Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – NEX, skutik baru dari Suzuki

leave a comment »

Beberapa ulasan yang ditemukan adalah :

1. Peluncuran skubek baru Suzuki Nex tinggal menunggu waktu. Desainnya sudah bisa kita lihat. Begitu juga dengan pengajuan Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor yang telah didaftarkan Suzuki ke Departemen Perindustrian.

Bahkan akhir-akhir ini foto-foto yang berisi sebuah materi presentasi tentang perbandingan spesifikasi Suzuki Nex dan Yamaha Mio serta Honda BeAT banyak beredar di dunia maya.

Yuk kita rinci, pasalnya ada beberapa keunggulan Suzuki Nex bila dibandingan kedua kompetitornya tersebut. Mulai dari tenaga yang diklaim lebih besar hingga konsumsi BBM yang lebih irit.

Suzuki Nex mengusung mesin 1 silinder SOHC, 113cc dengan konfigurasi diameter piston 51,6 mm dan stroke 55,2 mm. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 9.38 PS pada 8800 rpm. Sedang Honda Beat cuma 8.22 PS, dan Yamaha Mio 8.35 PS.

Suzuki Nex juga unggul pada torsi yang mencapai 8.7 Nm di 6500 rpm. Melebihi Honda Beat yang hanya 7.84 Nm dan Yamaha Mio dengan 7.84 Nm. Bukan hanya unggul power dan torsi, bobot Suzuki Nex juga lebih ringan.

Suzuki Nex cuma 87 kg, sedang Honda BeAT dan Yamaha Mio mencapai 89 kg dan 92 kg. Power to weight ratio-nya pun jadi lebih besar. Secara performa, diatas kertas jadi lebih baik.

Soal adu irit pun diklaim lebih bagus ketimbang kompetitor. Suzuki yakin Nex mampu mencapai jarak 52 km/liter. Sedang versi Suzuki, Honda Beat hanya 45 km/liter dan Yamaha Mio cuma 40 km/liter.

Satu lagi yang membuat Nex unggul, yaitu kapasitas bagasinya. Nex punya ruang di bawah jok 4,5 liter. Sedang BeAT hanya 2,6 liter dan Mio 3,8 liter.

Lalu apakah keunggulan ini bisa diterima konsumen? Kita lihat saja nanti!

Sumber :
motorplus-online.com
Penulis : Popo | Editor : Nurfil | Foto : Istimew
Jum’at, 30 September 2011

2. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) punya produk baru NEX rencananya diluncurkan secara nasional November 2011. Skutik ini dipastikan menggantikan Spin 125 tapi dibekali mesin lebih kecil 110 cc dan konsumsi bahan bakar lebih irit.

Bocoran ini diperoleh Kompas.com dari salah satu situs resmi jaringan penjualan Suzuki di Jawa Timur. Dari sosoknya, NEX menawarkan desain lebih segar dengan lampu utama di fender depan dan lampu sein terpisah. Cover bodi tajam, mencerminkan aura sporty sehingga menyasar segmen usia target market 15-35 tahun. “Harga On The Road (NEX) rencananya dibandrol di bawah kompetior,” tulis situs itu.

Suzuki melepas NEX dalam enam pilihan warna merah, biru, hitam, hijau, putih dan pink. Kalau merujuk keterangan di atas, maka bisa dipastikan harga NEX di bawah Rp11,7 juta per unit (on the road Jakarta), apa mungkin bisa menyentuh level Rp10 jutaan?!

Saat dikonfirmasi, Paulus S Firmanto, Direktur Penjualan & Pemasaran SIS 2-Wheel mengelak. “Sampai kini masih dalam tahap persiapan. Belum fix bulannya,” ujar Paulus, singkat.

Sumber :
Agung Kurniawan | Bastian
Kamis, 22 September 2011
NEX, skutik baru dari Suzuki
Photo: Suzuki
KOMPAS.com

3. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat ini tengah mengelus-elus varian skuter matik (skutik) 110 cc baru untuk menyaingi Honda BeAT dan Yamaha Mio. Rencananya, skutik yang bernama Suzuki Nex itu diluncurkan November mendatang.

“Saat ini tahap pematangan. Karena kami ingin motor yang kami luncurkan benar-benar memiliki kualitas terbaik termasuk layanan purna jualnya,” ungkap sumber tepercaya di PT SIS saat dihubungi, Kamis, 29 September 2011.

Menurut sumber itu, dibanding para pesaingnya Nex memiliki keunggulan ketahanan dan keiritan konsumsi bahan bakar. Mesin 110 cc yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga 9,3 – 9,4 daya kuda dengan torsi 8,7 – 8,9 Newtonmeter.

“Tentunya tenaga itu lebih besar dibanding pesaing yang ada saat ini, tenaga mereka di bawah 9 daya kuda,” kata dia.

Adapun konsumsi bahan bakarnya diperkirakan mencapai 1 : 50 – 54 kilometer. Sementara dua skutik lain yang di kelasnya rata-rata hanya 1 : 40 – 45 kilometer.

Lantas berapa skutik anyar itu akan dibanderol? “Saat ini kami masih mempelajarinya. Termasuk jadwal peluncuran apakah November atau bulan lain, belum bisa kami sampaikan,” ujar Paulus Sugih Firmanto, Direktur Pemasaran dan Penjualan 2W (roda dua) PT SIS saat dihubungi.

Meski demikian, Paulus menyebut pihaknya mengupayakan peluncuran Nex pada tahun ini. Pasalnya, saat ini telah banyak penggemar motor Suzuki yang menanyakan skutik anyar tersebut.

“Yang pasti, skutik ini merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya (Suzuki Spin),” kata Paulus.

Penyempurnaan tersebut meliputi tampilan, keandalan, serta tingkat konsumsi bahan bakar. “Artinya tenaga besar, namun irit, serta tampilan yang lebih stylish. Karena kami menyasar segmen usia muda,” terangnya.

Hanya Paulus tak bersedia memerinci beberapa karakter yang menjadi keunggulan spin tersebut.

Meski demikian, sumber lain di PT SIS mengatakan keiritan konsumsi BBM dikarenakan Suzuki telah melakukan terobosan memangkas bobot motor serta menyempurnakan komponen mesin.

Bobot Nex disebut kurang dari 90 kilogram yaitu sekitar 85 – 88 kilogram. “Komponen sistem pembakarannya juga disempurnakan, sehingga tenaga besar dan irit bahan bakar,” imbuh dia.

Sumber :
ARIF ARIANTO
Kamis, 29 September 2011
TEMPO Interaktif

Written by Joseph Setiawan

September 22, 2011 at 9:46 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: