Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Beli Mobil Bekas Taxi ??????

leave a comment »

Banyak pilihan untuk mendapatkan sebuah kendaraan roda empat. Bila belum mampu mendapatkan mobil baru, konsumen bisa memilih mobil bekas. Pilihan mobil bekas pun bervariatif, salah satunya eks taksi.

Konotasi membeli kendaraan bekas taksi adalah kendaraan dengan kilometer yang panjang, fitur yang masih standar baik eksterior maupun interior, lalu kaki-kaki mobil yang sudah rapuh. Maklum mobil ini setiap hari menempuh perjalanan jauh dalam kurun waktu yang cukup lama.

Tapi, semua itu ada jalan keluarnya. Perusahaan taksi berlambang burung sebagai yang terbesar di Indonesia sudah dikenal sering melepas produknya yang telah melewati masa pakai lima tahun. Saat ini yang sedang in di pasaran mobil bekas adalah Toyota Vios, dan laris diburu konsumen.

Berdasarkan pantauan di pool taksi yang berlokasi di Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Depok, satu unit Toyota Vios lansiran 2005 dilepas ke pasaran dengan banderol sekitar Rp72 jutaan. Hanya harga tersebut masih berupa mobil standar taksi yang belum mendapat ubahan.

Bila ingin mendapat Vios yang lebih lux, bisa menambah biaya sebesar kurang lebih Rp5 juta. Anda akan mendapatkan velg racing, aksesoris antena, head lamp, jok baru, peredam lantai, trim, serta handle pintu yang berlapis kroom. Total biaya di atas sudah termasuk ongkos pengecetan ulang dengan pilihan tiga warna.

Perusahaan dengan warna identik biru ini juga memberikan kesempatan kepada calon pembeli untuk melihat lebih teliti lagi mobil yang akan dipilihnya. Pembeli juga boleh membawa mekanik atau ahli mesin untuk mengecek kesehatan mobil dan melakukan uji berkendara.

Untuk lebih memudahkan konsumen yang tidak ingin membeli tunai, pembelian ini juga bisa dilakukan dengan sistem angsuran. Pihak perusahaan memberikan pilihan leasing bila pembelian dilakukan secara kredit.

Beberapa tips memilih mobil eks taksi:
1. Datang langsung ke pool taksi untuk melihat kondisi mobil.
2. Tidak usah ragu untuk bertanya tentang detail mobil yang akan dipilih, terlebih bila melihat adanya kejanggalan, seperti bekas tabrakan atau kondisi mesin yang rusak.
3. Bila perlu, ajak kerabat yang memang mengerti mobil sebagai rujukan.
4. Taksi adalah kendaraan yang bekerja setiap hari, sangat wajar bila ada kerusakan termasuk di bagian kaki-kaki mobil. Siapkan uang lebih untuk memperbaikinya.
5. Cek dengan teliti kelengkapan mobil, termasuk interior di dalamnya dan semua sistem bekerja dengan baik.
6. Konsultasi dengan penjual atau perusahaan untuk memudahkan bila ada masalah di kemudian hari, seperti bila Anda ingin memperpanjang STNK atau balik nama STNK. Buat surat perjanjian di atas materai bila mendapatkan sebuah kesepakatan.

Sumber :
AUTOS » Auto Referensi
Beli Mobil Eks Taksi? Kenapa Tidak
Azwar Ferdian – Okezone
Kamis, 28 Juli 2011 12:39 wib

Written by Joseph Setiawan

September 14, 2011 at 12:57 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: