Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – New BMW 3 Series

leave a comment »

Meski lebarnya menyusut 4 mm sehingga menjadi 1,81 m, namun tinggi bertambah 9 mm sehingga menjadi 1,429 m. Sehingga, jarak sumbu roda bertambah 50 mm dan menjadi 2,81 m. Berubahnya beberapa dimensi itu juga menyebabkan tingkat kelapangan interior. Terbukti, ruang untuk kaki atau jarak antara kursi belakang dengan depan bertambah 15 mm. Hal serupa juga terjadi pada ruang untuk kepala yang mengalami penambahan 8 mm.

Keempat varian yang bermesin 2.000 cc Twin Power Turbo tersebut ditawarkan dalam dua pilihan mesin yaitu bensin dan diesel. Untuk varian bermesin bensin328i bertenaga 245 daya kuda (dk) dan 335i bertenaga 306 daya kuda. Sedangkan varian bermesin diesel, 320d diklaim memiliki tenaga hingga 184 dk dan 320d Effiecient Dynamics bertenaga 163 dk. Semua varian menggunakan transmisi otomatis 8 tingkat kecepatan.

Meski tak menyebut angka besaran konsumsi bahan bakar (BBM), namun BMW mengaku sedan Seri3 anyar memiliki keiritan BBM yang lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. Hal itu berkat penyempurnaan aspek aerodinamika bodi maupun fitur penunjang yang ada di mobil.

Koefisien drag atau tingkat hambatan dipangkas hingga menjadi 0,26. Selain itu pada peranti Auto Start-Stop yang merupakan bagian dari Efficient Dynamics dipadukan dengan teknologi pengereman Brake Energy Regenerative.

Ihwal kenyamanan, BMW mengaku menyuguhkan fitur Drive Performance Control. Selain untuk kenyamanan, peranti tersebut juga bermanfaat untuk mengontrol gaya mengemudi yang hemat BBM. Ada sejumlah gaya berkendara yang disediakan yaitu Eco Pro, Comfort, Sport, dan Sport Plus.

Tak cuma itu. BMW juga menawarkan kenyamanan berkat penggunaan komponen sistem suspensi yang mumpuni. Pada roda depan digunakan double wishbone, sedangkan di roda belakang menggunakan multi-link sektor yang dilengkapi seperangkat peranti pengontrol getaran.

BMW juga menyediakan serangkaian fitur penunjang keamanan berkendara. Diantara fitur itu adalah Dynamic Stability Control (DSC), yang meliputi peranti Anti-lock Braking System (ABS), Automatic Stability Control (ASC), Dynamic Traction Control (DTC), Dynamic Brake Control (DBC), serta Cornering Brake Control (CBC).

Menariknya, untuk mengoperasikan berbagai fitur tersebut, termasuk fitur hiburan cukup mudah. Pasalnya BMW menyatukan dalam satu peranti yang bernama iDrive dan dipasang di konsol tengah. Semua informasi tentang fitur dan sistem navigasi ditampilkan di sebuah layar yang sangat mudah dilihat.

ARIF ARIANTO
Sabtu, 15 Oktober 2011 | 19:38 WIB
TEMPO Interaktif

Written by Joseph Setiawan

October 21, 2011 at 3:35 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: