Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Trend Harga Mobil bekas

leave a comment »

Dari pengamatan trend harga mobil selama beberapa tahun, maka penulis menyimpulkan beberapa hal yaitu:
1. Jika ingin menjual mobil bekas, secara umum sebaiknya dilakukan beberapa saat sebelum
lebaran karena deman pembelian mobil bekas akan meningkat karena kebutuhan kendaraan
untuk mudik
2. Jika ingin membeli kendaraan bekas, secara umum sebaiknya dilakukan beberapa saat setelah
lebaran. Hal ini dikarenakan :
– setelah hari raya permintaan kendaraan baik bekas maupun baru akan menurun sebagai
dampak pemakaian uang untuk libur panjang
– banyak keluarga di Indonesia memiliki perilaku konsumtif yaitu saat pulang kampung
ingin terlihat sebagai individu sukses. Setelah momen libur lebaran lewat maka mereka
cenderung akan menjual kendaraan tersebut
– dampak dari pedagang mobil yang mengalami overstock dan membutuhkan cash flow

Berikut adalah ulasan dari salah satu tabloid otomotif:
Ini mungkin saat yang tepat untuk membeli mobil bekas. Sebab bila menjelang Lebaran lalu harga mobil bekas mengalami kenaikan, kini, hampir semua pedagang mobil bekas berani banting harga.

Senior Marketing Manager PT Marga Sadhya Swasti (WTC Mangga Dua) Herjanto Kosasih mengatakan kalau momen banting harga ini terjadi sebagai bentuk daya tarik para pedagang untuk memancing pembeli di pasca Lebaran ini.

“Saat ini para pedagang mobil bekas banting harga, dengan cara banting harga maka kembali konsumen beramai-ramai datang untuk mendapatkan mobil idamannya,” ungkapnya di WTC Mangga Dua, Kamis (29/9/2011).

”Kalau sebelum lebaran konsumen banyak mencari mobil keluarga seperti Avanza, Xenia, Innova, APV dan lain-lain, yang penting dapat muat banyak, tapi untuk pasca lebaran, yang dicari sudah sangat berfariatif seperti MPV, Sedan, City Car dan yang lainnya,” tambah Herjanto.

Dengan strategi itu, diperkirakan penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua akan terkerek naik dibanding bulan Agustus. “Harga mobil bekas disini rata-rata turun Rp 5 juta. Itu terjadi di hampir semua tipe,” cetusnya.

Di pusat penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua tersebut tercatat 2.930 mobil bekas terjual di bulan Juni dan 2.600 unit di bulan Juli. Pada bulan Agustus penjualan disana mencapai 2.300 unit, turun akibat momentum Lebaran. “Sampai hari ini, sudah ada sekitar 1.900 mobil yang terjual untuk September,” imbuh Herjanto.

”Jumlah ini naik dari rata-rata penjualan bulanan tahun lalu yang cuma sekitar 1.800 unit per bulan. Sekarang rata-rata bulanan kita sudah diatas 2 ribuan unit,” ujarnya Herjanto.

”Keadaan penjualan yang lancar dan ramai seperti ini, benar-benar di luar perkiraan kita, mengingat di tempat lain sedang lesu pasca Lebaran, tapi pedagang di Bursa Mobil WTC Mangga Dua malah panen, kata kuncinya ya itu tadi, pedagang disini berani banting harga untuk menarik konsumen agar membeli mobil idamannya.” jelasnya.

Dan dari sekian banyak model mobil yang beredar, hatchback ternyata menjadi model mobil yang kini paling dicari pembeli. “Hatchback sekarang mulai gila. Mulai jadi trend,” pungkasnya.

BCA Finance Gelar ‘Auto Fiesta’

Menarik minat pembeli itu memiliki banyak cara. Bila para pedagang di WTC Manga Dua membanting harga mobil bekas yang mereka jual, BCA Finance lain lagi. lembaga pembiayaan ini memilih untuk membagi-bagikan cash-back kepada para pembeli mobkas yang membeli mobil secara kredit.

Deputy Director PT BCA Finance KA Wibowo menjelaskan kalau selama bulan 1 Oktober 2011 sampai 29 Februari 2012, BCA Finance mengadakan Program “BCA Finance Auto Fiesta” yakni sebuah program Lucky Dip Cashback bagi pembeli mobil bekas khusus di Bursa Mobil WTC Mangga Dua yang pembiayaannya menggunakan BCA Finance, akan berkesempatan mendapatkan hadiah berupa kartu Flazz yang didalamnya terisi daha hingga Rp1 juta.

“Ada 2.200 kartu Flazz yang akan dibagikan,” ungkap Wibowo.

Adapun program beli mobil bekas dapat hadiah ini merupakan kali kelima diadakan oleh BCA Finance yang memberikan bunga 6,5% untuk tenor 1 sampai dengan 3 tahun, proses cepat dan persyaratan yang mudah bagi para nasabahnya.

Sumber :
Kamis, 29/09/2011
Mobil Bekas Mulai Turun Harga
Syubhan Akib
detikoto.com

Written by Joseph Setiawan

October 2, 2011 at 11:25 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: