Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Tangkap Pencuri Mobil via Facebook

leave a comment »

Situs pertemanan Facebook tak hanya bisa menjadi wahana untuk membangun jejaring sosial dengan orang lain. Namun, bila didayagunakan secara maksimal, situs itu juga efektif untuk melacak pelaku kejahatan.

Pengalaman sebuah perusahaan penyewaan mobil di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat, adalah contoh nyata dari fungsi Facebook itu. Seperti dilansir Washington Post dan autoguide.com, Senin, 3 Oktober 2011, karyawan perusahaan itu berhasil meringkus penyewa mobil yang berusaha membawa kabur mobil yang disewanya.

“Menurut pernyataan resmi pengadilan setempat, karyawan itu berhasil menangkap tersangka dengan menyamar sebagai temannya melalui situs pertemanan Facebook,” demikian bunyi laporan dua media tersebut.

Kejadian itu bermula saat Jennifer Marshall Hansen, 42 tahun, yang bertempat tinggal di Sandy City, Utah, menyewa mobil di perusahaan yang tak disebutkan namanya itu. Sesuai dengan perjanjian, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) Ford Explorer model 2009 yang disewa itu sudah harus ia kembalikan pada 1 September.

Namun, saat tenggat itu tiba, Jennifer tak datang. Sehari, dua hari, hingga sepekan wanita itu tak kelihatan batang hidungnya. Celakanya, saat didatangi ke tempat tinggalnya, Jennifer tak berada di tempat. Ia raib entah ke mana.

Para pegawai mencoba bersabar untuk menunggu hingga pekan kedua. Tetapi, hasilnya nihil. Hingga pada pekan ketiga, mereka tak sabar.

Namun, salah seorang karyawan mengusulkan kepada bos perusahaan itu. Ia mengaku mempunyai cara jitu untuk meringkus Jennifer. Singkat cerita usul itu disetujui.

Lantas, sang karyawan pun membuka akun Facebook miliknya dan mencari tautan dengan Jennifer Marshall Hansen. Setelah melakukan beberapa tautan dengan cermat, ia berhasil berkomunikasi dengan orang yang dimaksud.

“Ia pun membuat janji dan menentukan tanggal yang disepakati bersama,” demikian bunyi pernyataan pengadilan Salt Lake City.

Pucuk dicita ulam tiba. Jennifer ternyata membawa serta mobil SUV yang disewanya itu. Setelah bertemu, dan tanpa basa-basi, sang karyawan langsung meringkus wanita tersebut dan segera menghubungi aparat penegak hukum. Jennifer pun diamankan.

Kini wanita itu menghadapi tuntutan pengadilan tingkat kedua dengan tuduhan kejahatan pencurian. Dia diancam hukuman penjara selama 15 tahun.

Sumber :
ARIF ARIANTO
Senin, 03 Oktober 2011
TEMPO Interaktif

Written by Joseph Setiawan

October 4, 2011 at 9:22 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: