Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Travelling – Perhatikan 5 Hal Ini Saat Traveling ke Pedalaman

with one comment

Kawasan tempat tinggal suku di pedalaman selalu menarik untuk dikunjungi, terutama traveler pecinta wisata budaya. Eits, tapi tunggu dulu, sudah siapkah Anda dengan sejumlah perbedaan lingkungan yang ada?

Berkunjung ke rumah suatu suku di pedalaman tentulah tak sama dengan berkunjung ke rumah warga biasa di suatu desa. Biasanya, suasana mistis masih sangat terasa. Berbagai peraturan pun masih berlaku tanpa tertulis, salah-salah bertindak, bisa jadi Anda kena hukum adat.

Agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan, ikuti 5 tips berikut yang dikumpulkan detikTravel, Jumat (24/6/2012):

1. Pelajari adat istiadat setempat

Sebelum berangkat menuju pedalaman, cari tahu tentang adat istiadat yang berlaku di sana. Hal apa saja yang dilarang dan diperbolehkan. Cari tahu juga hukuman apa yang diberikan kalau pendatang melanggar peraturan tersebut. Anda tentu tidak ingin terkena hukum adat bukan?

2. Jangan panik

Begitu tiba di lokasi, hal pertama yang harus diingat adalah jangan panik. Jangan panik atau bahkan sampai menunjukkan ekspresi terkejut yang berlebihan begitu melihat kondisi lingkungan suku adat setempat. Jika Anda menunjukkan ekspresi yang kelewat kaget, bisa-bisa dianggap tidak sopan.

3. Jaga sopan santun

Menjaga sopan santun? Tentu ini adalah hal wajib yang harus dilakukan. Perhatikan setiap tingkah laku Anda selama berada di sana. Jangan bersikap sombong karena berasal dari kota. Tunjukkan sikap ramah dengan memberi senyum dan tundukkan kepala kepada setiap orang yang Anda lihat. Jaga juga setiap kata yang keluar dari mulut Anda, jangan sampai menyakiti perasaan penduduk lokal. Salah-salah Anda bisa kena hukum adat.

4. Jangan menebar pesona

Meski harus bersikap ramah, ini bukan berarti Anda menebar pesona. Tersenyumlah sewajar mungkin kepada setiap orang, terutama lawan jenis. Senyum atau ramah yang berlebihan bisa menarik hati penduduk lokal. Ingat, apa saja bisa terjadi di pedalaman, termasuk nikah paksa.

5. Hati-hati pemerasan

Meskipun berada di daerah pedalaman, bukan berarti Anda terhindar dari pemerasan. Biasanya penduduk lokal bisa memanfaatkan situasi yang ada dengan memeras para pendatang, misalnya kalau Anda menabrak hewan peliharaan penduduk, sang penabrak bisa diminta ganti rugi dengan harga yang menjulang.

 

Sumber :

Jumat, 24/08/2012
Putri Rizqi Hernasari – detikTravel

Written by Joseph Setiawan

November 16, 2012 at 10:47 PM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. […] Travelling – Perhatikan 5 Hal Ini Saat Traveling ke Pedalaman. […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: