Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – City Car Proton 2012 Dari Proton

leave a comment »

Akankah gambar diatas akan menjadi City Car proton Terbaru ?

Produsen mobil asal Malaysia, Proton, segera melahirkan city car atau mobil kecil perkotaan pada 2012. “Ini menjadi konsen kami menciptakan mobil yang murah dan ramah lingkungan,” kata Group Managing Director Proton Dato’ Seri Haji Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir di Hotel Ritz-Carlton Singapura sesaat sebelum ajang F1 digelar akhir pekan lalu.

Dato’ mengatakan perusahaannya akan bekerja sama dengan Mitsubishi. “Kedua perusahaan sepakat menciptakan mesin dengan kapasitas antara 1.2-1.5 liter,” katanya. Proton, kata Dato’, akan menjadi penggerak utama lantaran 65 persen mesin baru itu berasal dari produksi Malaysia.

President Director Proton Edar Indonesia, Gunther Scherz, mengatakan mobil ramah lingkungan Proton akan dipasarkan pada Desember 2012. “Paling lambat awal 2013,” katanya. Inilah, kata dia, mobil masa depan Proton yang ramah lingkungan sekaligus berstandar Euro5.

Gunther menambahkan mobil besutan Proton memiliki prospek yang menjanjikan. “Pada masa depan generasi baru akan memiliki mobilnya sendiri, tidak menggunakan mobil kendaraan orang tua,” katanya. Dengan begitu kehadiran mobil nyaman dan ramah lingkungan serta ditunjang dengan tingkat harga yang kompetif menjadi pasar yang menarik. “Kita lihat saja nanti,” kata dia lagi.

Mitsubishi dan Proton sebelumnya menandatangi kerja sama pada 2008. Salah satu produknya adalah sedan empat pintu Proton Inspira yang merupakan versi murah dari Mitsubishi Lancer.

Sejak itu kedua pabrian sepakat akan membangun fasilitas produksi mesin di Malaysia. Proton mempersilakan Mitsubishi memproduksi mobil dengan merek Mitsubishi di fasilitas Proton. Imbalannya, Mitsubishi akan memberikan pengawasan dalam teknologi masa depan yang dimiliki Mitsubishi seperti mobil listrik, plug-in hybrid, dan mobil hybrid biasa. Lalu, pertanyaannya, kapan dengan Indonesia?

Sumber :
Selasa, 27 September 2011
TEMPO Interaktif
RUDY P.
Gambar : Dapurpacu.com

Written by Joseph Setiawan

October 2, 2011 at 11:50 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: