Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – SUV Kolaborasi Mitsubishi dan Peugeot

leave a comment »

Setelah beberapa bulan foto spy shot Sport Utility Vehicle (SUV) Peugeot 4008 marak di dunia maya, akhirnya akhir pekan lalu Peugeot resmi merilis foto sosok mobil itu. Menariknya, mobil yang akan diluncurkan secara resmi pada Maret 2012 di gelaran Geneva Motor Show itu menggunakan basis Mitsubishi ASX (Active Smart Crossover).

Bagi yang melihatnya akan menangkap kesan bahwa Peugeot 4008 memiliki tampilan yang sangat bagus. “Tak terlihat kesan Mitsubishi ASX. Memang, bukan berarti ada masalah dengan Mitsubishi ASX, namun 4008 sesuai dengan filosofi Peugeot yang memiliki identitas dan gaya Eropa yang kuat,” laman caradvice.co.au menulis, Senin, 3 Oktober 2011.

Kesan itu memancar mulai dari tampilan bagian depan yang menggunakan lampu utama Light Emitting Diode (LED) daytime running, serta gril dengan desain baru. “Ihwal mesin, Peugeot menawarkannya dalam beberapa varian, baik bermesin bensin maupun diesel,” ujar sumber di pabrikan itu.

Varian bermesin bensin terdiri dari tipe bermesin 1.600 cc HDi FAP empat silinder yang dilengkapi turbocharger. Varian ini bertenaga 85kW dan torsi 115 Newton meter (Nm). Tipe kedua bermesin 1.800 cc HDi FAP empat silinder dilengkapi turbocharger yang bertenaga 113 kW dan torsi 198 Nm.

Tipe pertama menggunakan transmisi manual lima tingkat kecepatan untuk menyalurkan tenaga ke roda. Sedangkan tipe kedua selain menggunakan transmisi manual lima tingkat kecepatan, juga ditawarkan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT).

Selain menawarkan sistem penggerak dua roda (2WD), Peugeot juga menawarkan dua sistem penggerak lain. Keduanya adalah sistem penggerak empat roda (4WD) dan sistem penggerak roda yang memadukan dua dan empat roda. Sistem itu menggunakan fitur khusus perpindahan keempat roda melalui fitur khusus Lock Mode.

Adapun varian bermesin diesel terdiri dari dua tipe, yaitu 1.600 cc dan 1.800 cc HDi FAP empat silinder dan menggunakan turbocharger. Tipe pertama bertenaga 82 kW dengan torsi 270-280 Nm. Tipe kedua bertenaga 110 kW dan torsi 300 Nm.

Fitur lain yang ditawarkan adalah peranti Open & Go System yang membantu mesin untuk menghemat bahan bakar. Selain itu, Peugeot melengkapinya dengan kamera parkir, lampu baca LED, atap kaca panoramic, layar sentuh untuk sistem navigasi, serta pelek alloy berukuran 18 inci.

Sumber :
ARIF ARIANTO
Senin, 03 Oktober 2011
TEMPO Interaktif

foto
caradvice.com.au

Written by Joseph Setiawan

October 4, 2011 at 9:48 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: