Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Persiapan berkendara jarak jauh dengan motor

leave a comment »

Sepeda motor masih dianggap sebagai sarana trasportasi paling efisien dan terjangkau untuk berkendara jarak jauh terutama mudik di Hari Raya Idul Fitri bagi sebagian dari masyarakat kita. Nah, bagi yang sudah berencana mudik menggunakan sepeda motor, sebaiknya mulai memikirkan persiapan agar perjalanan aman dan lancar tanpa gangguan teknis.

Inilah persiapan yang mesti dilakukan.
1. Jaga kondisi fisik lantaran mengendarai sepeda motor butuh energi ekstra. Jika kondisi lagi menurun menjelang mudik, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Jangan dipaksakan! Kalau berkendara dengan badan sakit, konsentrasi bisa terganggu, tekanan darah labil yang selanjut  mempengaruhi emosi.
2. Perkirakan barang kebutuhan yang akan dibawa. Jangan pernah membawa barang berlebih apalagi ruang dari kayu di belakang sepeda motor. Jika memang banyak barang yang dibawa, sebaiknya dikirim lebih awal.
3. Patuhi peraturan, sepeda motor tidak boleh dinaikki dua orang.
4. Siapkan kelengkapan berkendara, antara lain helm (minimal half face berlabel SNI), jaket (minimal lengan panjang dengan bahan kaku), hingga sepatu (berbahan keras, menutup semua kaki). Tak harus menggunakan kustom khas biker, yang penting bisa melindungi diri dari kondisi terburuk. Jangan lupa dengan jas hujan!
5. Simpan nomor telepon penting (darurat) dan bawa obat-obatan sebagai antisipasi dari berbagai kemungkinan.
6. Cek kondisi motor. Untuk yang satu ini perlu perhatian khusus. Periksa bagian berikut.

♦  Pastikan rem bekerja dengan baik, khususnya depan.
♦  Ban, jika sudah botak, sebaiknya diganti. Usahakan memakai ban standar agar memanggul beban dengan maksimal. Tekanan angin  harus pas dengan yang telah ditetapkan  pabrik. .
♦  Semua lampu harus berfungsi. Lampu depan (jauh-dekat), lampu sein dan rem harus masih menyala. Penting sebagai tanda untuk pemakai jalan yang lain.
♦  Kaca spion. Banyak yang menganggap remeh. Padahal, jika  terbiasa menggunakan spion dengan benar, kemungkinan ditabrak dari belakang jadi kecil.
♦  Mesin sepeda motor dalam kondisi prima. Servis atau bawa ke bengkel sepeda motorAnda dalam minggu-minggu ini kalau tidak angin antri lama.

 

Sumber :

Donny Apriliananda
Zulkifli BJ
Jumat, 3 Agustus 2012
KompasOtomotif

Written by Joseph Setiawan

October 18, 2012 at 11:25 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: