Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Fitur Ini Wajib Dimiliki Mobil pada 2014

leave a comment »

Fitur Ini Wajib Dimiliki Mobil pada 2014

Industri otomotif dunia terus berkembang meski kini mengarah pada mobil ekonomis. Sejalan dengan itu, berbagai teknologi keselamatan pada mobil terus dikembangkan untuk menekan angka kecelakaan di jalan.

Salah satu teknologi yang akan menjadi populer di masa mendatang adalah Autonomous Emergency Braking (AEB) atau mobil akan berhenti seketika ketika ada benda di depannya. Teknologi ini bisa mengurangi angka kecelakaan.

Dilansir autoguide, Selasa (7/8/2012) teknologi AEB berdasarkan Popular Science mampu mengurangi angka kecelakaan hingga 25 persen sejak teknologi tersebut dikembangkan.

Karena itu Uni Eropa akan mengharuskan teknologi pintar tersebut pada setiap kendaraan baru. Efektifnya pada 2014 mendatang setiap mobil sudah teraplikasi sistem tersebut. Nantinya AEB ini akan menjadi syarat agar mendapatkan rating tertinggi dari Euro NCAP.

Saat ini pabrikan mobil di Eropa yang sudah menerapkan teknologi AEB adalah Mercedes-Bens, BMW, Volkswagen, Volvo, Porsche, Infiniti dan Subaru dan beberapa pabrikan lainnya.

Sayangnya dari banyaknya mobil yang menggunakan alat tersebut, hanya sebesar 20 persen mobil terjual di Eropa yang sudah dilengkapi AEB. Uni Eropa akan terus menggalakkan penggunaan komponen tersebut demi menekan angka kecelakaan.

Sistem tersebut bekerja menggunakan laser, radar. Mobil akan berhenti secara otomatis ketika benda apapun berada di depannya. Di Ford Focus teknologi serupa dinamankan Active City Stop. Fitur ini akan menghentikan Focus ketika ada benda di depannya dengan syarat mobil berada kecepatan rendah (30 km/jam). Kerja fitur satu ini menggunakan sensor lidar (Light Detection And Ranging) yang tersemat di bagian atas kaca depan.

Pabrikan Jepang seperti Lexus pun tengah menggodok fitur serupa. Dinamai Pre-Collision System (PCS). Ketika mobil melaju di jalanan, mobil akan mengerem langsung ketika mendeteksi ada pejalan kaki.

detikOto sempat mencoba sistem ini. Mobil berjalan dengan kecepatan 40 km per jam, di depan ada dummy seperti manusia, sekitar beberapa meter saat akan menabrak dummy tersebut, mobil otomatis berhenti mendadak, padahal pedal gas masih kita injak.

Sistem keamanan ini menggunakan stereo kamera yang berada di dekat kaca spion dan radar di bagian depan grille mobil. Begitu mendeteksi ada pejalan kaki, radar dan kamera langsung bereaksi dan memerintahkan komputer mobil untuk langsung menginjak rem, meski kaki kita masih berada di pedal gas.

Sumber :
Selasa, 07/08/2012
Muhammad Ikhsan
detikcom

Written by Joseph Setiawan

October 12, 2012 at 1:19 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: