Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Beberapa Ulasan Yang Bermanfaat Untuk Transmisi Otomatis

with 6 comments

Emilia, sebut saja begitu, pemilik Nissan Livina X-Gear 2008, sempat menelpon redaksi OTOMOTIF dan mengeluhkan seputar transmisi mobil kesayangannya ini. “Kenapa tiba-tiba enggak bisa mundur, ya? Padahal posisi tuas perseneling sudah di ‘R’,” keluh pemilik Livina X-Gear bertransmisi matik ini.

Sedikit endapan kotoran menyumpal langsung membuat matik ‘hang'(kiri). Lakukan pengecekan volume oli matik secara berkala karena kurang oli bisa jadi penyebab mobil ogah mundur(kanan).

Saat dikonfirmasi ke bengkel resmi Nissan, transmisi perlu dibongkar terlebih dulu untuk memastikan masalahnya. “Menurut pihak bengkel, estimasi biaya bisa menghabiskan sekitar Rp 14 juta,” ungkap karyawati ini.

Menurut pihak bengkel resmi Nissan, problem gigi mundur tidak bisa bekerja normal, bisa disebabkan banyak faktor. Semisal saja, bagian control valve yang mengatur dan membagi tekanan oli transmisi, ketebalan pelat gesek/kopling, jumlah oli matik di bak penampung dan masih banyak lagi.

Hal senada terungkap dari Novi Feryanto, kepala bengkel Tunas Toyota Cawang, Jaktim. Kabel solenoid putus atau hilang setrum juga bisa jadi penyebab mobil ogah mundur. “Apalagi matik zaman sekarang banyak mengusung perangkat elektronik,” ujar Novi.

Mau tak mau pemeriksaan intensif termasuk pada komponen solenoidnya sudah jadi keharusan. Paling tidak untuk memastikan tak ada endapan kotoran yang mengganjal.

“Bila setelah valve body dan valve control dibersihkan masih terdapat gejala slip, terpaksa overhaul total untuk memeriksa pelat kopling,” jelas Rio, Service Advisor Nissan TB Simatupang, Jaksel yang menangani keluhan Emil.

Pemicu terjadinya kerusakan pada gigi mundur ini, bisa jadi karena mobil jarang dipakai. Ada kecocokan bila melihat odometer Livina milik Emil yang total jarak tempuhnya hanya 50 ribuan km.

Lakukan penggantian oli matik lebih awal dari yang seharusnya

Begitu tertutup kotoran sedikit saja, transmisi matik yang sangat mengandalkan tekanan fluida langsung ‘hang’ karena lubang-lubang pada valve body (valve control) sangat kecil.

Kalau mobil jarang dipakai, mengganti oli matik seharusnya lebih cepat dari yang direkomendasi buku servis untuk menghindari oksidasi dan menurunnya kualitas pelumas secara drastis. Kemungkinan lain yang sering luput seperti volume pelumas matik yang di bawah takaran, juga bisa menjadi penyebab. “Untuk bisa mundur, diperlukan kuantitas oli lebih banyak ketimbang untuk maju,” tutup Novi lagi.

Transmisi otomatik, tentu diciptakan agar pengendaraan menjadi lebih nyaman, baik untuk pengemudi maupun penumpangnya. Bagaimana tidak, semua percepatan akan berpindah secara otomatis, sesuai dengan kondisi jalan dan putaran mesin. Tetapi, kenyamanan ini akan menjadi kondisi tidak menyenangkan. Misalnya perpindahannya tak berlangsung halus, ada sentakan yang seolah-olah tunggangan melaju seperti menunggangi kuda. Kenapa ya?

UTAMAKAN OLI

Belakangan, perjalanan Nita, seorang karyawati swasta sedikit terganggu. Suzuki Baleno matik keluaran 2000 kerap membuatnya tak nyaman. “Ketika sedang melaju, lantas pas perpindahan ‘gigi’ kaya tersentak,” ungkapnya.

Seperti terlambat, seharusnya sudah berpindah, tetapi masih pada posisi sebelumnya. Hal ini akan terasa bagi pengemudi yang terbiasa menggunakan mobilnya, alhasil secara refleks pedal gas sedikit diinjak karena ingin laju tunggangan lebih cepat, namun ternyata perpindahan pun berlangsung dengan kondisi tersentak.

“Saat melaju santai juga begitu,” lanjutnya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Menurut Edi dari Java Matic, di kawasan Daan Mogot, Jakbar, kejadian ini bisa saja terjadi. “Baik matik dengan sistem elektronik maupun konvensional,” ungkapnya.

Oli matik, penggantian dan pengurasan harus sesuai jadwal

Pada sistem konvensional, gejala ini bisa timbul ketika pelat kopling di dalam transmisi tidak bisa bergesekan dengan sempurna. “Seperti telat menerima gesekan setelah putaran dari mesin,” tuturnya. Hal ini terjadi dari berbagai macam sebab, salah satunya oli yang kekentalannya tidak sesuai. “Sehingga tekanannya tidak cukup untuk memutara sistem yang ada di transmisi,” ujarnya. Hal lainnya dari kampas koplingnya yang sudah aus.

Penyebab lainnya dari setelan kabel pemindah, yaitu kick down accelerator yang kurang pas. Pada sistem lama, masih mengandalkan kabel ini yang terhubung dengan pedal gas.

Sementara pada sistem elektronik, tentu lebih banyak kaitannya dengan keseluruhan sistem. “Bisa dari ECU, atau dari solenoid pada transmisi itu,” ungkapnya. Tentu penelusurannya jadi lebih kompleks.

Namun ada kesamaan di antara keduanya, yaitu jangan sampai lalai mengganti oli transmisi, karena semua perpindahan ini tergantung pada fluida tersebut. Oli baik, transmisi pun akan awet.

Sumber :

Senin, 26 September 2011
Tips Mobil
Transmisi Matik Susah Mundur, Harus Ekstra Teliti!
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Anton, Kl:X | Editor : Bagja | Foto : KLX, Dok.Otomotif

Selasa, 27 September 2011
Tips Transmisi Mobil
Ketika Perpindahan Transmisi Matik Menyentak, Beda Sistem Lain Problem
Sistem konvensional, masih mengandalkan kabel kick down accelerator
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Ben | Editor : Bagja | Foto : Johan, Reza, Manut, Dok Otomotif

Written by Joseph Setiawan

September 28, 2011 at 9:55 PM

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mhn petunjuk… Sy pemilik H.Jazz 2005 Matic β∂яυ beli 9bln dan sdh 3x ganti oli mesin tp Oli Matic blm sampai saat ini krn dicek terlihat msh bening/bersih dan mobilpun tdk ada keluhan. Pertanyaanny, seandainya Sy ganti apakah perlu dikuras total dgnn 2galon CVTF Honda (flushing) atau hanya perlu ganti biasa ajah ? Mengingat Sy baru kali ini merasakan pakai mobil matic. Terima Kasih…

    andres sugianto

    August 13, 2013 at 2:28 PM

  2. Captiva saat berjalan tiba2 berhenti maju mundur ga bsa,tp mesin mobil tetep hidup,itu penyebabnya knpa?trus oli mesin sering berkurang pdahal ga da kebocoran itu pa karna faktor pembakaran.

    yogo

    November 26, 2013 at 10:24 PM

  3. saya pakai escape 2008… sae berapakah oli mesinnya… dan gimana cara mengganti oli maticnya karena tidak saya temukan baut atau lubang tempat mengeluarkan oli maticnya

    medi iswandi

    March 2, 2014 at 10:41 PM

  4. audi saya lagi jalan kenceng tiba2 langsung pindah ke posisi p dari d. Padahal tuas masih di d. Knapa itu gan. Di tol kejadiannya ..!!? Untung gada yg nabrak

    hadi wibowo

    July 12, 2015 at 11:04 PM

  5. Mobil saya ada masalah pada trasmisi metik gak bisa mundur,tuas trasmisi jika mesin hidup trasa panas.. sudah saya masukan bengkel pindah” pun blm bisa sempurna,. Tlng gusy bantu ksh solusinya…

    agus

    July 15, 2015 at 4:01 PM

  6. Mobil saya pegout 206 bisa mundur tapi gak bisa maju

    sulton

    August 31, 2015 at 10:47 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: