Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – McLaren MP4-12C

leave a comment »

Benua Asia bagi produsen otomotif dunia merupakan pasar yang masih sangat menjanjikan. Jumlah penduduk yang banyak, ekonomi yang terus menggeliat dan diiringi bermunculannya orang kaya baru menjadi daya pesona tersendiri bagi kawasan ini.

Tak pelak mereka pun berdatangan untuk menjajakan produknya. Tak terkecuali produsen mobil mewah nan mahal seperti McLaren Automotive.

Seperti dilansir The Nikkei Business Daily dan Nikkei.com, Selasa, 4 Oktober 2011, produsen mobil yang merupakan induk dari Tim Balap Mobil Formula Satu (F1) asal Inggris itu, mulai hari ini memasarkan mobil anyar besutannya, McLaren MP4-12C.

“Akhir bulan ini (akhir Oktober) perusahaan itu akan meresmikan anak perusahaannya di Singapura,” demikian bunyi laporan media bisnis asal Jepang itu.

Perusahaan tersebut, selain memasarkan, juga menyediakan layanan penjualan suku cadang, servis. Bahkan, menyediakan pembiayaan bagi calon konsumen yang ingin memiliki mobil tersebut.

Selain di Negeri Singa itu, McLaren juga membangun anak perusahaannya di Tokyo, Osaka, Hong Kong, dan Sydney. Sementara di Cina, menurut rencana, baru didirikan pada 2012 mendatang.

Target yang dipatok tak bisa dibilang kecil, yaitu 15-20 persen dari total penjualan di seluruh dunia. Di Inggris mobil yang diluncurkan Juli lalu itu dibanderol 168.500 poundsterling atau sekitar Rp 2,35 miliar (kurs 1 poundsterling = Rp 13.981).

Sebelumnya, seperti dikutip motorcrave.com, Ron Dennis, Presiden Direktur McLaren mengaku optimistis mobil besutannya itu akan diterima konsumen global, termasuk Asia. Nama besar McLaren di dunia balap serta keunggulan yang ditawarkan adalah modal utama untuk menjajakan mobil sport dua penumpang tersebut.

Dennis menyebut perusahaannya membekali MP4-12C dengan mesin medium McLaren M838T 3.800 cc V8 twin-turbo. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 608 daya kuda dan torsi 572 Newton meter.

Mobil itu, kata dia, mampu melesat hingga 320 kilometer (km) per jam dan bahkan hingga 400 km per jam. Akselerasi dari posisi diam (0 kilometer) ke kecepatan 100 km per jam bisa dicapai dalam tempo 10 detik.

ARIF ARIANTO
Selasa, 04 Oktober 2011
TEMPO Interaktif
foto
McLaren MP4-12C (mclarenautomotive)

Written by Joseph Setiawan

October 4, 2011 at 9:41 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: