Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Perbaikan Door Lock Murah Meriah Untuk Xenia Avanza

with one comment

Andi, sebut saja begitu, tak bisa membuka pintu saat central door lock Toyota Avanza 2005 miliknya sudah terdengar aktif. Padahal semua pintu yang lain bisa dibuka. Setelah dicermati ternyata kunci pintu depan kiri di sisi yang didudukinya tidak terangkat meski tuas pengunci di pintu utama sudah dinaik turunkan. “Itu lantaran motor penggerak tuas penguncinya sudah rusak. Biasanya karena umur,” terang Rudy Hansen dari Otomotif Service Station (OSS) di Jakarta.

Mengatasinya mau tidak mau harus diganti baru. Tapi kalau beli produk asli harganya relatif mahal. Paling enggak harus siap dana Rp 250 ribu per buah. “Itu juga pakai yang copotan. Kalau beli baru harus satu set, harganya sekitar Rp 800 ribuan,” tambah pria asli Jakarta ini. Wah bisa bikin kantong jebol dong…

Tapi jangan takut ada versi hematnya, Rudy mau berbagi buat pembaca. Yaitu dengan menggunakan motor aftermarket. Harganya cuma Rp 70 ribuan sudah berikut pasang. “Tapi modelnya beda, produk aftermarket bentuknya mirip ‘pistol’, sedang yang bawaan mobil kotak. Makanya butuh trik khusus memasangnya.”

Lagi-lagi Rudi mau berbagi cara memasangnya. Langkah pertama tentu lepas trim pintu dari dudukkannya. Caranya dengan membuka dua baut pengikat di pegangan dan tuas pembuka pintu. Lalu lepas rumah kunci yang ada di dalam pintu dengan membuka 2 baut pakai kunci sok 10 mm. Serta 3 baut pakai obeng kembang di sisi pengait. “Keluarkan rumah kunci beserta kawat penghubungnya dari dalam pintu.”

Lalu hubungkan kawat penghubung bawaan pistol dengan kawat yang menuju ke tuas pengunci. Pastikan posisinya pas dan tekuk kawat sesuai kebutuhan. Sambung dengan menggunakan pengikat yang tersedia. Gunakan obeng kembang buat mengencangkannya.

Lalu masukan kembali rangkaian tadi ke dalam rongga pintu. Pasang kembali semua yang dilepas tadi kedudukannya. Karena bentuk dan ukurannya berbeda, buat dudukan baru untuk ‘pistol’ di bodi rangka bagian dalam. Buat lubang dengan menggunakan bor di rangka bodi sesuai lubang baut yang ada di ‘pistol’.Pasang dan kencangkan.

Selanjutnya sambung kabel dan coba aktifkan dengan menaik turunkan tuas pengunci di pintu kanan. Kalau tidak berfungsi berarti kabel terbalik memasangnya. Rapikan kembali trim pintu yang dibuka. Caranya kebalikan membuka.

Sumber :
Rabu, 21 September 2011
Tips Mobil
Central Door Lock Toyota Avanza, “Pistol” Cegah Kantong Jebol
mobil.otomotifnet.com
Penulis : Pilot | Editor : Bagja | Foto : Manut

Written by Joseph Setiawan

September 22, 2011 at 10:13 PM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bagaimana caranya buka trim pintu dgn kondisi pintu tertutup…

    fery

    April 24, 2015 at 1:16 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: