Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Rolls Royce Ghost, Dream Car. Kapan yah bisa beli ???

leave a comment »

Seperti apa sih rasanya mengendarai mobil yang terkenal sebagai ikon mobil mewah dan termahal di dunia?

Impressi yang menakjubkan ketika OTOMOTIFNET.com dihadapkan langsung pada sesosok mobil mewah asal Goodwood Inggris ini dan ketika mengendarainya, nuansa sebuah hotel berjalan terbesit pada benak. Seperti apa rasanya? Yuk kita ulas!

Tidak seperti Phantom yang cenderung kental dengan kemewahan, Ghost tampil sedikit lebih dinamis dengan desain yang romantis, namun tegas mengedepankan sebuah mobil mewah yang sporty, sambil tetap mengusung slogan Spirit of Ecstasy.

Mulai dari grill depan yang mewah dengan nuansa kaku khas Inggris, dipadu dengan desain lampu yang elegan dan futuristik. Desain wajah yang mengalir harmonis sampai pada landaian bagian belakangnya yang mengisyaratkan mobil ini juga bisa diajak berlari.

Membuka pintu, kelapangan kabinnya langsung mempersilahkan OTOMOTIFNET.com untuk menduduki kursi belakang. Masuk kedalam kabin, anda akan melupakan kalau sedang berada didalam sebuah mobil. Nuansa kayu yang eksotik, juga aksen krom yang elegan, serta kelembutan kulit pembungkus jok dan karpet yang mendominasi seruangan kabin Ghost yang menenangkan.

Joknya lebih cenderung dirancang sebagai sofa berlapis kulit, sangat nyaman mendekap punggung. Dibagian tengah jok belakang, terdapat konsol untuk melakukan kontrol terhadap audio, tv, AC, juga segala sesuatu yang ada didalam kabin. Oiya, bahkan di door trim, terdapat tombol untuk mengaktifkan pemijat jok.

Dan mobil pun berjalan. Kabin tetap senyap, tidak ada sedikitpun raungan mesin, maupun hentakan akselarasi awal yang biasanya terasa. Mobil ini begitu lembut. Bahkan, ketika melintasi jalan bumpy sekalipun, rasanya seperti mengayun karena guncangan di dalam kabin sangat minim sekali.

Sambil merasakan kursi pemijat yang punya dua opsi pola pemijatan, dihadapan pada bagian punggung belakang jok depan, monitor 10 inci menyiarkan acara TV maupun DVD, juga sebuah meja lipat yang bisa digunakan untuk menaruh laptop anda ketika sedang bekerja didalam mobil.

Melintasi jalan raya dikawasan Prapanca – Antasari yang semrawut, juga melintas tol lingkar luar menuju Serpong, dijamin, tidak akan membuat penumpang didalam kabin merasa stress. Sebuah kenyamanan dari hotel berjalan ala Inggris Raya.

Tapi, mau tau harga untuk menebus kenyamanan tersebut? Siapkan saja tabungan anda minimal Rp 8 Miliaran. Maka, mobil yang dibuat tangan selama 450 jam di pabrik GoodWood Inggris ini bisa menjadi pelengkap hunian garasi rumah anda.

Setelah merasa benar-benar nyaman sebagai penumpang Rolls Royce Ghost, tidak lengkap kalau tidak juga merasakan dibalik kemudinya. Mobil yang dilepas dengan kisaran harga sekitar Rp 8 miliaran oleh Rolls-Royce Motor Cars Jakarta ini tetap mengundang rasa penasaran.

Maka, di halaman Hotel Darmawangsa, Jakarta, OTOMOTIFNET.com membuka pintu depan Rolls Royce Ghost ini dan langsung menduduki kursi pengemudinya. Punggung terdekap nyaman, dengan posisi duduk yang bisa diatur secara elektrik.

Dengan dimensi 5,3 meter dan lebar hampir 2 meter, jelas ini sebuah sedan yang besar. Namun visibilitas penglihatan ke depan, samping maupun belakang tidak menyulitkan pengemudinya. Semua tertangkap dengan jelas, apalagi ada bantuan kamera sensor pada kedua sisi kanan kiri bodi mobil ini.

Mesin sudah dinyalakan dan tuas transmisi di sisi kanan setir sudah diaktifkan pada posisi D. Siap untuk berjalan. OTOMOTIFNET.com sempat menghirup nafas dalam-dalam, dan mulai menginjak pedal gasnya.

Sebelumnya, lirik dulu apa yang ada dibalik kap depannya, yakni sebuah mesin berkonfigurasi V, 12 silinder, 48 katup, dengan kapasitas 6592 cc, didukung twin turbocharger dan transmisi ZF 8HP90 8 speed otomatis, tenaga yang diproduksi mencapai 563 Hp dan torsinya 780 NM, flat mulai dari 1.500 – 5.000 RPM.

Ajaib! Tenaga monster yang terkandung dari padanan mesinnya ini sebenarnya secara spesifikasi bisa disejajarkan dengan mobil sport semisal Ferrari maupun Lamborghini. Tapi, Rolls Royce punya cara tersendiri untuk memuja penggunanya.

Fokusnya bukan pada kecepatan, namun bagaimana tenaga monster tersebut bisa tersalur dengan baik pada ke empat rodanya. Hasilnya? Ketika anda menekan pedal gas, sama sekali tidak ada hentakan, meskipun mobil ini hanya butuh waktu 4,9 detik untuk mencapai 100 km/jam!

Namun, harap maklum soal konsumsi bahan bakar dari mobil yang memiliki tekanan kompresi 10:1 ini. Rolls Royce Ghost masih bisa meminum Pertamax, dengan rata-rata konsumsi BBM yang tertera pada Multi Information Display yakni 25 liter per 100 km, artinya 1 liter Pertamax hanya untuk jarak 4 km.

Tapi, rute yang dilalui, yakni kawasan Prapanca – Antasari siang itu cukup padat, sehingga sulit untuk merasakan akselarasi dari Ghost. Namun positifnya, OTOMOTIFNET.com jadi lebih bisa merasakan handlingnya ketika menghadapi kemacetan dalam kota.

Memang, ini sedan yang besar, tapi ternyata tidak sulit untuk mengendalikannya di lalu lintas yang padat sekalipun. Setirnya bisa degan lincah mengikuti kemauan pengemudi, melewati celah sempit diantara jajaran mobil pun tidak membuat frustasi.

Sampai akhirnya, masuk juga ke jalan tol lingkar luar. Disinilah saatnya merasakan sensasi akselarasi dari Rolls Royce Ghost. Setelah mengambil jalur, barulah pedal gas diinjak sejadinya. Mobil pun meluncur dengan cepat, dan sekali lagi, tanpa hentakan!

Suspensinya yang didukung air suspension 4 titik menjadikan handling Ghost sangat terkendali. Apalagi, secara elektronik, suspensi ini bisa mengoreksi permukaan jalan setiap itungan 2,5 milidetik!

Sayang, selain harus mengikuti polisi pengawal, juga instruksi dari BMW X5 di depan, membuat OTOMOTIFNET.com tidak bisa secara maksimal mengeksplorasi tenaga dari Ghost ini. Tapi, lebih dari cukup untuk merasakan sensasi dari Rolls Royce Ghost.

Pertanyaan :
Kapan yah saya bisa memilikinya ?

Sumber :
Jum’at, 19 Agustus 2011
mobil.otomotifnet.com
Test Drive Rolls Royce Ghost
Tes Mengemudi Rolls Royce Ghost, Tenaga Monster Tersalur Lembut
Tes Penumpang Rolls Royce Ghost, Hotel Berjalan Pada Kendali Anda
Penulis : Bagja | Editor : Bagja | Foto : RollsRoyce Motor Cars Jakarta

Written by Joseph Setiawan

September 14, 2011 at 10:32 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: