Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Serba Serbi Oli

with one comment

1. Oli Dengan Standard API SN / ILSAC GF-5
Bila melihat secara detail mengenai standard API SN / ILSAC GF-5 yang akan keluar tidak lama lagi, sepertinya secara teoritis cukup menjanjikan adanya suatu perbaikan yang signifikan daripada standard API SM / ILSAC GF-4 yang umum saat ini.

Standard ILSAC GF-5 mensyaratkan kemampuan ‘Phosporous Retention’ dimana pada ILSAC GF-4 hal ini tidak disyaratkan.

Apa itu Phosporous Retention ?
Yaitu kemampuan menahan senyawa Phospor agar tetap tinggal di dalam pelumas untuk jangka panjang, dimana senyawa Phospor ini terkait dengan zat antiwear penting yaitu senyawa Zinc (ZDDP). ZDDP merupakan zat penting untuk mencegah keausan komponen Valvetrain (Camshaft / Tappet / Rocker Arm), khususnya bagi mesin-mesin yang belum mengunakan mekanisme Roller Rocker arm.

Jika semakin sedikit Phospor yang meninggalkan pelumas maka Catalitic Converter juga semakin sedikit terkontaminasi oleh zat Phospor sehingga diharapkan usia Catalitic Converter akan lebih panjang lagi.

Turbocharger Protection :
ILSAC GF-5 mensyaratkan kemampuan untuk mencegah ‘coking’ atau terbentuknya endapan di jalur oli Turbo, sehingga pelumasan ke Turbo tetap prima.

Hal ini juga untuk mengantisipasi jika mesin dimatikan mendadak tanpa idle sehabis lari kencang.

Ini mengingat berkembangnya trend mesin-mesin Gasoline / GDI – Turbo belakangan ini.

Kombinasi Standard API SN / ILSAC GF-5 + GM Dexos 1 :
Seiring menjelang lahirnya ILSAC GF-5, pihak General Motor juga akan membuat standard berbasis API SN yang ditingkatkan lagi yang disebut Dexos 1, dimana menekankan perbaikan Anti Wear Performance yang lebih baik, sementara aspek-aspek lainnya sama seperti ILSAC GF-5.

2. Pelumas Gardan (Rear Axle):
Pelumas Gardan (Rear Axle) bagi kendaraan dengan Penggerak Roda Belakang adalah berperan penting dalam melindungi atau menjaga keawetan roda-roda Gigi pada Gardan (Hypoid Gear).

Dalam memilih Pelumas untuk Gardan, yang harus kita perhatikan paling utama adalah pelumas harus memenuhi persyaratan API GL-5 (GL-5 Comply), sebab tidak sedikit pelumas roda gigi di pasaran yang hanya comply ke API GL-4.

Apa perbedaaan API GL-5 dan API GL-4 ?

Perbedaannya adalah pada komposisi kandungan ‘EP additive’, dimana kandungan EP additive pada API GL-5 lebih besar karena beban kerja roda gigi Gardan yang sangat berat.

Sedangkan API GL-4 ditujukan untuk pelumas transmisi manual (transmisi manual yang menggunakan pelumas SAE 75W90 s/d SAE 90)

Sedangkan untuk kendaraan 4×4 umumnya mengaplikasikan Gardan type Limited Slip Differential, harus menggunakan pelumas Gardan yang LSD Comply.

Keterangan mengenai API GL-5 atau API GL-4 dan juga ‘LSD comply’ tertera pada label di sisi belakang botol pelumas roda gigi.

Penggunaan type pelumas yang tidak tepat atau tidak sesuai seperti yang disyaratkan pada buku manual kendaraan kita akan berisiko memperpendek usia roda gigi Gardan, sedang untuk Gardan LSD dapat membuat kinerja Gardan menjadi tidak maksimal.

3. Sering kita menjumpai pelumas yang juga memiliki standard selain API Service, yaitu standard ACEA. Misalnya tertulis ACEA A3/B4

Apa itu standard ACEA ?
ACEA adalah singkatan dari Association des Constructeurs Europeens d’Automobiles atau Asosiasi Produsen Mobil Eropa.

ACEA Ax : Pelumas Mesin Bensin / Gasoline
ACEA Bx : Pelumas Mesin Diesel kendaraan penumpang
ACEA E : Pelumas Mesin Diesel kendaraan besar seperti Truk, Bus, Alat Berat, dll.

A1/B1
Pelumas yang ditujukan untuk mesin Bensin dan Diesel kendaraan penumpang (B1) yang di desain untuk menggunakan pelumas dengan viskositas rendah / encer. Penggunaan pelumas kategori ini harus mengacu kepada buku manual kendaraan yang bersangkutan.

A3/B3
Standard untuk pelumas dengan kinerja yang stabil, untuk penggunaan pada mesin Bensin kemampuan tinggi dan mesin Diesel kendaraan penumpang (B3) dan untuk interval ganti oli yang panjang sesuai dengan yang direkomendasikan pabrik mobil.

A3/B4
Sama seperti A3/B3, A3/B4 juga baik untuk mesin Diesel Direct Injection pada kendaraan penumpang.

A5/B5
Sama seperti A1/B1, hanya saja A5/B5 harus memiliki kemampuan interval ganti oli yang lebih panjang.

Catatan :
ACEA A1/B1 atau A5/B5 adalah standard khusus untuk pelumas dengan kekentalan antara SAE 5W-20 s/d 5W-30 (HTHS antara 2.9 – 3.5).
ACEA A1/A3/A5/B1/B4/B5 berlaku semenjak tahun 2002 dan diperbaharui di tahun 2004, 2007 & 2008.
ACEA B3 berlaku semenjak tahun 1998 dan diperbaharui di tahun 2002, 2004, 2007 & 2008.

E4
Pelumas dengan kinerja yang stabil, memiliki kontrol yang baik untuk kebersihan piston, mencegah keausan, kontrol yang baik terhadap deposit jelaga serta stabilitas pelumasan. Direkomendasikan untuk mesin Diesel yang memenuhi standard Euro 1 / Euro 2 / Euro 3 / Euro 4 dengan penggunaan dalam kondisi berat seperti interval ganti oli yang sangat panjang sesuai dengan yang disarankan pada buku manual kendaraan.

E6
Pada prinsipnya sama seperti E4, tetapi E6 ini dapat untuk digunakan pada mesin Diesel dengan Filter Partikulat (DPF), juga untuk mesin Diesel yang dilengkapi katalis NOx – SCR.

E7
Pada prinsipnya sama seperti E4, tetapi dengan penambahan fitur : menjaga kebersihan piston & Cylinder liner. Juga harus sangat baik dalam mencegah keausan & menjaga agar Turbo agar tetap bersih / bebas dari deposit.

Catatan :
ACEA E4 berlaku semenjak tahun 1999 dan diperbaharui di tahun 2002, 2004, 2007 & 2008.
ACEA E6 & E7 berlaku semenjak tahun 2004 dan diperbaharui di tahun 2007 & 2008.

Sumber :
APG

Written by Joseph Setiawan

September 3, 2011 at 7:41 AM

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. Info ini sangat berfaat bagi saya dalam memilih oli. Terutama untuk kendaraan saya

    angga as

    September 19, 2014 at 6:32 PM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: