Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Audi A4 VS BMW 325I M Edition, Pertarungan Kelas Menengah

leave a comment »




Pada ‘golongan’ sedan premium, Audi A4 dan BMW 3 series memang boleh dibilang bersaing. Tentu persaingan ini diwujudkan dengan upaya memenuhi pengguna yang menjadi segmennya, yaitu kelas eksekutif menengah yang menggunakan tunggangannya sebagai kendaraan sehari-hari, juga sanggup memuaskan keinginannya mengemudikan sendiri tunggangannya di akhir minggu.

Selain desain yang elegan, kenyaman dan performanya masih menjadi unggulan. Untuk itu OTOMOTIF mengkomparasikan dua sedan premium menengah Jerman ini, dengan mengulas kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan kaum eksekutif muda.

Pada unit yang diuji, Audi A4 dengan BMW 325i M Edition, keduanya menyuguhkan kemampuan dan performanya dengan sempurna. Audi dengan mesin 1.800 cc dilengkapi turbo, sementara BMW 325i mengandalkan mesin segaris 6 silinder.

Kenyamanan
Kenyamanan memang jadi tujuan utama dengan kendaraan seperti ini. Tetapi Audi memberikan kenikmatan saloon yang khas dengan jok dan suspensi lembut. Sementara BMW 325i M Edition, juga telah mengubah suspensi menjadi lebih lembut dibandingkan pendahulunya.

Namun, bantingan suspensi BMW masih terasa lebih stiff ketimbang Audi. Tentu karena BMW lebih memberikan kesan sporty pada M Edition ini. Sementara di bangku belakang, keduanya memberikan kenyamanan yang sama, hanya Audi memiliki ruang lebih lapang.

Audi: ***
BMW: ***

Performa
Keduanya memberikan performa baik, serta handling bagus. Namun, dengan mesin 2.500 cc BMW mampu memberikan akselerasi lebih baik, ketimbang Audi yang dipersenjatai mesin 1.800 cc meski dilengkapi dengan turbo. Walaupun begitu, keduanya memberikan kepuasan tersendiri bagi yang menungganginya. Hanya BMW M Edition ini memberikan sensasi lebih dinamis.

Audi: ***
BMW: ****

Akselerasi (detik)
0-100 km/jam
Audi: 9,1
BMW: 7,8

40-80 km/jam
Audi: 5,0
BMW: 3,9

0-402 m
Audi: 18,3
BMW: 16,1

Konsumsi Bahan Bakar
Jika performa tinggi yang diinginkan, tentu akan berseberangan dengan konsumsi bahan bakar. Apalagi, karakter keduanya memang dirancang untuk memberikan akselerasi terbaik dengan mesin yang diusungnya.

BMW, meski menggunakan mesin tanpa turbo, tetapi dengan kapasitas dan jumlah silinder yang banyak, tentu meminum bensin cukup banyak, sesuai dengan performa yang dihasilkannya. Begitu pun Audi, walau berkapasitas cukup kecil, tetapi dengan adanya turbo, konsumsi bahan bakar pun akan disesuaikan dengan kemampuannya yang memang cukup besar.

Audi: ****
BMW: ***

Konsumsi BBM
Dalam kota
Audi: 1/8
BMW: 1/7

Konstan 100 km/jam
Audi: 1/14
BMW: 1/12,8

Luar kota
Audi: 1/12
BMW: 1/10,3

Style
Desain keduanya boleh dibilang sedikit berbeda. Rancangan lebih kompak juga lebih dinamis ada pada BMW 3 series.Sementara Audi A4, walaupun rancangan lampu serta grilnya mencerminkan kesan agresif, tetapi rancangan keseluruhan tetap layaknya saloon.

Tentu dengan dimensi yang lebih besar, jika disejajarkan dengan BMW yang terlihat lebih kompak. Namun, untuk desain, tentu selera penggunanyalah yang lebih utama. Jika ingin tampil lebih elegan, tentu Audi A4 menjadi pilihan, namun kesan sporty lebih kuat pada karakter garis desain BMW 3 series.

Audi: ***
BMW: ****

Akomodasi
Keduanya memberikan akomodasi yang cukup untuk penumpang dan barang. Mulai dari penyimpanan barang berupa cup holder, lantas berbagai stowage dan juga ruang bagasi yang luas, memungkinkan memasukan tas golf (golf club) dan beberapa tas serta barang ke dalamnya. Namun, ruang penumpang belakang pada Audi A4 lebih lega ketimbang BMW meski untuk menampung 3 orang dewasa, keduanya masih terasa cukup.

Audi: ****
BMW: ***

Fitur
Fitur keduanya cukup lengkap. Tetapi Audi A4 menyuguhkan pilihan istimewa pada transmisinya. Dengan pilihan Comfort, Standard dan Sport, percepatan akan berubah hanya dengan menekan tombol pada konsol tengah.

Sementara BMW mengandalkan tipronic dan paddleshift yang berpindah sangat responsif. Lalu juga menggunakan RFT (Run Flat Tire), sehingga tak memerlukan ban cadangan, sementara Audi masih ‘konvensional’ dengan ban cadangan berukuran lebih kecil. Soal multimedia, BMW unggul dengan adanya TV monitor.

Audi: ***
BMW: ***

Harga
Harga keduanya terpaut cukup jauh. Tentu dengan kapasitas mesin berbeda pun menjadi salah satu perbedaannya. Audi A4 dengan mesin 1.800 cc ini dijual dengan harga Rp 534 juta (off the road), sementara BMW 325i M Edition dilego dengan harga Rp 689 juta (off the road). Dari sini, Audi memang memberikan sisi ekonomis dengan A4 1.8 TFSI, meski BMW pun menawarkan dengan daya tariknya sendiri..

Audi: ****
BMW: ***

Kesimpulan
Karakter, itulah yang jadi pembeda di antara keduanya. Masing-masing mampu memberikan keunggulannya di antara Audi A4 dan BMW 325i M Edition ini.

Dengan segala hal yang mengetengahkan kesan elegan Audi A4 mampu memberikan daya tarik tersendiri. Sementara BMW 325i M Edition, tampak lebih jelas dengan karakter sporty namun tetap mengetengahkan sisi mewan dan elegan.

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Tim Otomotif,Bagja, Reza
Rabu, 18 Januari 2012

Written by Joseph Setiawan

March 4, 2012 at 11:17 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: