Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – 5 Hal yang Wajib Dihindari Kalau Mudik Naik Motor

leave a comment »

5 Hal yang Wajib Dihindari Kalau Mudik Naik Motor

 

Mudik dengan motor menjadi pilihan banyak orang karena murah meriah dan tak terlalu terjebak macet. Tapi jangan salah berkendara motor jarak jauh juga perlu persiapan.
Saat ini masih banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor kurang memperhatikan keselamatan diri sendiri. Akibatnya angka kecelakaan pemudik sepeda motor terus meningkat.

Jika tidak ingin terhindari dari kecelakaan, haruslah mematuhi peraturan rambu lalu lintas dan berperilaku baik di jalan. Selain itu pastikan menggunakan alat pengaman seperti helm, sarung tangan serta sepatu.

Di luar itu selain servis motor, memperhatikan kelistrikan motor dan perhatikan grip ban, ternyata masih banyak indikasi yang membuat aktivitas mudik kita lebih nyaman. Berikut beberapa hal yang harus kita hindari saat mudik naik motor.

1. Jangan bawa barang berlebihan

Kendaraan motor bukan mobil yang bisa menampung barang bawaan banyak. Membawa barang dengan mobil saja ada aturannya apalagi sepeda motor. Bawa barang secukupnya saja. Jika ingin lebih aman, gunakan box yang diletakkan di belakang motor.

2. Boncenger lebih dari 1

Nah, apabila Anda salah satu yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan motor, hendaklah perhatikan keselamatan penumpang. Usahakan boncenger jangan lebih dari 1.

3. Tidak menggunakan masker, jaket.

Bawa masker untuk menutupi hidung. Perjalanan mudik tentu akan diwarnai kondisi medan berdebu hingga asap knalpot. Sayangi paru-paru Anda. Selain itu pakai jaket senyaman mungkin. Ada lagi yakni tidak membawa jas hujan. Cuaca yang tidak bisa diprediksi akan membuat perjalanan mudik Anda terganggu.

4. Memodifikasi motor

Servis motor sebelum mudik adalah hal yang tepat. Akan tetapi jika memodifikasi motor adalah hal yang salah. Kondisi motor yang standar tidak ada salahnya.

5. Tidak membawa peta

Harap bawa peta perjalanan mudik. Ini sangat penting untuk mengetahui tempat-tempat seperti tempat persinggahan, posko lebaran untuk peristirahatan.

 

Sumber :

Jumat, 10/08/2012 13:51 WIB
Muhammad Ikhsan
detikcom

Written by Joseph Setiawan

October 12, 2012 at 1:26 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: