Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – All New Avanza-Xenia Meluncur Bersamaan pada 9 November

with 2 comments

Pertanyaan mengenai kapan Xenia baru akan muncul akhirnya terjawab sudah. PT Astra Daihatsu Motor (ADM), pemegang merek Daihatsu di Indonesia, akhirnya mengumumkan secara resmi tanggal perkenalan generasi terbaru Xenia tersebut. Dinamai All New Xenia, low Multi Purpose Vehicle andalan Daihatsu itu akan dilansir di Jakarta pada 9 November 2011 mendatang.

Kepastian itu didapatkan dari undangan PT ADM yang diterima Tempo, Senin, 1 November 2011. Disebutkan kendaraan keluarga terbaik dari Daihatsu itu akan muncul pertama kali untuk wartawan tepat seminggu mendatang. Undangan ditandatangani Amelia Tjandra Marketing Director PT ADM dan Keisuke Nasada Executive Officer Marketing PT ADM.

Xenia diluncurkan pertama kali pada tahun 2003 bersamaan dengan kembarannya Toyota Avanza. Duet mobil ini selalu menjadi yang terlaris dalam volume penjualan setiap tahunnya.

Sepanjang tahun 2011 ini, Daihatsu menguasai 15,2% pasar otomotif nasional setelah mencatat penjualan sebanyak 113.446 unit (wholesale). Angka ini berada di posisi kedua penjualan nasional setelah Toyota yang mencatat 269.471 unit atau 36.2% pangsa pasar.

Jika Xenia tanggal 9 November, lalu saudara kembarnya Toyota Avanza kapan ya?

Sumber :
RAJU FEBRIAN
Rabu, 02 November 2011
Official: All New Xenia Launching 9 November
TEMPO Interaktif

Meski belum mengakui secara resmi, Toyota dan Daihatsu Indonesia sudah pasti meluncurkan Si Kembar terlaris di Indonesia, yaitu All-New Avanza-Xenia pada pekan kedua November 2011. Peluncuran perdana kedua merek dilakukan secara bersamaan, sama dengan generasi pertamanya, dan akan dihadiri sejumlah pejabat penting.

“Peluncuran perdana dilakukan bersamaan, rencananya 7 November. Setelah itu, dilakukan sendiri-sendiri. Daihatsu duluan, setelah ituToyota,” jelas sumber Astra kepada KOMPAS.com. Khusus untuk Xenia, Daihatsu tetap menawarkan dua pilihan mesin, 1,3 liter dan 1,0 liter. Bahkan Daihatsu menambah satu lagi varian Xenia dari yang ada sekarang, dari 4 menjadi 5 varian.

Kepastian ini, sekaligus memperkuat spekulasi rencana peluncuran produk “duet maut” Toyota-Daihatsu ke pasar tanah air. Informasi lain yang masuk ke redaksi KOMPAS.com, uji coba unit akan dilakukan di dua lokasi berbeda sepekan setelah prosesi peluncuran dilakukan. Toyota Avanza melancong ke Padang, Sumatera Barat sedangkan Daihatsu Xenia plesir ke Pulau Dewata, Bali.

Sumber :
Agung Kurniawan | Zulkifli BJ
Jumat, 21 Oktober 2011
KOMPAS.com

Written by Joseph Setiawan

October 21, 2011 at 4:51 PM

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ini cuma pendapat pribadi ya, tidak mewakili kepentingan pihak tertentu. Kayaknya Avanza & Xenia tidak layak di beri sebutan All New deh, wong mesinnya aja masih sama kayak yang lama!!! Itu juga saya tahu dari marketingnya. Setelah dilihat secara seksama, bener juga ya. Setuju gak bro? ^_^

    yahyakantum

    May 4, 2012 at 4:21 PM

    • Dear Pak yahya;

      Setiap pribadi bisa berbeda pendapat. saya sendiri pada dasarnya setuju jika ini tidak 100% baru mengingat mesin & sistem suspensi serta chassis juga tetap sama
      Keuntungan untuk pembeli adalah kemudahan spare part & cenderung harga spare part diharapkan akan semakin murah krn volume produksi spare part tsb semakin besar. paling tidak, kenaikan harga spare part dapat ditekan oleh atpm
      keuntungan lainnya adalah, akan tersedia spare part alternatif semakin banyak & terjangkau.
      Keuntungan lainnya adl mesin tsb sudah terbukti bandel & cukup irit.

      Kalau model exterior & interior saya setuju krn model tsb cukup significant berubahnya.

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 12, 2012 at 12:41 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: