Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Bakal Pesaing Xenia Avansa

with 3 comments

Bakal Pesaing Xenia Avansa adalah datang dari :

1. Rencana Nissan untuk menghadirkan mobil terbaru di pasar otomotif Tanah Air terus bergulir. Nissan kini dikabarkan tengah mengetes sebuah mobil MPV di Jakarta.

MPV itu adalah mobil NV200 yang menjadi taksi di New York AS. Pengetesan itu diakui bos Nissan Indonesia sendiri.

“Ooo NV200, ya kita sedang studi. Yang itu 1.5 liter. Kita sedang study dan belum tahu kapan diluncurkan. Akhir tahun atau awal tahun depan. Kita sedang studi,” kata Presdir PT Nissan Motor Indonesia Takayuki Kimura disela-sela media gathering di showroom Infiniti, Jalan TB. Simatupang, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Nissan mendatangkan NV200 langsung dari Jepang dalam bentuk CBU. Ada dua pilihan mesin NV200, pertama 1.500 cc dan 1.600 cc 16 valve yang memiliki kode HR16DE yang mampu menyemburkan torsi hingga 153 Nm. “NV200 yang itu CBU Jepang,” ucapnya.

Lantas Kimura pun membocorkan sedikit perihal keberadaaan NV200 di Tanah Air. Dengan sigap ia menyatakan jika benar resmi diluncurkan, posisi NV200 satu tingkat di bawah Nissan Serena.

(Sumber : Detik)

2. General Motor (GM) mengumumkan menambah investasi USD 150 juta atau sekitar Rp1,2 triliun untuk membuka kembali fasilitas pabrik di Bekasi, Jawa Barat. Pabrik itu nantinya akan merakit jenis mobil penumpang baru di pasar Asia Tenggara, yakni Chevrolet PM7 (People Mover 7-Seater).

Chevrolet PM7 merupakan proyek besar General Motors di segmen low MPV. Di Indonesia, segmen ini masih dikuasai Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Kabarnya, harganya pun bakal bersaing dengan kedua mobil itu.

“Kami akan mengaktifkan kembali pabrik GM Indonesia di Bekasi awal 2013. Di sini, kami akan merakit People Mover 7-Seater,” kata Presiden General Motors Asia Tenggara, Martin Apfel di Jakarta, Jumat malam 12 Agustus 2011.

Pada tahap awal, GM Indonesia akan memproduksi 40 ribu unit per tahun. “Indonesia akan menjadi basis produksi PM7 untuk kawasan ASEAN,” tegasnya. Namun, Martin belum mau menginformasikan model lain yang akan diproduksi, selain PM7.

Kebijakan pembukaan kembali pabrik di Indonesia yang sempat ditutup beberapa tahun lalu, kata Martin, sebagai upaya GM bersaing dengan pabrikan-pabrikan mobil asal Jepang, yang semakin dominan di pasar Indonesia maupun Asia Tenggara. “Kami tidak takut dengan kompetitor lainnya, terutama produsen Jepang,” ujar Martin. “Dengan produk mobil berkualitas, nyaman, aman tentunya itu jadi modal utama kami untuk bisa menguasai pasar otomotif Indonesia,” katanya.

Tahun lalu, penjualan GM di Indonesia meningkat 72 persen atau mencapai 4.500 unit. Pada semester pertama 2011, penjualan GM juga meningkat 18 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 2.500 unit.

(Sumber : Vivanews)

Sumber : APG

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 11:28 AM

3 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] sumber : https://josephsetiawan.wordpress.com/automotive-bakal-pesaing-xenia-avansa/ […]

  2. Ohon info perkiraan harga jual, terimakasih

    heri

    February 12, 2012 at 10:57 PM

  3. Sorry baru lalas sekarang sehubungan dengan kesibukan kerja. Perkiraan harga seharusnya pada rentang 150 s/d 200 juta. Sincerely. Joseph

    Joseph Setiawan

    March 4, 2012 at 10:38 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: