Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Low Cost Car, Pabrikan China Sekalipun Merasa Gak Gampang bikin Mobil Murah

leave a comment »

Rencana pemerintah ingin mewujudkan mobil murah, juga gebrakan dari Esemka yang disebut-sebut bakal menjadi mobil murahnya Indonesia sepertinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan, pabrikan China sekalipun merasa kesulitan membuat mobil murah.

Foton Mobilindo contohnya, yang merupakan pemegang merek Foton di Indonesia yang berasal dari China. Niatannya untuk mendatangkan MPV sekelas Avanza Xenia, yakni MPX pun sampai batal, karena diprediksi harga jualnya yang kelewat tinggi.

“Memang gak gampang bikin mobil murah. Apalagi kalau volumenya tidak banyak. Saya yakin pasti banyak masalah, kita saja kesulitan membuat mobil murah,” ujar Hendry Marzuki, CEO Foton Mobilindo.

Persoalan pertama dari sebuah mobil murah pasti soal harga jual. Dan itu berpengaruh terhadap volume penjualannya. Kalau jualannya sedikit, harganya pasti mahal, dan terus berpengaruh terhadap layanan aftersales dan spare partsnya.

Selain itu, pihak leasing pun tidak akan mau mengambil resiko, sehingga ujung-ujungnya bakal memberikan uang muka yang lebih tinggi, juga bunganya yang lebih tinggi.

“Itu karena secara fakta, harga tidak bisa bohong. Semakin mahal harganya, semakin berkualitas mobilnya, begitupun sebaliknya. Dan tanpa ada track record kualitas, leasing tidak akan mau ambil resiko,” tambah Hendry.

Sehingga, mau tidak mau harga perlu sedikit diangkat. Tapi konsekuensinya, ketika perbedaan harganya sangat tipis, maka mobil-mobil murah tersebut tidak akan dilirik konsumen.

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Bagja
Kamis, 12 Januari 2012

Written by Joseph Setiawan

March 4, 2012 at 11:39 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: