Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – SUV Supermewah Bentley Meluncur 2015

leave a comment »

Produsen mobil mewah asal Inggris, Bentley, kembali menegaskan niatnya untuk memproduksi varian Sport Utility Vehicle (SUV) supermewah berpenggerak empat roda (4×4) dan meluncurkannya pada 2015 mendatang. Namun kali ini bukan jadwal peluncuran yang ditegaskan.

Seperti dilansir autocar.co.uk, Senin, 10 Oktober 2011, pabrikan itu kini mulai merilis sebagian dari spesifikasi mesin mobil itu. “Kami menggunakan mesin bensin 12 silinder. Sebab, kami membuatnya sebagai mobil para bos,” tutur Wolfgang Dürheimer, Kepala Eksekutif Bentley.

Namun pabrikan itu kemungkinan besar juga akan memproduksi versi bermesin diesel, tak lama setelah versi bermesin bensin diluncurkan. Alasannya, mesin V12 atau 12 silinder yang akan diusung–baik mesin bensin maupun diesel–di SUV itu juga digunakan oleh SUV Audi Q7 generasi terbaru.

Mesin tersebut berkapasitas 6.000 cc V12. Audi–yang juga seperti Bentley berada di bawah payung Volkswagen (VW) AG–mengklaim mesin yang diusung besutannya itu mampu menghasilkan tenaga 493 daya kuda.

Menariknya, Bentley merekrut kepala insinyur Porsche AG, Rolf Frech, dan mendapuknya sebagai kepala proyek penggarapan SUV tersebut. Frech yang menggantikan Ulrich Eichhorn, kepala insinyur Bentley sebelumnya, dinilai memiliki kepiawaian yang tinggi dalam hal rekayasa teknis mobil SUV. Dia termasuk yang mengerjakan SUV Porsche Cayenne.

Lantas mengapa pabrikan mobil mewah itu ngotot masuk ke pasar SUV? “Karena 99 persen pemilik mobil Bentley memiliki mobil SUV di rumah mereka,” aku Dürheimer.

Pada sisi lain, lanjut dia, produsen mobil mewah yang telah memasarkan SUV, seperti Porsche Ag dengan Porsche Cayenne, Land Rover dengan Range Rover, serta Audi dengan Q7, selama ini dinilai belum melakukan peningkatan varian itu menjadi SUV supermewah. “Dan kami akan melakukannya,” tandas Dürheimer.

Sumber :
ARIF ARIANTO
Senin, 10 Oktober 2011
TEMPO Interaktif

Written by Joseph Setiawan

October 21, 2011 at 3:20 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: