Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Rotor Filter Oli Wajib Diservis Juga

leave a comment »

Rotor oli filter diservis pas lagi copot bak mesin(kiri). Kerak geram cukup di cuci pakai bensin(kanan).

Khusus Honda GL series hingga Tiger Revo, filter oli yang wajib dibersihkan bukan cuma yang ada di bawah crankcase kiri. Di mana di dalamnya terpadat kawat kasa yang ditahan seperti tutup klep dan ditekan pegas.

Kawat kasa bertugas menyaring kotoran kasar oli di bawah bak mesin setelah pelumas bersirkulasi. Lalu oli tersaring tadi diisap pompa oli untuk dialirkan ke beberapa bagian. Di antaranya ke head, kruk-as, seher, girboks juga kopling.

Cuma khusus aliran pelumas dari pompa ke arah kruk as dan piston, kembali disaring saat melewati rotor saringan oli. Sehingga oli yang akan melumasi bagian berputar dan bergesek seperti kruk-as dan piston bersih dari geram.

“Karena kerjanya kontinu atau berulang, geram yang enggak tersaring kawat kasa kelamaan akan numpuk di dalam rumah rotor filter oli. Jika didiamkan atau dianggap sepele, dipastikan serpihan besi halus bikin mampet aliran oli. Mesin pun gampang overheat,” ulas Teguh Wiyono, mekanik Ganesha Motor di Jl. Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur.

Oleh sebab itu, saran Teguh saat servis filter oli jangan cuma kawat kasanya. Rotor filter oli yang terpasang di depan gir primer dan berada di dalam bak mesin juga perlu dibersihkan.

“Bedanya bersihin kawat kasa bisa kapan saja. Tapi, servis rotor oli filter biasanya dilakukan saat bak kopling dibongkar atau ketika servis besar. Sebab rotor oli fiter di dalam bak mesin harus dibongkar saat dipasang pada poros kruk-as kiri,” timpal Aries Indriyanto dari BJ Speed.

Prosesnya sendiri lanjut Aries, melepas bak kopling berikut peranti lainnya yaitu kick starter, kabel dan tuas kopling. Tidak lupa saat copot bak mesin, oli di dalam crankcase dibuang lebih dulu hingga tuntas.

Setelah rotor filter oli tampak, langkah berikut buka tutup rotor dengan mengendurkan tiga bautnya. Baru deh tutupnya dibuka perlahan agar geram yang sudah menumpuk tidak tumpah.

“Biar maksimal, sekalian rotor dilepas dari as dengan membuka mur pakai kunci sok 17. Begitu terpisah, geram dicuci pakai bensin hingga kerak yang keras pun dapat terangkat,” lanjut Aries dari Jl. Krukut Raya, Limo, Depok.

Dan khusus buat bebek Honda, rotor oli filter juga bisa dibuka pada bagian depan rumah kopling sentrifugal. Caranya juga sama, yaitu dengan melepas ketiga baut penutupnya.

Sumber :
motorplus-online.com
Penulis : KR15 | Editor : Nurfil | Foto : Yudi
Minggu, 28 Agustus 2011
Tips Harian
Rotor Filter Oli Wajib Diservis Juga!

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 8:43 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: