Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Terminologi Mobil Kompak dan Ekonomis

leave a comment »

Seringkali kita mendengar produsen kendaraan mengatakan tentang mobil kompak dan ekonomis. Dua kalimat ini tidak bisa begitu saja disamakan. Terdapat perbedaan di antara keduanya.

Agar Anda tak terkecoh dengan “mobil kompak” dan “mobil ekonomis” berikut penjelasannya. Ini cukup penting, terutama buat Anda yng ingin berbelanja mobil baru di IIMS 2010.

Terminologi

Produsen kendaraan memasang terminologi untuk membedakan setiap model mobil yang diproduksi. Salah satunya adalah model yang sebut sebagai “kompak” dan “ekonomis”. Tujuan pembedaan terminologi ini untuk membantu konsumen membedakan beban harga dan pajaknya.

Ukuran Fisik

Umumnya mobil ekonomis memiliki ukuran lebih kecil ketimbang mobil kompak. Di pasar Indonesia mobil ekonomis ditandai dengan dimensinya yang kecil, serta hanya memiliki dua atau empat pintu, tanpa bagasi yang luas.

Kapasitas Penumpang

Perbedaan mobil kompak dan mobil ekonomis juga tampak pada ruang interior. Kendati mobil kompak juga berukuran kecil, namun ruang kaki yang disediakan mobil ekonomi umumnya lebih sempit. Batas angkut penumpang mobil ekonomis juga hanya empat orang dewasa, sementara mobil kompak bisa diisi lima penumpang.

Efisiensi Bahan Bakar

Rata-rata konsumsi bahan bakar mobil ekonomis lebih kecil ketimbang mobil kompak. Untuk membuktikan ini Anda bisa melihat pada spesifikasi pengujian bahan bakar yang dibuat produsen kendaraan.

Harga

Meskipun pemerintah Indonesia belum memberikan insentif bagi mobil hemat bahan bakar, namun rata-rata harga mobil ekonomis lebih murah ketimbang mobil kompak.

Sumber :
dp/DON
Tips: Paham Terminologi Mobil Kompak dan Ekonomis
Posted by Donny Apriliananda on July 29, 2010
© 2010, Majalah Otomotif Online by. Dapurpacu.com. All rights reserved.

Written by Joseph Setiawan

September 15, 2011 at 7:05 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: