Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Honda Brio

leave a comment »

Perkiraan kapan dijual di Indonesia:
Honda Brio yang hadir di IIMS kemarin akhirnya positif dijual di Indonesia tahun depan. Unit-nya pun akan langsung didatangkan dari Thailand.

Diharapkan unit sudah bisa berada di tangan konsumen pada awal 2012 mendatang. Untuk urusan harga diperkirakan tidak jauh berbeda dengan di Thailand.

Sumber :
07 September 2011
APG

Perkembangan terakkhir :
Honda sempat memamerkan Brio saat pameran Indonesia International Motor Show 2011, tapi saat itu katanya hanya dipajang. Tapi seiring berjalannya waktu, diam-diam PT Honda Prospect Motor sedang melakukan pengujian mobil imut ini.

“Iya sedang kita uji di beberapa kota besar di Indonesia. Saat ini mungkin sedang di Jawa Timur,” ujar Jonfis Fandy, Direktur Marketing PT HPM.

Jonfis mengatakan, sampai saat ini tugas HPM hanya melakukan pengujian terhadap Brio dan belum tau kapan akan bisa mulai dipasarkan di Indonesia. “Belum tau kapan, yang jelas baru bisa ditentukan saat pengujian ini selesai, sekitar akhir tahun ini,” paparnya.

Brio yang diuji jalan di Indonesia ini masih sama dengan Brio yang ada di Thailand, degan menggunakan mesin berkapasitas 1.2 liter. Namun, Jonfis masih enggan membeberkan rincian spesifikasinya lebih lanjut. “Pokoknya masih sama dengan di Thailand, tunggu saja,” ujarnya mantap.

seperti kita tau, Honda Brio merupakan cikal bakal mobil murah Honda untuk Indonesia. Meskipun PT HPM secara tegas mengatakan tidak akan pernah memasarkan mobil murah.

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Kamis, 18 Agustus 2011 12:02 WIB
Penulis : Bagja | Teks Editor : Bagja | Foto : Honda

Perkiraan harga :
Pasar city car kembali semarak dengan lahirnya Honda Brio di Thailand. Di negeri Gajah Putih itu, Honda Brio dibanderol mulai 399.900-508.500 baht atau sekitar Rp 115,8 juta sampai Rp 147 jutaan.

Pertanyaannya adalah akankah mobil kecil itu masuk ke pasar otomotif Indonesia. Soalnya Honda Brio dibanderol cukup murah di Thailand. Seperti dilansir situs Honda, Jumat (18/3/2011) produsen mobil Jepang itu sangat yakin Brio mampu terjual sebanyak 40.000 per tahun di Thailand.

Ketika dimintai tanggapannya soal Brio, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan Honda Indonesia sepertinya tertarik dengan mobil tersebut. Soalnya dari segi konsep, mobil tersebut sangat kompetitif namun kapan masuk ke tanah air belum lah jelas.

“Nanti diberitahu kalau sudah akurat,” tegas Jonfis ketika dihubungi, Jumat (18/3/2011).

Honda Brio terlahir dengan mesin kapasitas 1.2-liter 4-cylinder i-VTEC engine dengan tenaga 90 hp. Konsumsi BBM-nya mencapai 5 liter untuk 100 km atau 1:20. Emisinya sudah sesuai dengan standar Euro4.

Namun yang masih jadi persoalan HPM adalah harga yang pantas untuk Brio di RI. Jonfis pun enggan berkomentar masalah harga Brio jika nantinya masuk pasar mobil Indonesia.

Soalnya, di Thailand Honda Brio mendapatkan insentif dari pemerintah Thailand karena termasuk mobil eco car. Sementara pemerintah Indonesia tidak ke arah itu.

Nah, bagaimana menurut Anda. Berapa harga yang pantas untuk Brio jika Honda benar-benar merilis mobil itu ke Indonesia?

Sebagai perbandingan saja jika mobil ecocar lainnya yakni Nissan March di Bangkok harganya Rp 109 jutaan, begitu masuk ke tanah air harganya naik Rp 32 juta menjadi mulai Rp 141 jutaan, apakah Brio bakal berada di kisaran kenaikan yang sama?

Sumber :
ddn / ddn
Detikoto.com
Jumat, 18/03/2011 15:07 WIB
Muhammad Ikhsan – detikOto

Perkiraan data teknis:
Menggunakan mesin i-VTEC 4 silinder berkapasitas 1.200 cc, Brio memiliki tenaga sebesar 90 hp pada putaran mesin setinggi 6.000 rpm dan torsi sebesar 110 nm pada 4800 rpm. Selain ramah lingkungan, mobil ini juga diklaim irit bahan bakar. Dari hasil tes yang telah dilakukan pihak Honda, Brio dapat meminum bahan bakar sebanya 1 liter untuk menempuh jarak 20 km.

Seperti dikutip dari burnyourfuel Sabtu (19/03/2011) Brio tersedia dalam dua versi, yakni tipe S dan V. Kedua tipe tersebut juga tersedai adalam transmisi manual 5 kecepatan, sedangkan khusus tipe V disediakan pilihan transmisi CVT otomatis.

Dengan dimensi panjang 3.610mm, lebar 1.680mm, dan tinggi 1.485mm serta wheelbase 2.345mm, Brio diklaim memiliki ruang kabin yang cukup lega dengan ruang bagasi yang luas. Namun tetap mudah untuk diajak parkir ditempat sempit.

Brio S yang bertransmisi manual dibanderol 399.900 baht atau sekitar Rp 115,9 juta dan Brio bertransmisi otomatis dihargai 469.500 baht atau sekitar Rp 136 juta.

Adapun varian Brio V, dibanderol dengan harga 508.900 baht atau sekitar Rp 147,9 juta. Meski harganya murah, namun factor keamanan dan keselamatan tetap diperhatikan.

Terbukti Honda tetap menggunakan fitur pengereman Antilock Brake System (ABS), dual airbag, Electronic Brake Force Distribution (EBD), bahkan Electronic Power Steering (EPS).

Ada lima warna yang akan ditawarkan, Fresh Lime Metallic (new), Taffeta White, Cerulean Blue Metallic, Alabaster Silver Metallic dan Crystal Black Pearl.

Sumber :
uky
Edo Permanadhita – Okezone
Sabtu, 19 Maret 2011 09:40 wib

Written by Joseph Setiawan

September 7, 2011 at 8:59 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: