Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Bahaya, Lampu HID Putih Nggak Tembus Hujan

leave a comment »

Keren, tapi bisa cilaka di hujan dan kabut

Saat ini penggantian lampu standar dengan jenis HID sudah sangat jamak dilakukan banyak pemilik motor. Karena ingin mengejar tampilan atau demi fashion, memilih mengganti lampu standar dengan jenis ini. Hasilnya sih keren. Tapi ketika musim hujan seperti sekarang ada sedikit kendala. Bukannya gaya malah bisa cilaka. Apa sebab?

Umumnya lampu HID dipilih karnea cahayanya yang putih. Memang efek sinar putih terlihat keren dan elegan. “Tapi, jika ketemu hujan atau kabut, sinarnya tidak bisa menembus,” kata Ko Shandy, spesialis custom lampu yang pernah nampang di rubrik profil edisi 645 lalu.

Umumnya lampu HID putih tadi adalah yang memiliki spek di atas 5000k. “Dan memang yang speknya 6000k sampai 8000k itu paling banyak dicari,” lanjut pria berkacamata ini.

Karena itu, Shandy menyarankan untuk memilih lampu yang warnanya agak menguning. “Jika ingin tetap mempertahankan pakai HID di musim hujan seperti sekarang ini, pilihlah yang punya spesifikasi 4300k,” kata pria yang bisa dihubungi di (021) 9220-8866 ini.

Pilih HID tidak merusak dudukan lampu standar

Lampu HID dengan pancaran sinar seperti ini akan bisa menembus hujan dan kabut. Pancaran sinar dan titik fokusnya tidak akan terganggu dengan lebatnya butiran hujan atau jalanan basah.

Tapi, jika tidak ingin membeli yang seperti ini, Shandy menyarankan untuk sementara kembali menggunakan lampu standar. “Sebab lampu standar pasti dirancang pabrik untuk segala macam cuaca,” pesannya.

Karena ini pulalah bagi yang tertarik memasang lampu HID atau projector, Shandy menyarankan untuk memilih yang tidak merusak dudukan lampu standar. Sebab dengan kondisi seperti sekarang maka akan mudah untuk bongkar pasangnya.

Sumber :
motorplus-online.com
Nurfil
Kamis, 10 November 2011

Written by Joseph Setiawan

March 4, 2012 at 10:16 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: