Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Suzuki Ertiga

leave a comment »

Daftar Inden

Suzuki memang sudah siap menggebrak segmen MPV-Low dengan kehadiran Ertiga. Bahkan, sejak dibuka pemesanannya 13 Februari lalu, sampai sekarang 1 Maret jumlah pesanannya sudah mencapai 1.000 unit lebih.

“Iya, sudah 1.000 unit lebih pesanan yang kami terima. Itu yang benar-benar serius lho, maksudnya yang sudah membayar minimal Rp 5 jutaan. Dibawah Rp 5 juta banyak, tapi tidak kami masukkan daftar,” ujar Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho kepada Otomotifnet.com.

Suzuki memang sangat percaya diri dengan Ertiga, strategi yang unik pun dilakukan demi mengdongkrak MPV tujuh penumpangnya ini, salah satunya, dengan mengumumkan harga resminya sebelum waktu peluncuran.

Ertiga yang dilepas dengan tiga varian berbeda ini dibanderol dengan harga Rp 143 juta untuk tipe terendah GA. Lalu tipe menengah GL dilepas Rp 153 juta dan tipe tertinggi yaitu GX dilego Rp 165 juta. Pebedaan ketiganya hanya terdapat pada beberapa panel, diantaranya aksesoris bodi.

Ertiga merupakan MPV terbaru dari Suzuki yang akan ditarungkan dengan Avanza-Xenia. Suzuki percaya diri dengan keunggulan sassis monokok dan penggerak roda depan, yang menjamin kenyamanan penumpangnya.

Sedangkan urusan mesin, Ertiga dibekali mesin K series, berkapasitas 1.4 liter, yang dijamin bakal irit BBM tapi juga tetap bertenaga. Bulan April mendatang, Ertiga akan secara resmi di luncurkan. Gak sabar?

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Bagja
Kamis, 01 Maret 2012

Spesifikasi Ertiga



Spekulasi berita-berita hingga foto MPV Suzuki yang dikabarkan menjadi pesaing baru All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia di Indonesia, akhirnya terjawab sudah.

Terbukti setelah menyaksikan langsung world premiere global compact MPV Maruti Suzuki Ertiga di Delhi Auto Show ke-11 di Pragati Maidan Exhibition Complex di India (6/1). Suer, mobil ini memang pantas menjadi pesaing berat dua mobil kembar tersebut.

LEBIH PENDEK
Atas undangan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), APM Suzuki di Tanah Air, kami berkesempatan langsung menyaksikan langsung sosok Ertiga yang diperkenalkan oleh Maruti Suzuki India Limited (MSIL).

Antusias wartawan terhadap mobil ini luar biasa. Tampak sekali ratusan wartawan dan undangan dalam dan luar negeri memadati panggung tempat Ertiga diperkenalkan pertama di hall 14.

Pantas kalau Ertiga menjadi pusat perhatian, karena selain Maruti Suzuki sebagai brand besar (market & volume leader) di negeri Hindustan, juga merupakan segmen baru di kelas MPV.

“Kami menciptakan segmen baru di India, yakni compact MPV segment,” ujar Shinzo Nakanishi, Managing Director & CEO MSIL.

Bicara MPV, ukuran Ertiga memang tidak terlalu besar dan juga kecil. Pas disebut kendaraan multi purpose 3 baris bangku yang kompak.

Buktinya, dimensi bodi hanya 4.265 x 1.695 x 1.685 mm (pxlxt) dengan wheelbase 2.740 mm. Cukup bersaing jika disanding dengan kompetitornya, macam All New Avanza (ANA), All New Xenia (ANEX) ataupun Nissan Grand Livina (GL).

Secara umum, Ertiga lebih panjang dan lebih lebar dari ANA/ANEX, namun sedikit lebih rendah.

Kalau boleh disebut, malah mirip dimensi GL. Hanya lebih pendek dan tidak selebar GL. Tingginya? Mirip! Bisa kebayang kan?

Soal desain ekterior, enggak neko-neko, simpel tapi kelihatan modern. Perhatikan moncongnya! Menyerupai Suzuki Splash dan Swift, Ertiga memiliki front end (kap mesin dan radiator gril) dengan lekukan yang dinamis.

Kesan modern mencuat berkat desain bumper dengan air dam hitam yang membentuk huruf X dengan radiator gril atasnya. Sedang lubang tempat foglamp dibuat meninggi menambah kesan galak.

Desain lampunya, perpaduan antara head lamp Swift dan Splash. Namun lebih besar dengan lekukan lancip di ujung lampu. Menariknya, bagian samping lampu mengikuti lekukan fender (sepatbor).

Cukup menarik ketika melihat lekukan bodi belakangnya, serasi dan simpel. Namun lampu yang mirip punya Suzuki SX4 dan APV Arena ini terlalu kecil jika dilihat dari belakang. Tapi dari samping sih cukup oke lantaran melebar ke samping.

BASIS SWIFT
Bagaimana dengan konstruksi sasis dan suspensi? Ertiga sejatinya memakai platform Swift. Hanya wheelbase dipanjangin dari 2.380 mm ke 2.740 mm. Dan artinya pula Ertiga mengusung suspensi serupa dengan sasis monokok dan penggerak roda depan (FWD).

“Pengendalian lebih mantap dan kenyamanan lebih baik daripada mobil penggerak roda belakang,” kata Gaurav Singal, Country Manager SMIL saat bertemu di pabrik Maruti Suzuki di Manisar, India.

Untuk tenaganya, MSIL menggunakan mesin baru. “Khusus Ertiga, kami memperluas range K-series engine petrol (bensin). Karena mesin K-series sangat sukses di India, terutama soal performa dan irit bahan bakar,” jelas Nakanishi san lagi.

Pengembangannya dari mesin K10 dan K12 yang juga dipakai di Suzuki Karimun Estilo dan Splash. Jadinya, Ertiga akan mengusung K14 yang berspek 4 silinder segaris 16 katup DOHC VVT dengan tenaga maksimum mencapai 95,2 dk di 6.000 rpm dan torsi 130 Nm di 4.000 rpm.

Khusus di India, disediakan pula mesin diesel DDiS (D13A) berspek 4 silinder segaris 16 katup common rail diesel turbo berkapasitas 1.300 cc. Meski minum solar, tapi sanggup menyemburkan tenaga hingga 75 dk di 4.000 rpm dengan torsi 190 Nm di 1.950 rpm.

Trus, gimana interiornya? Sabar ya, kami ulas detail edisi selanjutnya!

Pakai Bahasa Indonesia
Mendengar nama Ertiga, jelas kalau artikulasi berasal dari bahasa Indonesia. Mulanya, Ertiga hadir berupa konsep yang dilabeli R3 atau RIII pertama kali di Delhi Auto Expo 2010 silam.

Di Tanah Air, mobil ini juga pernah dipajang pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011, dengan labelan R3 atau RIII.

Namun akhirnya berubah nama menjadi Ertiga sekitar tengah tahun lalu. SMC (Suzuki Motor Corporation) Jepang lah yang menyetujui nama dalam bahasa Indonesia, Ertiga.

Ertiga terdiri atas dua kata; Er (dari huruf R) yang berarti row (baris). Sedangkan tiga yang berarti angka 3.

So, arti Ertiga adalah mobil yang mempunyai jumlah baris 3. Simpel kan? Namun menjadi kehormatan karena umumnya nama produk global memakai bahasa latin, Spanyol, Jepang dan lainnya. Hampir enggak pernah ada pakai bahasa Indonesia!

“Ini suatu kebanggaan akhirnya SMC memakai bahasa Indonesia di produk global,” bangga Endro Nugroho, Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

“Nama Ertiga bagus dan mudah diucap, terkadang bahasa Indonesia mirip dengan bahasa latin dan Spanyol ya. Saya suka itu,” bilang Shinzo Nakanishi, Managing Director & CEO MSIL yang juga BOD (Board of Director) SMC.

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Pjm Bagja, Panji
Senin, 16 Januari 2012

Interior Ertiga

Ibarat bola salju, semakin dekat dengan waktu peluncurannya, maka makin banyak pula foto bocoran alias spyshotnya. Itulah yang terjadi pada MPV 7-seater Suzuki Ertiga. Yup, setelah foto bagian depan dan samping, kini tersebar foto interior dan bagian belakangnya.

Dari fotonya, terlihat sosok belakang Ertiga yang gagah, terutama berkat desain rearlamp yang sepintas mirip crossover, SX-4. Sementara rear fascia justru mengingatkan kita akan buritan Proton Exora, tentu tanpa lampu vertikalnya.

Sementara bagian dalam Ertiga, menampilkan kesan mewah dengan headunit yang terintegrasi dengan center cluster. Serta setir yang dilengkapi tombol pengatur audio. Sementara dashboard berdesain twotone. Ujung tuas persneling tampil unik dengan bentuk membulat, serasi dengan knob pengatur AC.

Mobil yang dilengkapi dengan rem ABS ini dibekali mesin K14 berkapasitas 1.4 liter berdaya 95 dk, dan mesin diesel multijet Fiat 1.3 liter bertenaga 89 dk. Dan rencananya akan masuk ke Indonesia dalam bentuk terurai, alias CKD. (

Sumber :
mobil.otomotifnet.com

Written by Joseph Setiawan

March 4, 2012 at 10:48 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: