Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – VGT (Variable Geometry Turbo) atau VNT (Variable Nozzle Turbo)

with one comment

VGT (Variable Geometry Turbo) atau VNT (Variable Nozzle Turbo) adalah Turbo yang dilengkapi dengan sirip-sirip kecil di sekitar Turbin (baling-baling di jalur exhaust) yang mana sudut sirip-sirip tersebut bisa berubah-ubah tergantung pada putaran dan beban mesin. Fungsi sirip-sirip tersebut adalah untuk mengarahkan arus gas buang agar semburan gas buang untuk mendorong Turbin bisa lebih kencang, khususnya saat mesin berputar pada RPM rendah, dengan tujuan meminimalisir Turbo Lag atau membuat Turbo bekerja seawal mungkin.

MEKANISME SIRIP-SIRIP PADA TURBO VGT :

Ketika mesin berputar pada RPM rendah posisi sirip-sirip agak menutup.

Sirip-sirip yang agak menutup, membuat tekanan yang kuat meniup baling-baling turbin sehingga turbin berputar lebih cepat.

Ketika mesin berputar pada RPM tinggi posisi sirip-sirip membuka.

Sirip-sirip yang membuka, meloloskan sebagian besar gas buang untuk menjaga agar Turbin tidak berputar sampai “Over Spin” sekaligus membatasi tekanan udara oleh Turbo (Turbo Boost) agar tidak melebihi batas maksimum yang telah ditentukan.

Sumber :
APG

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 12:03 PM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. izin share Gan

    Gunawan.R.U

    August 17, 2015 at 11:31 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: