Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Volvo XC60 T5, SUV Pintar Dipenuhi Fitur Safety

leave a comment »

PT Indobuana Autoraya-Volvo sebagai agen pemegang merek Volvo di tanah air resmi melahirkan Volvo XC60 T5. Di Jakarta SUV ini dijual seharga Rp 735 juta On The Road.

Dengan lahirnya The New Volvo XC60 T5 menambah pilihan Small SUV di tanah air yang mampu melahap segala medan.

“Kendaraan ini sangat bertenaga di kelasnya, namun tetap memiliki tingkat konsumsi yang rendah dengan mampu mencapai 1 liter untuk 12 km. Dan ini merupakan pilihan kendaraan yang tepat bila ingin memiliki karakter yang kuat,” ujar CEO Volvo Indomobil, Paulus B. Suranto, di diler Volvo Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Jumat (21/10/2011).

Uniknya, New Volvo XC60 T5 memiliki teknologi city safety, dimana ketika sang pengendara melaju sampai 30 km/jam, namun lengah untuk melakukan pengereman, maka secara otomatis sensor akan memberikan tanda bahaya pada indikator yang terdapat pada dasboard, bahkan kendaraan ini pun mampu memperlambat kecepatan yang kemudian akan berhenti dengan sendirinya.

XC60 T5 juga dilengkapi dengan fitur Autobrake, yang dapat membaca kehadiran pejalan kaki dan melakukan pengereman secara otomatis ketika sensor menangkap tanda bahaya.

Fitur selanjutnya pada Volvo XC60 T5 kali ini pun ikut dilengkapi dengan fitur standar, seperti Dynamic Stability and Traction Control dimana sistem kali ini pun mampu menjaga kestabilan dari kendaraan saat melakukan tikungan dalam kecepatan tinggi.

“Setelah 2-3 tahun tidak terdengar kabar dari Volvo, akhirnya kita kembali melahirkan varian baru The New Volvo XC60 T5 dengan desain yang lebih sporty, dan lebih bagus. Namun Volvo tetap mengutamakan safety di dalam kendaraan, seperti waktu dulu pada pada saat volvo memperkenalkan safety Belt yang telah dilahirkan Volvo dan saat ini semua kendaraan menggunakannnya,” ujar Presdir Indomobil Group Jusak Kertowidjojo di tempat yang sama.

Tampilan Volvo XC60 T5 kali terlihat memiliki karakter yang kuat yang bisa menjadi lawan tangguh para pesaingnya. Tampilan Luxury serta kaki kaki yang kuat sebagai Cross over tergambar pada ground clearance yang lebih tinggi serta lingkar roda yang lebih besar.

Begitu juga pada bagian belakang, desain lampu LED yang dipancarkan melalui Micro-Optics and LED teknologi terlihat begitu kontas dengan tubuh besarnya. Namun lampu LED pada tubuh The New XC60 T5 ini pun dijamin tidak akan menyilaukan pengendara yang berada di belakang.

Bagian Interior yang ditawarkan kali ini pun cukup baik. Dengan menganut ‘Driver Oriented’ yang memudahkan para pengemudi untuk menekan konsol disaat berkendara. Tidak berhenti sampai disitu Audio yang ditawarkan kali ini terbilang canggih, dengan Premium Sound High Performance Multimedia 4 Channel 7 inci dengan 8 speaker.

The New Volvo XC60 T5 kali ini menggendong mesin T5 DOHC 4 silinder 2000cc. Small SUV ini pun mampu menyemburkan tenaga hingga 240 Tenaga kuda pada 5.500 rpm, dengan torsi 320 Nm/ 1.500-5.000 rpm.

Hanya membutuhkan 8,1 detik 0-100km/jam. Dengan 6 percepatan. Tidak berhenti sampai disitu, kendaraan kali ini pun mengusung standart bahan bakar EURO 5.

Dan berdasarkan hasil test BPPT(Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) Indonesia, Volvo XC60 T5 untuk CO mencapai 130mg/km dan HC+NOx 50mg/km.

Volvo XC60
Spesifikasi The New Volvo XC60 T5

– Engine Type : 2.0L I4 Petrol Turbo
– Transmission : Six Speed Powershift
– Max Power Output, hp at rpm : 240/5.500
– Max Torque, Nm at rpm : 320/1800-5000
– Acceleration, 0-100 km/h in second : 8,1 second
– Top Speed, km/h, AWD man/auto : 210
– Fuel tank, Litres : 70
– Environmental Classification : Euro 5

Sumber :
Jumat, 21/10/2011
M Luthfi Andika
detikOto

Written by Joseph Setiawan

October 23, 2011 at 10:53 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: