Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Tips Radiator Suzuki SX4

with one comment

Apa yang menyebabkan kondisi overheat terjadi pada mobil dengan kondisi prima adalah :

1. Radiator pada mobil modern umumnya terletak lebih rendah dari letak mesin. Posisi letak yang lebih rendah menyebabkan udara yang terperangkap pada sistem pendinginan mesin tidak dapat keluar yang akan menyebabkan jumlah air yang dipompa untuk pendinginan mesin berkurang. Udara yang terperangkap tsb akan menaikan temperature mesin sehingga menyebabkan mesin menjadi overheat.
Sedangkan pada mesin mesin generasi awal umumnya posisi radiator lebih tinggi atau sejajar dengan mesin. Posisi yang lebih tinggi / sejajar dapat mendorong gelembung udara yang ada pada sistem pendinginan mesin keluar ke radiator dan dibuang melalui sistem air cadangan. Hal ini yang menyebabkan mesin generasi awal tidak akan ada masalah jika saat perggantian air radiator ada udara yang terperangkap pada mesin.

2. Analisa yang dilakukan tabloid otomotifnet.com adalah :
Masuk angin tidak hanya dikenal pada tubuh manusia. Di sistem pendingin mobil (terutama pendingin air) pun dapat terjadi udara masuk. Salah satu obat masuk angin dapat melihat tips dari komunitas Suzuki SX4 atau disebut SXCI (SX4 Community Indonesia).

“Jangan pernah menambah air radiator dari radiator cap (tutup radiator),” jelas Sri Tunjung Rianto, ketua umum SXCI memberi tips ringan tapi bermanfaat ini. Karena menurut Tunjung, kemungkinan udara menyelinap masuk ke cooling system sangat besar.

Sehingga dapat mengakibatkan masuk angin. “Mau lihat apa sih sebenarnya buka tutup radiator segala. Saya hanya sarankan isi atau tambah air melalui tabung reservoir,” tegas Andi Candra, service manager bengkel resmi Suzuki Fatmawati, Jaksel.

Soalnya, menurut Andi jika mengisi air dari radiator cap akan menimbulkan bubble atau gelembung udara di dalam saluran pendingin. “Jadinya yang di-pressure bukan fluida (air) tapi malah udara,” katanya.

Trus, efeknya apa terhadap kinerja mesin? Ada beberapa pengaruh yang dapat ditimbulkan. Kata Andi, terjadi panas yang menipu. Kalau dibiarkan, efeknya mesin bisa akibatkan power lost (tenaga mesin berkurang/hilang). “Lalu overheat,”ujar Andi.

Tapi, langkah di atas kan kebanyakan diterapkan di mobil-mobil Eropa? Memang benar, namun kata Andi, cooling system mobil-mobil sekarang sudah banyak mengadopsi teknologi Eropa. “Biasanya mobil yang rasio kompresinya sudah di atas 9:1. Kalau di Suzuki, ada di SX4, Grand Vitara dan Swift,” terangnya.

Nah, untuk menambahkan air pada tabung reservoir tadi juga enggak boleh sembarangan. Isilah air sesuai batas maksimal (tanda ‘Max’) yang tercetak di luar tabung. Sebab, “Kalau melebihi ‘Max’, membuat tekanan jadi lebih tinggi dan tidak baik bagi kerja water pump,” tutup Andi lagi.

Jika hal tsb diatas terjadi maka langkah mudah yang dapat dilakukan adalah membuang angin tsb melalui katup pembuang angin & pastikan bahwa level air radiator berada pada posisi yang cukup

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Pj | Editor : Bagja
Minggu, 25 September 2011
Tips Mobil
Obat Masuk Angin Suzuki SX4

Written by Joseph Setiawan

September 28, 2011 at 9:48 PM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Gan utk cara buang angin dimobil sx4 dimana ya sya cari2 gda ?

    yudi

    September 29, 2016 at 11:46 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: