Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Travelling – Mendadak Pulang Saat Traveling, Segera Baca 5 Kiat Ini!

with one comment

Terkadang, agenda traveling tak berjalan semulus yang diinginkan. Misalnya saat Anda mendadak harus pulang karena urusan pekerjaan, keluarga, atau hal-hal mendadak lainnya. Apa saja yang harus dilakukan?

Kalau Anda menerima panggilan telepon, SMS, email, atau pemberitahuan apa pun tentang hal mendadak saat traveling, jangan dulu panik. Kehilangan waktu liburan memang sangat menyebalkan, tapi jangan biarkan waktu Anda terbuang percuma. Cobalah berpikir taktis dan lakukan 5 hal berikut ini, seperti dihimpun detikTravel, Senin (17/9/2012):

1. Hitung waktu yang tersisa

Kalau Anda sedang di tengah-tengah perjalanan, segera hitung waktu yang tersisa. Berapa jeda waktu yang Anda punya sebelum waktu kepulangan? Misalnya, waktu setempat menunjukkan pukul 15.00 dan Anda harus tiba di bandara/ stasiun/ terminal pukul 21.00. Berarti, jeda waktu yang Anda miliki adalah 6 jam.

Coba alokasikan waktu untuk pulang ke hotel, packing, dan lamanya perjalanan menuju bandara. Kalau Anda berada jauh dari hotel, batalkan itinerary selanjutnya dan kembalilah ke hotel. Anda yang punya waktu cukup renggang juga lebih baik kembali ke hotel. Acara jalan-jalan bisa dilanjutkan saja di sekitar hotel tempat Anda menginap.

2. Pesan tiket via internet atau telepon

Manfaatkanlah waktu perjalanan pulang Anda dengan memesan tiket pesawat/ kereta. Kalau sebelumnya Anda memesan tiket pesawat PP, coba konsultasikan dengan maskapai bersangkutan tentang perubahan jadwal pesawat.

Untuk perubahan ini Anda akan dikenakan biaya tambahan, namun tak semahal harga 1 tiket. Hal ini juga sangat bergantung pada ketersediaan kursi pesawat. Maka segeralah pesan tiket, lebih cepat lebih baik.

3. Packing, dan pastikan tak ada yang tertinggal

Manfaatkan waktu sebaik mungkin saat Anda tiba di hotel. Mulailah membereskan barang bawaan, packing, dan mengecek kembali semua isi tas Anda. Kalau punya waktu lebih, Anda bisa berbenah terlebih dahulu. Istirahat dan mandi akan menyegarkan tubuh Anda sebelum beranjak pulang.

4. Batalkan itinerary

Sayang memang, Anda tak sempat berkunjung ke beberapa destinasi yang awalnya telah direncanakan. Tapi berapa pun sisa waktu liburan, batalkan segala itinerary Anda. Ingat, Anda harus segera pulang karena urusan mendadak atau penting.

Kalau Anda traveling tanpa menggunakan agen perjalanan, tentunya hal ini lebih mudah dilakukan. Namun kalau Anda ikut tur perjalanan, diskusikan dengan pemandu wisata untuk membantu Anda pulang saat itu juga.

5. Belanja di bandara

Agenda belanja yang biasa dilakukan hari terakhir liburan terpaksa harus dibatalkan. Tapi tenang saja, Anda bisa mengalokasikan sedikit waktu untuk berbelanja di bandara. Datanglah ke bandara lebih cepat untuk check in, dan habiskan waktu yang tersisa untuk membeli oleh-oleh. Memang lebih mahal, tapi dari pada tidak sama sekali?

 

Sumber :

Senin, 17/09/2012
Sri Anindiati Nursastri – detikTravel

Written by Joseph Setiawan

November 16, 2012 at 10:41 PM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] Travelling – Mendadak Pulang Saat Traveling, Segera Baca 5 Kiat Ini!. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: