Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Sepeda Buatan Porsche Dijual Rp 70 Juta

leave a comment »

Selama ini orang hanya mengenal Porsche AG sebagai produsen mobil kelas premium yang memiliki tampilan apik dengan kemampuan mesin yang mumpuni. Namun anggapan seperti itu tak sepenuhnya benar.

Pasalnya pabrikan asal Jerman itu ternyata juga piawai membuat sepeda. Buktinya di pengujung September lalu Porsche telah meluncurkan dua varian sepeda sekaligus.

Porsche Bike S dan Bike RSm. Begitulah nama dua varian sepeda tersebut. “Dua sepeda perkotaan itu menawarkan performa yang tinggi dengan kemampuan jelajah di berbagai medan,” demikian pernyataan pabrikan itu seperti dilansir autoevolution.com, Senin, 3 Oktober 2011.

Masing-masing varian menawarkan keunggulan khas, mulai dari bahan rangka hingga keakuratan dalam menjejak permukaan lintasan. Dengan begitu, selain berbobot ringan, sepeda tersebut juga aman dan nyaman dikendarai.

Varian Porsche Bike S, misalnya, menggunakan rangka 7005 Hydroformed yang ringan tapi kuat. Begitu pun dengan garpu depan yang terbuat dari bahan serat karbon. Walhasil total bobot sepeda itu tak lebih dari 11 kilogram.

Keunggulan lain, sepeda ini menggunakan gir dengan 11 tingkat kecepatan. Jadi pengendaranya bisa menyesuaikan dengan jenis lintasan yang dilalui agar tak banyak menguras tenaga tapi tetap aman dan nyaman. Terlebih pelek yang digunakan berbahan khusus dari DT Swiss yang dipadu dengan ban yang memiliki tingkat gesekan rendah dengan lintasan.

Keunggulan berupa bobot yang ringan juga ditawarkan varian Bike RS, yaitu hanya 9 kilogram. Varian ini menggunakan bahan serat karbon untuk bagian rangkanya, dengan sistem monocoque. Begitu juga dengan bagian sadel, setang, batang penyangga sadel, hingga stem.

Namun berbeda dengan varian pertama, Bike RS memiliki tingkat kecepatan hingga 20 tingkatan. Dia menggunakan gir besutan Shimano XTR. Mengimbangi laju yang cepat, Porsche melengkapi varian itu dengan rem cakram hidrolik merek Magura.

Seperti Porsche Bike S, varian ini juga menggunakan ban yang memiliki tingkat gesekan rendah dengan lintasan yang dilalui, ban tersebut membalut pelek dari bahan berkualitas besutan Crank Brothers.

Porsche mengaku ide pembuatan sepeda tersebut terinspirasi oleh kemampuan sedan andalannya, Porsche 911 GT3 RS 4.0 bertenaga 500 daya kuda. Tak mengherankan bila banderol sepeda itu juga cukup wah, yaitu 2.999 poundsterling atau sekitar Rp 42,61 juta untuk varian Bike S (kurs 1 poundsterling = Rp 14.042) dan 4.999 poundsterling atau sekitar Rp 70,44 juta untuk varian Bike RS.

Sumber :
ARIF ARIANTO
Senin, 03 Oktober 2011
TEMPO Interaktif

foto
autoevolution.com

Written by Joseph Setiawan

October 4, 2011 at 9:44 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: