Automotive : Penyebab Mesin Mobil Panas (Overheat)
Penyebab Mesin Mobil Panas (Overheat)
Banyak faktor yang membuat suhu mesin meninggi alias panas (overheat). Salah satu di antaranya sistem pendinginan mesin yang jarang mendapat perhatian, termasuk mengecek kondisi air radiator pun sering terlupakan. Padahal, pengerjaannya tidak lebih dari lima menit (termasuk menambah air radiator). Berikut penuturan Heron, Kepala Mekanik R Speed di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, mengenai penyebab overheat dan penanggulangannya.
1. Mampet
Radiator mampet yang disebabkan oleh karat akibat kadar air bereaksi dengan blok mesin. Biasanya, kotoran tersebut ‘nyempil’ di kisi-kisi radiator mengakibatkan sirkulasi air menjadi tidak sempurna. Solusinya, servis radiator dan jika gejalanya sudah tergolong parah maka kisi-kisi harus diganti. Ada 2 cara pencegahan medsin panas, yaitu lakukan penggantian air radiator setiap 20.000 km dan gunakan carian anti karat.
2. Air berkurang
Nah, inilah pentingnya mengecek kondisi air sebelum bepergian. Jika volume air berkurang cukup banyak (sebotol Aqua 600 ml atau lebih) menandakan adanya kebocoran. Bisa berasal dari selang yang sudah getas, sambungan selang atau dari sil dan pegas tutup radiator yang sudah tidak berfungsi baik. Kebocoran dari tutup radiator biasanya terlihat adanya bekas karat disekitarnya yang mengering. Segera ganti tutup radiator, sementara untuk kebocoran dari selang dan sambungan lakukan perbaikan di bengkel resmi atau langganan Anda.
3. Kipas lemah
Biasanya hal ini terjadi akibat motor kipas yang sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga putarannya kurang kencang. Biasanya hal ini teridentifikasi ketika ngebut, temperatur naik, namun ketika pelan suhu cenderung aman. Bisa juga dari kipas tambahan (bagi yang menggunakan), untuk mencari tahu cukup dengan menyalakan AC. Jika ada kerusakan maka kipas tidak akan berputar atau temperatur lambat laun naik. Solusinya adalah mengganti motor kipas tersebut, atau jika sudah parah biasanya kipas juga ikut diganti karena biasanya mengalami kerusakan di porosnya.
4. Oktan tidak sesuai
Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang tidak sesuai – biasanya lebih rendah – bisa mengakibatkan mobil knocking (ngelitik). Jika terus dibiarkan maka kecenderungannya mesin akan panas. Rasio kompresi dan setingan waktu pengapian (timing) – untuk mobil yang masih menggunakan distributor – harus sesuai dengan BBM.
Penanggulangan Darurat
Biasanya diawali dengan munculnya ngelitik yang berlebih pada mesin. Bagi yang menggunakan indikator jarum biasanya akan terlihat peningkatan suhu. Sementara yang memakai gambar, mesin akan langsung mati ketika overheat.
Jika hal itu terjadi, segera pinggirkan mobil ke tempat yang aman, pasang segitiga pengaman agak jauh dari mobil. Tunggu beberapa menit sampai suhu mesin turun, bisa dibantu dengan menyiram air di radiator jika mencukupi. Setelah dingin, cek kondisi air. Perhatian, ketika membuka tutup radiator, pergunakan juga kain tebal (jika tutup masih panas) dan putar secara perlahan. Jika ada tekanan air, tutup radiator ditekan sambil diputar perlahan. Jika sudah terbuka dan ternyata volume air masih penuh, tutup kembali radiator dan jika temperatur sudah normal, bawa mobil ke bengkel terdekat.
Sumber :
Aris F.Harvenda
Bastian
Minggu, 1 April 2012
KompasOtomotif
[…] Automotive : Penyebab Mesin Mobil Panas (Overheat). Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. […]
Automotive : Penyebab Mesin Mobil Panas (Overheat) « Joseph Setiawan's Blog
October 12, 2012 at 1:55 AM
Bung Joseph ford fiesta th 2010 Trendy saya tidak ada indikator temp. Yang saya mau tanya bagaimana cara aktifkan fiture tersembunyi
agus husein
January 10, 2018 at 7:36 AM
Mobil sy odessey thn 2001 radiator sdh d servis termostart sdh ganti slang slanng dak ada yang bocor oli tdk campur air d cek d busi semua kring rata motor normal.mohon penjelasanya.trms.
muhammad failani
June 23, 2014 at 9:33 AM
bg mau nanya ni mobil ford saya bila memasuki tanjakan air radiatornya panas , apa ya solusinya
hendra
June 23, 2014 at 2:26 PM
Om,mau Tanya nih..,mobil saya hyundai acent 2004,kmaren habis ganti karet,sil dan lainnya,..,tiba tiba habis dari bengkel air cadangan radiator nyembur skalian asapnya,.kira kira apa ya om penyebabnya?.thx
junio
September 5, 2014 at 6:15 PM
Mas…..mbl crv sy diwaktu jakan mesin perjalanan 30 menit …jarum amper nya posisi di tengah strip skalameter…apa termasuk normal apa ada karusakan ….? Trms
Wawan Setiawan
November 18, 2014 at 6:51 AM
[…] Automotive : Penyebab Mesin Mobil Panas (Overheat … – Penyebab Mesin Mobil Panas (Overheat) Banyak faktor yang membuat suhu mesin meninggi alias panas (overheat). Salah satu di antaranya sistem pendinginan mesin …… […]
Kain Ford London - Fashion dan Belanja Jadi Satu
February 22, 2015 at 4:11 AM
mas minta pndapatnya dikit mas kenapa ya mas mesin mobil honda city saya panas trus menerus padahal dekselnya udh di servis,selang udh di gnti semua ap lg ya mas pnyebabnya tolong mas,makasi mas sebelumny
muhammad rizky
June 21, 2015 at 11:10 PM
wow, awesome!
coool-shop
May 27, 2017 at 11:32 AM