Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Menjaga Kesegaran Interior kendaraan

leave a comment »

Mobil yang kita pakai selama bertahun-tahun biasanya aroma interiornya akan berubah, apalagi jika kita jarang membersihkan interior.

Berikut teknik-teknik yang mudah diterapkan pada mobil kesayangan kita:

1. Bersihkan interior mobil secara teratur dengan vacuum cleaner.

Interval pembersihan tergantung tingkat penggunaan mobil, misalnya saja seminggu sekali untuk mobil yang dipakai tiap hari (rumah-kantor PP). Vacuum karpet mobil yang terkena kotoran, juga terutama karpet di bawah dashboard mobil, karena system AC mobil menghisap udara dari bawah dashboard.
Bagi mobil-mobil dengan Double Blower dengan Vent yang menyatu di langit-langit atau dinding panel samping belakang, perhatikan area hisap system AC belakang yang biasanya ditandai dengan kisi-kisi di panel samping belakang, maka jaga kondisi karpet daerah sekitar agar tetap bersih.

2. Karbon Aktif

Boleh taruh karbon aktif untuk menyerap bau seperti yang dijual di supermarket (kemasan kotak) sebanyak 2-3 kotak pada interior mobil dan ganti setiap 6-7 bulan sekali.

3. Ionizer / Plasmacluster untuk Mobil

Beberapa tipe alat Ionizer / Plasmacluster untuk mobil cukup efektif untuk mengusir bau-bauan yang tidak diinginkan. Test ini telah dilakukan oleh Team APG pada beberapa mobil pribadi milik Team APG.

4. Filter AC

Bagi mobil-mobil yang dilengkapi filter AC, maka filter AC dapat dibersihkan secara berkala dan diganti jika sudah sangat kotor. Lokasi filter AC biasanya di kolong dashboard dekat Blower AC.

5. Evaporator AC

Evaporator AC yang sudah sangat kotor dapat berpotensi menjadi media tumbuh berkembangnya jamur. Jika sudah sangat kotor maka harus dibersihkan.

6. Parfum Mobil

Hati-hati dengan Perfum mobil, karena pada beberapa kendaraan tertentu ada jenis-jenis parfum tertentu yang dalam jangka panjang dapat membuat aroma udara AC menjadi terasa agak asam, walau hal ini belum tentu terjadi pada mobil-mobil tipe lainnya serta parfum-parfum mobil tipe lainnya. Jadi sebelum memasang suatu parfum pada mobil Anda, konsultasikan terlebih dahulu kepada para pemilik mobil yang sama seperti mobil yang Anda miliki. Hindari parfum-parfum mobil dengan aroma yang kuat atau menyengat.

7. Mobil = Lemari = Gudang

Jika memang tidak benar-benar dibutuhkan, maka keluarkanlah barang-barang yang tidak perlu dari mobil, karena berbagai jenis barang yang berada dalam jangka waktu lama di mobil akan mengeluarkan suatu aroma tertentu atau bahkan Volatile Organic Compound, terutama saat mobil diparkir di tempat panas. Perkecualian jika barang-barang yang selalu dibawa di mobil adalah barang-barang sangat penting yang menunjang aktivitas pekerjaan atau dagangan Anda.

8. Jika Bau Akibat Interior Lembab

Jika Interior Lembab oleh beberapa faktor external misalnya sering kena cipratan air hujan atau sering bawa barang-barang yang basah, jika hanya sedikit lembab maka bisa dibersihkan dengan obat pembersih karpet + vacuum dengan vacuum cleaner tipe ‘wet’ dan sesudahnya keringkan dengan hair dryer.

Jika kelembaban karpet tinggi maka lepaslah karpet mobil, cuci sampai bersih dan jemur sampai benar-benar kering, bisa dilakukan sendiri atau dilakukan di tempat yang biasa mencuci karpet mobil atau salon mobil. Karpet yang lembab dapat menjadi media tumbuhnya jamur atau bakteri.

9. Menggunakan jok kulit memang menambah kenyamanan dan kemewahan interior mobil Anda. Namun untuk menjaga keawetan jok kulit itu sendiri, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

– Lakukan pembersihan segera saat terkena noda. Cukup gunakan kain lap dan chamois yang dibasahi dengan air. Jangan pernah menggunakan bahan kimia keras untuk membersihkan noda, misalnya : alkohol, acetone, dan deterjen.

– Lakukan pembersihan rutin setidaknya 2 bulan sekali dengan menggunakan air bersih dengan campuran Sabun Bayi yang memiliki nilai pH netral. Usapkan pada sekujur jok dan keringkan segera dengan kain lap katun bersih.

– Gunakan “Leather Conditioner” secara berkala setiap 3-4 bulan sekali untuk menjaga kelembaban kulit. Leather conditioner dapat dibeli di toko aksesoris otomotif atau supermarket.

– Hindari parkir ditempat yang terik atau gunakan Sun Visor untuk menutupi jendela pada saat hendak memarkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

10. Kadang-kadang kita mengalami kabin mobil menjadi beraroma bau tak sedap, misal seperti saat kita buka jendela untuk membayar tol / parkir, lalu aroma asap truk / bus ada yang masuk ke kabin atau mungkin salah satu penumpang, maaf… buang “gas” di dalam mobil.

Solusi cepat mengusir bau-bauan tidak sedap di kabin mobil sewaktu kita berkendara bisa dilakukan dengan menurunkan sedikit jendela depan sisi kanan dan jendela belakang sisi kiri, atau sebaliknya.

Mengapa ?
Agar terjadi saluran masuk dan keluar bagi udara yang melewati kabin mobil, mendorong bau-bauan tak sedap keluar kabin.

Setelah bau di kabin hilang maka segera tutup kembali kedua jendela.

Selamat mencoba…
Sumber :
APG

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 8:16 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: