu, Anda tidak akan menandatangani surat kontrak. Namun, Anda bisa menyepakati upah yang akan Anda dapatkan melalui kerja part time ini. Pekerjaan seperti mencucui piring hingga menyiapkan sajian makanan dapat Anda lakukan. Tak sulit bukan?

6. Cari tiket pulang termurah

Simpan sedikit rasa nyaman untuk perjalanan kembali pulang saat biaya menipis di perjalanan. Cari tiket yang paling murah untuk perjalanan pulang Anda. Anda bisa bertanya kepada petugas setempat atau mencarinya lewat promo.

Selain itu, cara mengeteng atau menyambung perjalanan dengan berbagai transportasi dan harga yang berbeda dapat menjadi pilihan Anda. Sedikit melelahkan memang, namun hal ini agar Anda bisa pulang!

7. Jangan boros saat sudah memegang uang

Seringkali Anda kalap jika sudah menerima uang hasil jerih payah untuk bertahan hidup selama traveling. Ingat, jangan sekali-kali boros saat sudah memegang uang di perjalanan. Simpan uang tersebut dengan baik dan tahanlah hasrat untuk berbelanja oleh-oleh.

Tahan juga keinginan untuk makan di rumah mewah. Pergunakan uang yang Anda pegang sebaik mungkin.

 

Sumber :

Selasa, 25/09/2012
Afif Farhan – detikTravel

Written by Joseph Setiawan

November 16, 2012 at 10:30 PM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] Travelling – Kehabisan Uang Saat Traveling? Lakukan 7 Hal Ini. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: