Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Jangan Sepelekan Alat Penyeka Kaca / Wiper

leave a comment »

Alat penyeka kaca (wiper) menjadi komponen sangat penting saat hujan mendera. Sampai tidak berfungsi sama saja dengan mesin mati, Anda tak dapat melajukan mobil lantaran pandangan terganggu (terlebih curah hujan cukup lebat). Lebih merepotkan lagi, kalau kejadian malam, kontan berhenti.

Wiper sampai mandek disebabkan motornya rusak. “Biasanya pengemudi jarang memeriksakan kondisi motor penyeka kaca dan baru sadar komponen tidak berfungsi dengan baik,” ujar Apre, punggawa Bengkel AP Speed.

Apre menuturkan bahwa kerusakan motor akibat jarang digunakan saat musim kemarau. Ketika dihidupkan, kotoran yang mengendap di dalam motor menyebar dan menyumbat beberapa bagian sehingga kerja motor makin berat dan akhirnya rusak.

Biasanya, kejadiani tersebut dialami mobil yang berusia lebih dari 5 tahun. Jadi ada unsur umur motor yang memang sudah tua sehingga kinerjanya menurun. Tidak ada solusi yang tepat selain mengganti motor penyeka kaca. Jangan pernah mau menerima reparasi yang bersifat service karena tidak akan berumur panjang.

Karet penyeka kaca pun harus diperhatikan karena cukup vital untuk menghapus rintik hujan. Periksa permukaan karet, bila sudah mengeras atau getas tidak akan menyeka dengan baik dan masih ada sisa yang menempel. Akibatnya, bias bayangan dari luar. Apalagi malam hari cahaya yang masuk terlihat berpendar. Jika itu yang terjadi, maka karet tersebut sudah waktunya diganti.

Efek lain yang bisa timbul akibat kerasnya karet penyeka adalah baret pada kaca. Apalagi ada kerikil kecil atau kotoran yang menempel. Sebaiknya momen pertama penggunaan penyeka harus dibarengi dengan semprotan air dari pembersih kaca.

Dilala, motor yang berfungsi mendistribusikan air ke keca juga rusak. Jika diseka tanpa air, pandangan akan makin buram dan kaca tergores halus. Jika sudah begini, sebaiknya motor juga diganti.

Sumber :
Aris F. Harvenda, Bastian
Rabu, 14 Desember 2011
KOMPAS.com

Written by Joseph Setiawan

March 4, 2012 at 10:25 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: