Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Traveling – Tak Perlu Bawa Barang-Barang Ini Saat Berwisata

leave a comment »

Seringkali saat berwisata, seseorang terlalu “ribet” dalam membawa banyak barang. Ketika Anda dipaksa memberikan satu pilihan pada barang-barang favorit Anda, maka Anda tergoda untuk membawa semua barang-barang Anda.

Akibatnya, bisa-bisa saat masuk konter bagasi, Anda terkena biaya tambahan bila bawaan kelebihan muatan. Jenis-jenis barang apa saja tidak perlu Anda bawa saat berwisata? Berikut daftarnya.

Tinggalkan peralatan kecantikan rutin Anda. Jika Anda menggunakan beberapa jenis produk berbeda untuk mengatur rambut ikal Anda, maka tinggalkanlah sejenak barang-barang tersebut dan biarkan Anda bebas dari hal-hal tersebut.

Anda tidak akan tampak buruk di foto-foto wisata Anda bila setiap malam rambut Anda dicuci dengan shampo. Jika Anda pandai dalam mengeksplorasi tempat-tempat wisata eksotis, maka dijamin Anda akan lupa dengan serentetan produk kecantikan rutin Anda.

Bila Anda menginap di hotel berbintang, Anda akan mendapatkan peralatan mandi gratis. Gunakanlah produk-produk itu. Bawalah produk yang memiliki kegunaan ganda seperti pelembab yang juga berfungsi melindungi kulit Anda dari sinar SPF. Tentu saja, bawa dalam kemasan kecil. Jangan bawa perhiasan atau barang-barang berharga Anda. Hal ini hanya akan mengundang penjahat untuk mencuri perhiasan Anda. Bila Anda memang harus membawa perhiasan karena ada acara khusus, pastikan Anda tidak mengenakannya di jalan atau tempat umum.

Bawalah satu buku panduan saja. Saat berwisata, orang terbiasa membawa buku panduan sampai beberapa buah karena setiap buku memiliki kelebihan masing-masing.

Namun bila beberapa buku memang memiliki panduan-panduan yang menarik, maka Anda dapat fotokopi halaman-halaman yang menarik agar bawaan Anda tak terlalu berat. Alternatif lain, Anda dapat membuat blog atau catatan pribadi berupa panduan-panduan wisata hasil rangkuman dari buku-buku tersebut. Jangan membawa pakaian lebih dari yang Anda butuhkan. Bawalah pakaian-pakaian dengan warna-warna netral agar Anda dapat memandupadankan gaya dari pakaian-pakaian tersebut dengan tepat. Kemudian cari informasi cuaca dari tempat yang akan Anda kunjungi.

Bila ternyata hujan, Anda dapat membeli payung atau jas hujan dan menyimpannya sebagai suvenir. Anda juga dapat menggunakan jasa laundry pada penginapan yang Anda inapi agar Anda tak perlu membawa banyak pakaian.

Jika harga jasa laundry sebagai pertimbangan Anda, beberapa destinasi wisata untuk backpacker menyediakan jasa cuci kiloan. Paling mudah saat kehabisan baju adalah membelinya di pasar. Selain bisa menjadi kenang-kenangan, hitung-hitung Anda telah membantu ekonomi masyarakat setempat. Jangan membawa gadget yang tidak perlu. Barang-barang seperti Portable DVD Player, lampu baca, coffee maker tak terlalu penting untuk Anda bawa.

Definisi dari penting atau tidak penting haruslah Anda pikirkan baik-baik sehingga Anda tidak akan membawa barang-barang yang sebenarnya tidak penting. Perlu diingat bahwa barang-barang seperti baterai cadangan, charger gadget Anda, adaptor listik mungkin perlu dipertimbangkan untuk Anda bawa.

Jangan membawa barang-barang yang mudah dijumpai. Barang-barang sederhana yang dapat Anda temukan seperti obat sakit kepala, pisau cukur, atau bacaan seharusnya tak perlu Anda bawa dari rumah.

Seru juga bila Anda bawa beberapa bacaan dari rumah dan Anda dapat memberikannya kepada pelancong lain saat Anda akan pulang kembali

Sumber :
Kompas.com
Valentine Widi Virdhani | kadek
Kamis, 3 November 2011

Written by Joseph Setiawan

November 5, 2011 at 3:04 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: