Joseph Setiawan's Blog

Sharing About Automotive, Traveling, Business Opportunity & etc

Automotive – Tips Berkendara Irit ala “Shell”

leave a comment »

Akhir pekan lalu, PT Shell Indonesia baru saja meluncurkan bahan bakar dengan formula baru yang diklaim bisa lebih irit dari sebelumnya. Tapi, mereka juga mengatakan salah satu faktor bisa menghemat konsumsi bahan bakar tergantung perilaku berkendara yang baik.

Nah, berikut ini ada 12 langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengemat konsumsi bahan bakar. Simak panduannya berikut ini.

– Sebelum Anda mulai berkendara mobil, rencanakan perjalanan dengan baik. Pilih rute terbaik, tercepat dan jangan lupa cari jalur alternatif dan perbanyak informasi. Kalau mampu, teknologi GPS bisa membantu sekali dalam menentukan ini.

– Saat berjalan, gunakan gigi tinggi dan optimalkan putaran mesin di level 2.000 RPM.

– Matikan Pendingin ruangan ketika tak diperlukan.

– Jaga aerodinamis kendaraan dengan menutup jendela mobil saat melaju. Angin yang masuk ke dalam kabin justru menambah hambatan udara yang terkena mobil sehingga menambah beban mesin.

– Jangan terlalu “Ngebut”. Perlambat kendaraan kalau sudah melewati 80 kpj. Pasalnya, menambah kecepatan 10 persen di atas 80 kpj sama saja menghabiskan bahan bakar lebih banyak 10-20 persen yang di pakai.

– Jaga jarak dengan kedaraan di depan Anda. Hindari berakselerasi dan mengerem mendadak karena terlalu dekat dengan mobil di depan.

– Kurangi bobot kendaraan dengan mengeluarkan benda-benda yang tak perlu dibawa. Makin banyak beban artinya menambah kerja mesin sehingga membutuhkan asupan bensin lebih banyak.

– Jaga tekanan ban. Karena kalau tekanan ban ada berkurang 20 persen maka kendaraan akan lebih boros 10 persen. karena beban mesin jadi lebih berat.

– Servis berkala. Jaga kondisi mesin dan kelancaran supaya kerja di dalam agar tetap melakukan kerja optimal

– Ganti Oli Rem Secara berkala, lakukan penggatian oli rem setiap 2 tahun sekali untuk menjaga kualitas pengereman yang efisien.

– Perhatikan Kondisi Busi. Lakukan penggantian rutin setiap 20.000 km untuk pembakaran optimal dan mesin mudah dinyalakan.

– Gunakan bahan bakar yang tepat sesuai kebutuhan mesin kendaraan Ada untuk optimalisasi pembakaran.

Sumber :
Agung Kurniawan, Bastian
Minggu, 22 Januari 2012
KompasOtomotif

Written by Joseph Setiawan

March 5, 2012 at 12:52 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: