Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Cara Aktifkan Fitur Tersembunyi Ford Fiesta

with 4 comments

Speed digital bisa tampil dalam satuan mph

Ford Fiesta bisa dibilang mobil yang paling banyak menyenangkan hati pemiliknya. Pasalnya, banyak fungsi dari fitur-fitur tersembunyi yang dimiliki hacthback empat pintu ini. Setelah sebelumnya ada kompartemen rahasia di konsol tengah, kini ada fitur yang akrab disebut ‘secret menu’.

“Dari sini kita bisa tahu lebih detail tentang kondisi mobil secara jelas dan detail,” seru Akash Kanaya, mewakili pemilik Fiesta asal Bandung, Jabar yang tergabung dalam Indonesian Ford Fiesta Community (Infinity).

Untuk mengetahui ‘secret menu’ itu, langkah pertama adalah menekan dahulu tombol tuas di odometer atau tombol di ujung tuas di sebelah kiri (tuas sein).

Pilih salah satu saja. Tahan dalam waktu sekitar 5 detik. Kemudian langkah kedua, putar kunci kontak untuk menyalakan mesin, sembari masih menekan tombol seperti langkah pertama. Selanjutnya tunggu sampai muncul teks ‘TEST’ pada layar LCD di panel odometer tengah. Pada tahap ini seluruh lampu indikator akan menyala di panel instrumen.

Ada lebih dari 10 tahap pengukuran yang dapat diketahui melalui layar LCD di panel odometer tengah. Di antaranya gauge test, hexadigit check untuk memastikan adanya dead pixel, diagnosis trouble code, LED check, volume bensin, temperatur pendingin mesin, voltase baterai untuk antisipasi tekor, serta jika ada kesalahan pada fitur ABS dan EBD.

Yang menarik, juga ada pengecekan speed digital dalam satuan mph (mile per hour) meskipun Fiesta di Indonesia menggunakan satuan ukuran kecepan metric (kph).

Accu voltmeter, antisipasi tekor (kiri) – Digital tachometer (rpm), favorit para anggota Infinity

Lalu, ada rpm digital yang diakui Akash sangat presisi hingga menjadi favorit para anggota di forum. Semuanya disajikan secara jelas dan aktual.

Yang perlu diperhatikan, masing-masing tahapan tak serta-merta muncul, namun diharuskan menekan kembali tombol tuas di odometer atau tombol di ujung tuas sebelah kiri seperti yang dilakukan pada langkah pertama. “Dari sini bisa ketahuan kalo ada kerusakan, sekalian untuk preventive checking,” jelas pembesut Ford Fiesta 1.4 Trend A/T 2011 ini.

Begitu juga jika ada malfungsi sensor-sensor pada pengapian, transmisi kelistrikan dan kinerja mesin serta komponen pendukungnya yang bersifat elektris. Akan terdeteksi lebih awal di layar panel. Keuntungan dari ritual seperti ini yaitu bisa melakukan pengecekan rutin sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel untuk diagnosis.

Mudah kan! Nah, bagi pemilik Ford Fiesta yang masih penasaran, bisa mengakses http://www.fordfiestacommunity.com untuk lebih detail. Selamat mencoba.

Sumber :
mobil.otomotifnet.com
Anto, bagja
Minggu, 11 Maret 2012

Written by Joseph Setiawan

March 11, 2012 at 10:37 PM

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Gimana ya bro cara untuk memperbaiki kaca jendela dan spion saya gak bisa di naikkan

    Richard

    July 30, 2014 at 6:53 AM

  2. Mas, saya dengan Mathovani (Ford Fiesta 2011 1.4 M/T). Apakah pernah mengalami keluhan seperti bunyi “kletek-kletek” pada dashboard, plafon atau pillar A (saya pun tidak tahu dengan jelas. apakah dapat memberikan masukan atau mungkin bengkel yang mampu mengatasinya. soalnya lumayan annoying suaranya. Terima kasih

    Mathovani Gunawan

    September 10, 2015 at 4:07 PM

  3. Mas, saya mau tanya kalo sensor persneling posisi nya dimana yaa? Tiba2 saja tidk bisa di start fiesta saya. Fiesta trend matic thn 2011. Terima kasih.

    Erry

    October 11, 2015 at 11:55 AM

  4. Kode scan muncul P0805
    ,,clucth position circuit,,
    Apa artinya

    Haryatmo

    November 13, 2016 at 9:23 AM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: