Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Panduan ringan memilih mobil bekas

leave a comment »

Panduan Ringan Memilih Mobkas

1. Perhatikan Bagian Eksterior
Salah satu langkah sebelum membeli mobkas adalah dengan melihat sisi eksterior. Maklum saja, lantaran pada bagian ini menjadi salah satu yang mudah terlihat. “Bisa dilihat di sekeliling kaca, lantaran karet kaca yang tidak rapat mengapit dengan bodi, biasa­nya ada ruang menyimpan air. Beberapa mobkas ditemui, bodi tampak karat. Bahkan ada juga yang sampai bolong. Perbaikan bisa dilakukan dengan mengganti karet kaca plus pengelasan,” bilang Wiyono yang membuka usaha perbaikan dan pengecatan bodi di bilangan Sentra Onderdil BSD, Tangerang, Banten.

Lanjutnya, tampilan warna dan berkas goresan bisa diperhatikan dengan bantuan sinar lampu. Biasanya, bila ada pengecatan ulang dengan warna yang berbeda atau mirip akan tampak terpisah pada garis nat atau setelah lekukan plat,” ujar Wiyono lagi.

Sementara itu, masih menurut Wiyono, guna memastikan bodi belum pernah mengalami tabrakan ringan ataupun berat, bisa dilihat pada bagian pintu. “Cobalah pintu ditutup dengan rapat dan mengayun dengan mudah,” bilangnya.

2. Perhatikan Bagian Interior
Masih menurut Wiyono yang juga membuka usaha car care dan kerap melayani permintaan oprak-oprek interior mobkas, bahwa calon pembeli harus ekstra perhatian terhadap kabin yang pernah terendam banjir. Tidak sedikit yang menemukan bekas air pada bagian karpet dasar, kick panel dan firewall. “Jangan ragu membuka sebagian karpet guna memastikan kondisi karpet dasar bukan bekas terendam banjir,” bilangnya.

Lanjutnya, jangan ragu membuka jok yang sudah dibungkus ulang dengan material kulit atau versi imitasi. Pasalnya, masih menurut Wiyono, tidak sedikit penjual yang membungkus jok guna menyembunyikan kekurangan.

Wiyono juga mengingatkan untuk memeriksa semua kelengkapan kabin, termasuk fitur pada dashboard. Termasuk di dalamnya, ragam panel indikator hingga peranti audio. “Maklum saja, banyak calon pembeli yang melewatkan bagian terkecil di dalam kabin,” bilang Wiyono

3. Perhatikan Bagian Kaki-Kaki
Biar Anda merasa nyaman saat mengendarai kendaraan, jangan cepat mengambil keputusan untuk membeli sebuah kendaraan. Salah satunya adalah dengan mengecek bagian kaki-kaki. Maklum saja, kondisi kaki-kaki yang fit membuat kenyamanan dan keamanan perjalanan akan menjadi lebih baik.

Nah, agar lebih mudah pengecekannya, bisa dimulai dengan kaki-kaki bagian depan, sekaligus sebagai perangkat untuk belok. Salah satu yang harus dicek adalah balljoint yang punya beban kerja cukup tinggi dengan cara menggoyangkan ban ke atas dan bawah saat mobkas dalam kondisi tergantung.

Kemudian salah satu yang tidak bisa terlupakan adalah tierod end. Perangkat yang menghubungkan roda dengan roda kemudi ini juga sering bermasalah karena setiap hari diajak gerak untuk belok kiri dan kanan. Nah, pengecekan bisa dilakukan dengan menggoyangkan ban ke kiri dan kanan dalam posisi menggantung

4. Perhatikan Bagian Mesin
Nah, bagi yang awam, silakan membawa rekan yang mengerti perihal mesin. Namun, untuk mudahnya, calon pembeli bisa mendengar suara mesin. Semisal terdengar suara ketukan yang beraturan setelah putaran mesin ditambah.

Selanjutnya, hindari membeli mobkas dengan asap knalpot yang mengeluarkan warna putih. Pasalnya, asap putih menandakan kondisi ring piston macet atau liner yang sudah aus. Selain itu jika asap mengepul setelah pedal gas diangkat, kemungkinan sil klep yang sudah aus. .

“Selain itu, pastikan tidak ada ceceran oli berwarna hitam dari bagian kolong mobil” jelas Usman Adie, manager service Tunas Toyota. Kondisi ini berbeda dengan ceceran warna merah yang artinya power steering sudah mulai bermasalah.

5. Perhatikan Bagian Audio

JAKARTA – Dari banyak fitur di dalam kabin yang sering ditukar pemilik mobil sebelum transaksi adalah peranti audio. Maklum saja, peranti pemanja telinga ini masih terbilang bagus harganya di bursa audio seken. Alhasil, andaikan itu terjadi, Anda harus jeli menguji in car entertainment itu agar tak perlu keluar banyak biaya lagi.

“Cara pengujian head unit pada mobil bekas adalah dengan mengecek penerimaan radio,” bilang Andrei Widjaya, juragan Bassindo Audio, di kawasan Kelapa Gading, Jakut. Lanjutnya, caranya adalah dengan mengetahui auto seek (pencarian siaran radio otomatis) bisa scanning atau tidak. “Nah, bila kurang maksimal, berarti tuner radio sudah lemah,” ujarnya.

Berikutnya, bagi yang punya layanan CD, bisa diperiksa dengan cara masukan kepingan CD ke dalam slot. “Lalu perhatikan, apakah optik dapat membaca CD dengan baik atau tidak muncul respon ‘error disc’ atau ‘no disc’. Bila hal ini dijumpai, berarti optik CD sudah lemah.

Sementara itu untuk speaker, bisa periksa dengan cara menyetel lagu yg agak ngebeat, bila terdengar suara cacat pada speaker, berarti voice coil pada speaker sudah terbakar.

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Penulis : H4D1 | Editor : Bagja | Foto : H4D1

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 7:13 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: