Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Awas, Aksesori di Mobil Bisa Berbahaya

leave a comment »

Awas, Aksesori di Mobil Bisa Berbahaya

 

Menaruh pernak-pernik di dalam mobil, bagi sebagian orang menyenangkan. Padahal, bila diicermati bisa membahayakan, seperti yang dituturkan Imam Choiri, punggawa bengkel modifikasi AP Speed.

Audio
Pemasangan perangkat audio berlebihan, dan tidak ditata dengan baik, misalnya penempatan subwoofer di belakang dan tweeter ditempel pada pilar A, menyebabkan pandangan pengemudi terhalang. Selain itu, volume suara yang disetel keras akan membenamkan bunyi klakson dari mobil lain.

“Kalau ingin memasang audio sesuai dengan selera, pertimbangkan penempatannya. Begitu juga daya listrik yang akan digunakan. Bila tidak, bisa merusak baterai dan komputer mesin,” jelas Choiri.

TV
Sama berbahayanya dengan telepon seluler. Menonton sambil mengemudi, dipastikan mengganggu konsentrasi pengemudi. Karena itu jangan menempatkan monitor televisi di depan. Pada mobil mewah, saat mobil jalan, televisi yang berada di depan (dasbor) langsung mati.

Setir
Setir dari pabrik dirancang dengan pertimbangan keamanan bila terjadi tabrakan. Karena itu jangan sembarangan mengganti dengan setir yang dibuat dari kayu. Pasalnya, bila terjadi benturan, lebih mudah patah dan menusuk tubuh pengemudi. Kalau ingin mengganti, pilihlah setir yang dibuat dafri bahan aslinya bawaan pabrik. Mengganti setir dengan berdiamater lebih kecil – apalagi di bawah 13 inci – juga berbahaya saat bermanuver.

Lampu
Ada aturan untuk penggunaan warna lampu. Sorotan  lampu-lampu dengan warna menyilaukan  bisa membahaya pemakai jalan lain dari arah berlawanan.

Aksesori di dasbor
Pengharum, tisu atau mainan berbahaya bila diletakkan di atas dasbor. Pasalnya, bila bergeser atau  jatuh, pengemudi secara reflek berusaha menangkapnya. Konsentrasi pengemudi pun terganggu!

 

Sumber :

Aris F.Harvenda
Zulkifli BJ
Rabu, 4 April 2012
KompasOtomotif

Written by Joseph Setiawan

October 12, 2012 at 1:53 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: