Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Brake System (Drum)

with one comment

Rem Mobil Lengket :

Terjadi pada mobil dengan rem tromol / drum system di roda belakang.

Gejala yang dirasakan rem seperti lengket mencengkram seperti macet, terutama saat musim hujan.

Penyebab : efek dari melintasi genangan atau sehabis kena banjir. Air masuk ke dalam tromol dan menyebabkan kanvas rem lembab / basah karena terkena air. Saat kanvas rem dalam keadaan basah / lembab, rem tangan di parkir dengan posisi rem tangan di-aktif-kan / ditarik dalam waktu cukup lama. Akibatnya kanvas rem menjadi lengket dengan tromol.

Solusi seharusnya : setelah melewati genangan, sebaiknya rem dimainkan agar kanvas rem dan teromol menjadi cukup kering dan posisi rem tangan jangan ditarik dulu untuk diparkir dalam jangka waktu lama. Jika posisi garasi / jalan menurun / menanjak bisa menggunakan balok kayu / batu untuk mengganjal kendaraan.

Seharusnya jika setelah melewati genangan serta mobil dipakai secara normal sebenarnya sistem rem sudah dapat menyingkirkan air tersebut melalui celah yang terdapat pada sistem rem tromol serta celah ventilasi dan panas akibat gesekan kanvas vs tromol saat pengereman.

Pada sistem rem cakram, kejadian serupa sangat jarang ditemui karena bentuk & sistem rem cakram tidak memungkinkan untuk menyimpan air.

Solusi darurat : jika rem sudah terlanjut macet, coba lakukan gerakan maju dengan transmisi / gigi 1 secara mendadak dengan posisi handle rem tangan sudah diturunkan sampai terdengar suara yang cukup keras. Bunyi yang cukup keras biasanya menandakan kanvas rem sudah lepas dari tromol. lalu setelah itu mobil tetap dijalankan perlahan dengan rem tetap dimainkan sampai kinerja rem kembali normal.

jika sudah dilakukan tetapi rem tetap macet, maka terpaksa mobil dibawa ke bengkel terdekat untuk membongkar serta membersihkan sistem rem tsb.

Lainnya : terkadang kasus tsb ditemui pada kendaraan yang sehabis dipakai dan dalam keadaan sistem panas langsung dicuci dan di rem tangan.

Advertisements

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 9:29 AM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. ma’af, solusi darurat tersebut sangat membahayakan bagi “part” kendaraan. Jika macetnya terlalu kuat, bisa-bisa gardan atau transmisi atau kopling yang akan di”hajar”nya.

    tips setelah melintasi genangan air yang anda sarankan sudah benar.

    Rem macet sering terjadi pada saat kendaraan direm waktu berjalan.

    Coba buka niple pembuangan minyak rem pada roda, jika rem kembali normal maka yang bermasalah adalah central remya. Jika ini terjadi silahkan kemudikan kendaraan dengan hati-hati ke bengkel. Atur kecepatan agar jangan sampai menginjak rem. jika anda memiliki kapasitas untuk memperbaiki silahkan diperbaiki sendiri. Usahakan untuk memperbaiki kendaraan di luar badan jalan, jika terpaksa melakukan perbaikan di badan jalan silahkan pasang rambu/tanda bahwa mobil anda dalam masalah. Nyalakan lampu hazard, jika terjadi di tikungan maka anda harus memastikan bahwa rambu yang anda pasang cukup efektif (tidak mengejutkan/terlalu dekat)

    Jika niple dibuka tetap macet berarti yang macet adalah piston rem (sistim drum) piston rem dan kaliper (sistim cakram) karena debunya terlalu tebal. Cukup amlas dengan amplas air yang paling halus dengan alur memutar (drum brake/rem cakram/kaliper) pastikan keamanan seperti di atas.

    Ayang

    January 20, 2012 at 7:35 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: