Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Travelling – 7 Tips Mantap Liburan Ke Flores

leave a comment »

Flores yang berada di timur Indonesia memiliki iklim yang lebih kering dibanding indonesia bagian barat. Kawasan ini juga menyediakan beragam kegiatan liburan yang bisa menguras tenaga. Untuk itu, inilah 7 tips mantap liburan ke Flores.

Cuaca panas, penginapan yang terbatas dan jarak destinasi yang lumayan jauh menjadi pertimbangan berlibur ke Flores, NTT. Disusun detikTravel, Kamis (4/10/2012) berikut 7 tips untuk melancarkan liburan Anda ke Flores:

1. Hitung budget dengan tepat

Wisata ke Indonesia Timur membutuhkan budget yang cukup besar karena akomodasi yang masih terbatas. Perhatikan dana yang akan Anda keluarkan dengan seksama. Hitung baik-baik harga tiket pesawat, penginapan, makan dan plesiran selama di sana. Jangan sampai Anda kehabisan uang dan kebingungan saat liburan.

Sisakan uang untuk keperluan tidak terduga seperti pengeluaran tiba-tiba. Bisa saja Anda yang tadinya hanya ingin snorkeling, tiba-tiba tergoda ingin mencoba diving. Keindahan alam Flores mampu menghipnotis hampir semua wisatawannya. Siap-siap tak tahan godaan selama di sana ya!

2. Cari tahu hotel yang akan diinapi

Setelah menyusun itinerary, kini saatnya mulai membooking. Tiket pesawat sudah di tangan, jangan lupa untuk memesan hotel. Saat musim liburan, menemukan hotel di sana akan jadi suatu perjuangan yang cukup panjang. Masalahnya, Flores sudah jadi destinasi yang dicari banyak turis namun belum memiliki banyak akomodasi seperti penginapan.

Jika Anda ingin liburan dengan nyaman, pesanlah penginapan sebelum Anda berangkat. Pastikan Anda sudah mendapatkan kamar di tanggal yang Anda pilih. Bukan berarti datang dadakan dan mencari langsung di sana tidak mungkin, hanya saja, dibanding berisiko, ada baiknya Anda memesan terlebih dahulu.

3. Perhatikan masalah cuaca

Cuaca cerah di sana mungkin akan menjadi masalah bagi beberapa traveler yang tidak biasa dengan terik mentari. Maka dari itu, bawa serta losion, sunblock dan pelindung kepala. Jika mata Anda tak tahan dengan cahaya yang terlalu silau, bawa serta selalu kacamata hitam di tas. Karena saat siang hari, mentari sangat silau.

Sunblock tidak cukup dipakai cuma sekali. Setidaknya, aplikasikan sunblock ke kulit setiap 4 jam sekali, apalagi setelah bermain di air. Satu lagi yang tak boleh terlewat adalah konsumsi air putih. Ini sangat penting agar Anda tidak kehabisan cairan dalam tubuh. Tak mau kan sakit saat sedang liburan?

4. Hormati penduduk asli

Masyarakat Flores sangat ramah dan menyenangkan. Mereka akan selalu menyapa saat berpapasan dengan orang lain, termasuk turis, baik dalam atau luar negeri. Hormati keramahan mereka dengan membalas senyum atau menjawab pertanyaan ringan.

Orang Flores bisa dengan sangat baik hati membantu Anda saat sedang tersasar ke suatu daerah. Mereka juga tak sungkan menolong jika Anda sedang kesulitan, misal butuh tumpangan kendaraan.

5. Susun itinerary dengan bijak

Butuh waktu yang tidak sebentar saat ingin menjelajah Flores. Rasanya, seminggu takkan cukup untuk menapaki seluruh kawasan itu. Jika waktu Anda terbatas, susunlah itinerary dengan bijak. Jangan sampai menghabiskan waktu di jalan.

Perhatikan baik-baik rute yang akan Anda ambil. Cari tahu juga bagaimana jarak tempuh suatu destinasi, jangan sampai Anda terlalu lama mencapai tempat wisata dan malah lelah di jalan. Jika ingin menjelajah Flores, buatlah itinerary dengan cara menyusuri, jangan sampai bolak-balik.

6. Datang sebelum subuh saat ingin ke Kelimutu

Kawah cantik dengan tiga warna menjadi atraksi utama di Gunung Kelimutu. Namun tidak hanya itu, atraksi matahari terbitnya tak kalah memukau. Jadi jika ingin menikmati Danau Kelimutu dengan maksimal, pastikan Anda datang sebelum matahari terbit.

Saat terlalu pagi seperti itu, belum ada angkutan umum yang beroperasi. Pastikan Anda sudah memesan kendaraan sewaan agar bisa mencapai Kelimutu dan bisa mengejar mentari pagi.

7. Jaga kondisi badan jika ingin sering diving

Labuan Bajo di Flores merupakan surganya para penyelam. Dibutuhkan tubuh yang sehat dan kondisi yang fit untuk menyelami keindahan laut Flores. Jagalah kondisi badan agar selalu sehat agar bisa puas menyelam di sana.

Makan dengan teratur, minum air putih dan istirahat yang cukup. Juga, jangan paksakan badan saat sedang tidak terlalu fit. Ini bisa membahayakan diri Anda saat berada di dalam air.

 

Sumber :

Kamis, 04/10/2012
Faela Shafa – detikTravel

Written by Joseph Setiawan

November 16, 2012 at 10:33 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: