Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Mobil Murah Hyundai H800

leave a comment »

Produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai, sedang merakit mobil compact murah dengan kode HA (H800). Autocar India mengungkap nama mobil tersebut adalah Eon yang siap bersaing dengan Maruti Suzuki Alto.

Eon yang memiliki arti ‘Identitas Tanpa Batas’ akan menggantikan posisi Hyundai Santro yang telah hadir sejak 13 tahun lalu. Mobil ini bakal menggunakan mesin tiga-silinder berkapasitas 800 cc dengan tenaga diprediksi 50 hp.

Dari rendering foto, desain yang digunakan menunjukkan paras modern dengan aura garis-garis tegas, layaknya model-model pabrikan asal Negeri Ginseng saat ini.

Eon diklaim bakal memiliki interior yang lebih baik dari Alto dengan banderol sekitar Rp 50 jutaan.
Diperkirakan mobil jenis City Car ini akan dirilis Oktober 2011 di India.

Kehadiran Hyundai Eon juga diprediksi mengancam eksistensi dari mobil murah milik Tata Motor. Terlebih, pesanan mobil ini mereda setelah beberapa mobil terbakar dan menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan Tata Nano. Bahkan, penjualannya turun dari 20 ribu menjadi 509 unit dalam sebulan.

Hasil test drive :
Setelah akhir Mei lalu tertangkap kamera tengah melakukan uji jalan mobil mungil berbanderol murah, Hyundai H800, kini Hyundai Motor India kembali kedapatan melakukan uji mobil tersebut di jalanan Chenai, India.

Seperti dilansir indiancarsbikes.in, Kamis, 16 Juni 2011, dalam prosesi uji itu Hyundai tak membungkus semua bagian mobil dengan selubung penyamaran. »Sehingga beberapa bagian cukup terlihat jelas,” laman itu menulis.

Bila gambar-gambar hasil jepretan para pewarta foto yang mengabadikan proses uji itu dicermati, akan terlihat mobil ini menggunakan konsep desain dengan filosofi fluidic atau mengalir. »Bumper depannya besar,” ujar sumber yang menyaksikan prosesi uji jalan itu.

Sebelumnya, seperti dilansir The Economic Times dan motorbeam.com, Rabu, 8 Juni 2011, seorang sumber di Hyundai India menyebut, H800 mengusung mesin 800 cc tiga silinder yang bertenaga 60 daya kuda.

Hyundai juga melengkapinya dengan beberapa teknologi terkini, di antaranya Variable Valve Timing (VVT) injeksi. “Jadi, konsumsi bahan bakarnya irit,” kata dia.

Sumber itu juga memastikan mobil itu akan diluncurkan akhir tahun ini dengan harga sekitar 2 lakhs rupee atau sekitar Rp 38 juta. »Harga bahan bakar yang terus merangkak naik dan suku bunga yang membubung, konsumen kini mencari mobil yang irit,” imbuh sumber itu.

Arvind Saxena, Direktur Penjualan dan Pemasaran Hyundai Motors India Ltd, mengatakan mobil itu akan dipasarkan ke berbagai negara. Namun, pada tahap awal dipasarkan di India.

“Ia akan bersaing ketat dengan mobil besutan Suzuki Maruti, yaitu Suzuki Maruti Alto,” kata Saxena.

Sumber :

Kamis, 16 Juni 2011 | 10:41 WIB
Hyundai Gelar Uji Pamungkas Mobil Mungil H800  
TEMPO Interaktif
ARIF ARIANTO

Vivanews dan APG
04 September 2011

Written by Joseph Setiawan

September 4, 2011 at 7:49 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: