Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Lain Lain – Stress

leave a comment »

A. Tidak semua orang memiliki hari libur yang menyenangkan, karena ada beberapa orang yang tetap stres saat libur. Ketahui 6 langkah bebas stres ketika libur.

Stres negatif yang berlebihan bisa mempengaruhi kehidupan sehari-hari, kesehatan dan menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, kecemasan, depresi dan masalah-masalah lainnya.

Untuk itu Dr Manny Alvarez memberikan 6 langkah yang bisa dilakukan agar bebas stres saat libur, seperti dikutip dari Foxnews, Senin (26/12/2011) yaitu:

1. Melakukan pijat
Hampir semua orang suka pijat, karenanya luangkanlah waktu di hari libur untuk melakukan pemijatan. Secara historis, pijat sudah digunakan sejak lama oleh masyarakat China untuk meningkatkan kesehatan.

Saat ini pijat baik untuk mengendurkan otot yang tegang, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi yang semuanya bisa memberikan keajaiban bagi pikiran.

2. Meditasi
Meditasi hanya membutuhkan waktu 15-30 menit sehari dan satu-satunya alat yang dibutuhkan adalah pikiran Anda sendiri. Biarkan pikiran berjalan sendiri atau hanya fokus pada pernapasan sehingga bisa melepaskan stres.

3. Olahraga
Menikmati libur tak berarti harus absen olahraga, karena olahraga membantu melepaskan endorfin ke otak yang bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi tekanan atau stres yang ada.

4. Mulailah mengatur hidup
Dengan mengatur hidup maka pikiran akan lebih tenang serta terkontrol, karena penelitian menunjukkan hanya dengan melihat kekacauan bisa membuat seseorang merasa stres.

5. Tetap mengonsumsi makanan sehat
Saat libur biasanya orang akan mengonsumsi makanan secara tidak terkontrol termasuk junk food. Tapi sebaiknya tetaplah mengonsumsi makanan sehat seperti biji-bijian dan protein seperti almond, salmon, blueberry untuk meningkatkan mood dan memberi energi.

6. Tidur
Tidur adalah peredam stres yang paling penting dan alami, karenanya tidur yang cukup tetap penting meski hari libur. Terlalu sedikit tidur bisa membuat orang gelisah dan mudah tersinggung, sedangkan terlalu banyak membuat lesu dan depresi

B. Hampir semua orang pernah merasakan stres dan setiap orang memiliki cara masing-masing untuk dapat mengusir stres. Ada beberapa cara pengusir stres yang dinilai aneh. Apa saja?

Dalam kadar normal, stres memang baik untuk perkembangan sistem otak, namun stres tak terkendali bisa menjadi biang penyakit sehingga Anda harus pintar-pintar mengusirnya.

Berikut beberapa cara meredakan dan mengusir stres yang dianggap aneh tapi mujarab, seperti dilansir todayhealth, Rabu (28/12/2011):

1. Minum vitamin C
Para peneliti di University of Alabama menemukan bahwa 200 miligram vitamin C yang dua kali sehari dapat menghentikan sekresi hormon stres.

2. Beri tanda hijau di ponsel Anda
“Ini semacam pengingat rahasia untuk mengambil satu napas dalam-dalam sebelum Anda menjawab panggilan telepon,” kata Susan Siegel, dari Program on Integrative Medicine di University of North Carolina School of Medicine. Tidak hanya akan merasa lebih baik, cara tersebut juga akan membuat Anda lebih percaya diri.

3. Luangkan waktu yang berkualitas dengan hewan peliharaan
Penelitian di University of New York di Buffalo menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat memberikan bantuan untuk meredakan stres Anda.

4. Minum kopi dengan rekan kerja
Peneliti di University of Bristol di Inggris menemukan bahwa ketika stres pria mengonsumsi kafein sendirian, ia akan tetap merasa gugup dan gelisah. Tapi ia mengajak orang lain atau rekan-rekannya, maka perasaan stres bisa mereda.

5. Goyangkan tangan
“Ketika Anda menghadapi masalah yang menyebabkan stres, menggerak-gerakan jari atau menggoyang-goyangkan tangan dan pergelangan tangan bisa mengalihkan fokus dan meredakan ketegangan akibat stres,” jelas Alan Goldberg, Ed.D., konsultan psikologi olahraga di Amherst, Massachusetts.

6. Berlari cepat
Studi University of Missouri di Columbia menemukan bahwa 33 menit melakukan olahraga intensitas tinggi seperti berlari cepat atau bersepeda membantu menurunkan tingkat stres.

Sumber :
Senin, 26/12/2011
Vera Farah Bararah
Rabu, 28/12/2011
Merry Wahyuningsih
detikHealth / detikcom
todayhealth, Rabu (28/12/2011)

Written by Joseph Setiawan

January 20, 2012 at 3:25 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: