Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Akankah Nasib Merk Mobil Chery Asal Negeri Tirai Bambu Sama Seperti Motor Dari Negeri Yang Sama?

with 20 comments


Pengguna mobil merek Chery seperti citycar QQ dan SUV Tiggo patut berlega hati. Pasalnya, setelah beberapa waktu lalu sempat hilang dari Indonesia akibat dilepas distributor resminya yaitu Indomobil, kini mereka kembali.

Yup, kehadiran Chery ke Indonesia diresmikan pada Kamis (23/2) di Wisma Chery Indonesia Jl. Hasyim Ashari No 1. Duta Merlin, Jakarta. Di bawah naungan prinsipalnya asal China langsung, kini Chery diageni oleh PT Chery Mobil Indonesia (CMI).

Asiknya, mereka tak hanya kembali dengan produk lawas saja. Karena dalam acara tersebut, CMI turut melepas tiga varian anyar. Ada Chery Eastar (MPV), Chery Tiggo (SUV), dan Chery TransCab (Pickup).

Harga yang ditawarkan pada varian Eastar yaitu Rp 199 juta. Pada SUV Tiggo dilepas Rp 159 juta dan terakhir, TransCab Pick Up dilego Rp 88 juta. “Harga tersebut terbilang kompetitif dibanding pesaingnya,” ujar Hosea Sanjaya, Presiden Direktur PT Chery Mobil Indonesia.

Selain ketiga produk tersebut, beberapa produk Chery di Indonesia memiliki setir kanan juga sudah ditampilkan di Wisma Chery. Nantinya, delapan produk yang telah dipilih akan masuk ke Indonesia secara bertahap.

“Kehadiran Chery memberikan alternatif produk yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, serta memberikan nilai tambah bagi industri otomotif merupakan tujuan utama dari dibukanya Wisma Chery,” pungkas Hosea.

Sumber
mobil.otomotifnet.com
Penulis : JJ • Teks Editor : Bagja • Foto : Ilham
Kamis, 23 Februari 2012



Merek mobil China, Chery kini vakum. Setelah mobil-mobilnya dijual oleh Indomobil Group sejak Desember 2006, Chery akhirnya kalah bersaing dan Indomobil memilih untuk mencoret Chery dari daftar merek mobil yang berada di bawah naungan Indomobil.

President Director Indomobil Group Jusak Kertowidjojo menjelaskan kalau hal ini terpaksa dilakukan Indomobil karena berbagai alasan.

“Kita sedang berdiskusi terus dengan Chery. Tapi kita belum tahu kapan Chery akan mulai aktif lagi,” pungkasnya.

Pabrikan China, Chery resmi dicoret dari jajaran merek mobil yang dipegang oleh Indomobil Group. Alasan utama pencoretan ini tidak lain adalah karena masalah kualitas produk yang dianggap tidak sesuai dengan yang diharapkan konsumen Indonesia.

“Ya mau bagaimana lagi. Kita harus melakukan perbaikan ini-itu sebelum menjual Chery. Kasihan juga bengkel yang harus terus memperbaikinya,” aku President Director Indomobil Group Jusak Kertowidjojo ketika dihubungi detikOto, Rabu (28/9/2011).

Faktor kualitas itulah yang menurut Jusak menjadi faktor utama Indomobil menon-aktifkan Chery dari jajaran merek mobil yang dipegangnya. “Kualitas belum beres, ada saja yang komplain. Kita kan tidak mau gara-gara 1 merek nama kita (Indomobil) ikut rusak,” jelasnya lagi.

Chery sendiri dibawa Indomobil pada tahun 2006 setelah mendirikan PT. Unicor Prima Motor yang merupakan perusahaan joint-venture antara Chery Automobile Co. Ltd. dan PT. Indomobil Group.

Sejak itu, Indomobil mulai merakit dan memasarkan mobil-mobil Chery untuk konsumen di Indonesia. Mobil-mobil Chery pun mulai mewarnai jalanan.

Ada dua mobil Chery yang diproduksi yakni mobil city car bernama Chery QQ pada 2006 dan setahun kemudian sebuah Sport Utility Vehicle (SUV) bernama Chery Tiggo.

Dari kedua model itu, Chery QQ yang hingga saat ini menjadi salah satu model mobil paling laris di China mendapat respons yang cukup baik. Chery pun sempat menjadi jagoan baru Indomobil.

Penjualan mobil Chery selama 3 tahun terakhir memang setahunnya tidak pernah menembus angka 1.000 unit.

Berikut data penjualan Chery di tanah air menurut data Gaikindo:

* Tahun 2009: Chery QQ 305 unit, Chery Tiggo 102 unit total 407 unit
* Tahun 2010: Chery QQ 491 unit, Chery Tiggo 37 unit total 528 unit
* Januari-Agustus 2011: Chery QQ 170 unit, Chery Tiggo 14 unit total 184 unit

Menyusul dicoretnya merek Chery dari daftar mobil yang dijual Indomobil, bengkel mobil yang masih beroperasi cukup sulit ditemui.

Dari penelusuran detikOto mengenai kendaraan asal China yang satu ini. Sejak lahirnya Chery di tanah air pada 2006 lalu, terdapat 11 showroom.

Di Jakarta terdapat 4 Showroom, yakni showroom yang dikelola PT Indomobil Prima Niaga di Wisma Indomobil 1 Lt. 1, PT. Indomobil Prima Niaga Komp. Sunter Agung Podomoro Jln. Danau Sunter Selatan Blok O/III No. 55-56 Jakarta 13450m, PT. Indomobil Prima Niaga Automall, SCBD Lot 6 Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta dan terakhir terdapat pada PT. Indomobil Prima Niaga Jln. Pantai Indah Selatan 1 Blok A Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara.

Sementara itu hanya terdapat masing-masing satu unit showroom dan bengkel di Tangerang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Bali.

Namun kini untuk showroom penjualan Cherry sudah dipastikan sudah tidak ada. Lalu bagaimana dengan pelayanan mobil bengkel Chery, dimana saja yang kini tersisa?

“Kalau untuk yang di MT Haryono semuanya sudah tidak ada. Semuanya pindah Pindah ke Sunter sejak Agustus 2011 kemarin baik bengkel dan showroom. Dan setahu saya Cherry itu hanya ada di Bintaro dan Sunter,” bisik salah satu petugas di gedung Chery yang berada di Lantai 2 Gedung 1 Indomobil MT Haryono.

detikOto pun menelusuri keberadaan Chery di daerah Sunter Jakarta Utara. Benar saja kini hanya terdapat bengkel saja untuk melayani keluhan konsumen.

“Di sini juga sudah tidak terdapat showroom tempat penjualannya. Sedangkan bengkelnya itu masih beroperasi sampai sekarang, tapi bengkelnya pun kini bergabung dengan Hino. Namun untuk spare part sih masih ada,” ujar Beny, personalia Hino, yang menempati gedung Chery di Sunter.

Kondisi tak jauh berbeda pun ternyata dialami Showroom dan bengkel milik Chery di Bintaro.

“Kita masih mencoba melayani konsumen di sini (bengkel), dan sparepart pun masih ada di sini. Tapi hanya untuk spare part fast moving atau yang sering cepat diganti akibat pemakaian. Tapi kami disini juga masih memiliki 2 unit Chery QQ berwarna merah dan hijau,” kata Bolo, bagian spare part Chery di Bintaro, saat dihubungi detikOto.

Sumber :
detikoto.com
Rabu, 28/09/2011
Kamis, 29/09/2011
Syubhan Akib
M. Luthfi Andika

Written by Joseph Setiawan

October 2, 2011 at 11:38 AM

20 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. nyesel bgt kalau sampai beli ini mobil, tergiur harga baru yg murah tp beberapa bulan pakai, keluhan n masalah bakal datang beruntun.
    wajar kalau indomobil mencoret merek cherry, krn kualitas mobil ini sangat2 buruk.

    cherry kualitas buruk

    June 27, 2012 at 12:38 AM

  2. Ah masa sih? Gua pengguna Chery Tiggo kayaknya ga bermasalah2 banget deh. Paling servis kaki, itu juga udah 4 tahun pemakaian. Menurut gua sih masih wajar. Artikel ini patut dipertanyakan kelurusannya. Jangan sampai menjadi bahan untuk menjatuhkan nama baik produk. Kalau mau tanyakan/survey ke pemakai juga dong misal: saya dan ibu saya. No ofense, tapi kita sepertinya perlu meng’edukasi’ dulu diri kita dalam menerima informasi. Jadi ga asal terima berita dan memberi opini, padahal fakta sesungguhnya juga kita belum tau. Trims.

    putra

    September 4, 2012 at 9:37 AM

    • Dear Mas Putra;

      Terima kasih atas masukannya. Kebetulan adik ipar saya juga membeli Cherry Tigo dari baru & di kantor tempat saya bekerja pun kita mencoba membeli Cherry QQ
      Secara umum komentar tentang kualitas alau kita lihat pada artiket tersebut adalah :
      1. itu adalah pernyataan dari President Director Indomobil Group Jusak Kertowidjojo yang dimuat pada detikOto, Rabu (28/9/2011).
      2. secara umum memang masalah kualitas terlihat tidak sebaik mobil jepang / korea dimana terlihat kaca mika head lamp yang lebih cepat buram, kualitas dahboard jika terjemur matahari setiap hari lebih cepat menurun kualitasnya.
      3. kualitas sistem suspensi secara umum akan tergantung kepada cara penggunaan mobil tsb, semakin kita hati2 maka umur kendaraan akan semakin panjang.
      4. Secara umum di dunia pun saat ini khususnya di China terjadi trend penurunan penjualan mobil buatan China tsb karena konsumen mobil di China pun mulai menuntut kualitas yang lebih baik.
      5. Masalah rem yang dikeluhkan pengguna Cherry QQ yang saya juga sempat tamyakan kepada mekanik indomobil pun dijawab cukup simple oleh mereka yaitu ada harga ada barang. Padahal menurut saya itu hanya disebabkan
      penggunaan booster rem yang kurang besar. Jika tidak ada masalah dengan garansi produk, maka booster rem tsb saya akan ganti dengan kapasitas yang lebih besar shg pengereman akan lebih enteng.

      Blog ini adalah untuk berbagi, tidak ada niatan dari penulis untuk menjatuhkan merk tertentu krn bagi saya tidak ada keuntungan yang saya dapatkan dari hal hal seperti itu.
      Semangat saya pada saat pembuatan blog ini adalah kita saling berbagi informasi dan saya mengucapkan banyak terima kasih atas sharing yang Bapak berikan.

      Thanks
      Joseph

      Joseph Setiawan

      October 12, 2012 at 12:00 AM

      • GIMANA NICH YG DI DAERAH MAS, CARI TALI KOPLING AJA AMPE SEKARANG KAGAK DAPAT -_-

        RIKI

        October 26, 2014 at 9:06 AM

      • MOHON DI BANTU YAH MAS, UNTUK DAERAH PEKANBARU-RIAU.
        ATAU ADA ALTERNATIVE LAEN YG COCOK UNTUK TALI KOPLING.
        TQ. SEBELUMNYA

        RIKI

        October 26, 2014 at 9:07 AM

  3. “Ah masa sih? Gua pengguna Chery Tiggo kayaknya ga bermasalah2 banget deh. Paling servis kaki, itu juga udah 4 tahun pemakaian. Menurut gua sih masih wajar. Artikel ini patut dipertanyakan kelurusannya. Jangan sampai menjadi bahan untuk menjatuhkan nama baik produk. Kalau mau tanyakan/survey ke pemakai juga dong misal: saya dan ibu saya. No ofense, tapi kita sepertinya perlu meng’edukasi’ dulu diri kita dalam menerima informasi. Jadi ga asal terima berita dan memberi opini, padahal fakta sesungguhnya juga kita belum tau. Trims.”

    putra

    September 4, 2012 at 9:38 AM

    • Sudah2 malah bertengkar hehe yg nulis blog ini gk bikers sih. Masalah kualitas sparpart memang jelek tetapi di akal ma mobil laen kan y bisa to. Ane dah pakek chery dr awal dipasarkan sampek sekarang toh byasa2 aja smwa barang tu harus di rawat nd djaga menurut ane buatan asia tidak ada yg awet tu wajar. Kalo ente beli yg kualitas eropa beda lagi mas bro

      samuel nugraha

      September 5, 2013 at 7:01 AM

    • Alamat.service di bandung dimana ya berangkali tau contact person untuk servicenya, txs

      darwin

      July 14, 2016 at 4:38 PM

  4. MENURUT SAYA CHERY TIGGO ADALAH MOBIL YANG BAIK DARI SEGI SUSPENSI DAN BAHAN BAKAR KALAU DIBANDINGKAN DENGAN MOBIL JEPANG……..CHERY TIGGO SERVICENYA GA MAHAL DAN SANGAT MURAH SAYA PENGGUNA MOBIL CHERY TIGGO SEJAK TAHUN 2010 DARI BARU SAMPAI SEKARANG SAYA PAKAI GA ADA MASALAH SAYA PATUT ANGKAT JEMPOL UNTUK MOBIL CHERY TIGGO…..YANG MENJADI MASALAH MEMANG PURNA JUAL MOBIL TIGGO DIBANDING MOBIL JEPANG KALAH….DALAM PURNA JUALNYA ……SAYA SERING MENGGUNAKAN MOBIL JEPANG SETELAH PUNYA CHERY TIGGO JAUH BANGET BEDANYA BAIK DARI SEGI PENGELUARAN BENSIN DAN SEBAGAINYA…..SELAMA 3 TAHUN ONDERDIL YANG BARU SAYA GANTI ADALAH BAN DAN SENSOR SPEDOMETER NYA SAJA……KALAU AGAN2 MEMBANDINGKAN DENGAN MOBIL JEPANG UNTUK SEKELAS 2000CC DAN SEMUA MENGGUNAKAN ELEKTRONIK YA TETEPLAH TIGGO YANG UNGGUL…..MAAF KALAU ADA YANG MAU BERENCANA GANTI MOBIL DAN MAU MEMBELI MOBIL MURAH BELI SAJA CHERY TIGGO………ATAU BISA TANYA KEPADA SAYA DI TLP 08559911336 ATAU EMAIL DI picavit@yahoo.com SAYA AKAN MEMBERIKAN KETERANGAN DENGAN BENAR SAMPAI SAAT INI MOBIL TIGGO SAYA PAKAI SAMPAI SEKARANG…………..DAN SATU LAGI MOBIL CHERY TIGGO SAYA KALAU DI TOL TIDAK PERNAH DIBAWA PELAN MELAINKAN DIATAS 120 KM/JAM GA ADA KELUHAN TUHHHH MALAH STABIL DAN MANTAPPPPPP SAYA PAKAI CHERY TIGGO WARNA HITAM YANG GX THANKS AGAN2.

    gunawan

    January 18, 2014 at 12:51 PM

    • salam kenal pak gunawan, saya baru memakai tiggo th 2010 dari temen yang udah bosan dan saya kaget dengan performanya, kalo mobil yg udah pernah sy rawat peugeout, vw, espass, amenity dan accord memang memiliki plus minus, tapi utk tiggo mulai saya cintai, mohon info bengkel yg tepat dan mengerti tiggo dimana ya ?? makasih …..salamm tiggo

      andi prasetiyo

      March 11, 2014 at 11:20 PM

  5. andi prasetiyo

    March 11, 2014 at 11:22 PM

  6. salam kenal untuk semuanya…
    saya malam ini tgl 16 juni 2014 alhamdulilah baru kesampaian beli cherry tiggo setelah tahunan naik motor..
    beli dari bandung.. bawa kejakarta…. alhamdulilah sekali lagi, mobilnya bisa lari kencang 120km bahkan masih bisa lebih kata anak saya yg bawa mobil… cuma istri komentar, suara ban atau ada suara dari luar masuk ke kabin… kemungkinan pelapis peredam suara nya kurang bagus… pada kesempatan ini saya ingin bertanya ke pada sobat2 ku… 1.power stering kalau ban di tekuk abis pas belokan minyaknya bocor… kena kenalpot ngebul… kaget juga… saya pikir mesinnnya yang ngebul… alhamdulilah sekali lagi… ternyata knalpot ketetesan minyak power stering… bagaimana dan kemana saya harus bawa mobil ini.. apa ke tukang power stering biasa bisa… mhn masukannya… smg tulisan saya ada yg baca malam ini.. hehehe biar saya bisa ambil keputusan cepat… dan apa ada wadahnya club mobil cherry… anak saya mau ikutan… terimaksh.. erwin 0817185197

    erwin cahyo dewantp

    June 17, 2014 at 2:28 AM

  7. Misi gan om bos saya mau nanya utk bengkel d semarang mana ya

    Anton Widiyanto

    June 28, 2014 at 7:54 PM

    • Di China mas pasti ada, kalau gak ada juga, langsung dijual disana aja, kan produk home industry, hehe.

      Wajib

      November 24, 2014 at 8:37 AM

  8. Namanya barang China mas, mau motor, HP, Laptop apa lagi mobil, ya tau sendiri kualitasnya. Yang banggain kan yang punya biar gak nyesel, padahal dalam hati nyesel banget. Coba anda bayangkan, bekas gak mau dilirik pasar, service purna jual susahnya minta ampun, brand gak banget sekelas geely, ah sudahlah barang China. Buat anda yang bangga-banggain, sebenarnya anda lagi memuaskan diri sendiri.

    Wajib

    November 24, 2014 at 8:35 AM

  9. […] File Name : Automotive – akankah nasib merk mobil chery asal negeri Source : josephsetiawan.wordpress.com Download : Automotive – akankah nasib merk mobil chery asal negeri […]

  10. dan juga susah bagi pihak leasing membiayai mobil ini😦 .

    Pinjaman Dana Tunai

    April 24, 2015 at 12:10 PM

  11. Tiggo bagus dan ok punya

    hendrawan

    December 8, 2015 at 1:39 AM

  12. Hai broo.. salam kenal dari ane tonie, maksud ane pengen nanya sekalian diskusi megenainproduk chery tiggo. pertanyaan pertama ginie.. ane mau beli produk cherry tigo, denger dari temen produk ini rewel alias ada keluhan di supensi, tali kopling dan platnya. padahal produk tiggo yg mau ane bayar itu keluaran tahun 2008. mohon penjelasannya bagi yang mau berbagi ilmu yang broo. karena ane yakin berbagi ilmu yang baik kepada sohib itu ade pahalanye. yang kedua, bengkel resmi tiggo di daerah bogor itu ade di daerah mane? cz ane nguli di bogor n padepokan juga di bogor, sebulan sekali dah ke pisangan jak tim. tlg bantu ane ya broo. tq banget nih, smoga Tuhan memberikan kemudahan untuk ente broo. amin ya Robb.

    toniesapto

    February 2, 2016 at 11:29 AM

  13. Salam kenal semuanya, gan mau tanya dimana jual spare part cery tiggo yang lengkap di daerah jakarta atau bandung

    verdi

    April 14, 2016 at 8:41 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: