Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – De-Gaussing membantu menjernihkan kembali reproduksi suara system audio kita

with one comment

Pada zaman monitor komputer kita dulu masih menggunakan monitor tabung CRT, kita ingat bahwa ada fitur ‘De-Gaussing’ yang mana jika dipencet gambar akan bergetar beberapa saat dan normal kembali.

Bagi rekan-rekan APG yang masih merasakan era Tape Deck juga mungkin masih ingat bahwa zaman dulu pernah ada kaset ‘elektronik’ untuk De-Gaussing Head Tape Deck, lalu setelah proses De-Gaussing head tape deck maka suara tape deck kita menjadi jernih kembali, juga De-Gaussing pada Jarum (Stylus) Turntable serta TV tabung CRT.

De-Gaussing adalah proses menghilangkan penumpukkan medan magnet pada komponen elektronik tertentu yang disebabkan aliran signal listrik pada komponen tersebut berdasarkan lamanya waktu (semakin lama digunakan maka penumpukan medan magnet semakin besar).

Sebetulnya di era CD player/iPod/MP3 player saat ini, beberapa perangkat audio di mobil kita juga ada yang mengalami penumpukkan ‘Medan magnet’ setelah sekian lama digunakan, contohnya Speaker atau Sub Woofer, komponen-komponen tertentu pada Power Amplifier serta Head Unit.

Proses De-Gaussing ibarat membersihkan ruang bakar pada mesin atau Purging pada Diesel, untuk membuang endapan atau kotoran sehingga performa mesin pulih kembali.

Bedanya pada komponen elektronik penumpukkan ‘kotoran’ tersebut berupa ‘medan magnet’.

Pada percobaan yang dilakukan oleh Team APG pada sistem car audio dan home audio, proses De-Gaussing dengan CD khusus untuk De-Gaussing / De-Magnetizing membantu menjernihkan kembali reproduksi suara system audio kita.

CD untuk proses De-Gaussing yang kami gunakan adalah keluaran Densen (Densen De-Magic) serta Sheffield MDMS (System Conditioning & DeGaussing CD).

Kedua CD tersebut mengandung track khusus berisi sinyal suara tertentu (bukan musik) yang harus diputar sampai tuntas.

Pada CD Densen panjang track sekitar 3 menit (1 track), sedang pada CD Sheffield MDMS terdiri dari 9 Track dengan total durasi sekitar 7 menit 30 detik. Kita cukup gunakan salah 1 dari CD-CD tersebut, dan hasilnya boleh dikatakan sama baiknya.

Pada system Car audio, CD De-Gaussing tersebut bisa langsung diputar pada CD player atau bisa di-rip ke iPod atau Media player lainnya dengan format *.wav (Non Compressed).

Tata cara proses De-Gaussing :
– Set posisi ‘bass’ & ‘treble’ semua ke 0 (Flat)
– Set ‘loudness’ ke OFF
– Set posisi ‘volume’ sedikit di atas volume rata-rata saat kita mendengar musik (agak sedikit besar, tapi jangan kelewat besar)
– Putar CD De-Gaussing sampai tuntas
– Sewaktu proses De-Gaussing, keluarlah dari mobil, tutup pintu dan jendela mobil, karena suara dari track pada CD tersebut. bisa membuat kita pusing (Track dari CD Densen De-Magic suaranya seperti UFO lewat)

Untuk proses De-Gaussing dengan CD Densen De-Magic, setelah proses De-Gaussing selesai biasanya kami putar dulu sebuah lagu untuk Final Conditioning, baru setelahnya kami lakukan uji dengar.

Hasil proses dari salah satu CD tersebut pada system audio yang tidak pernah mengalami De-Gaussing atau sudah lama sekali tidak dilakukan De-Gaussing, memang terasa perbedaannya, dimana suara tinggi lebih ‘Airy’ serta Bass yang lebih Deep

Sumber :
APG

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 7:50 AM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. dimana saya bisa dapat cd de gaussing dan MDMS thank’s

    benny

    July 24, 2013 at 10:41 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: